SUARA USU
Kabar Kampus

Bank Indonesia Adakan Event Dorong Perekonomian Sumut

Reporter: Altasyania

Suara USU, Medan. Bank Indonesia menginisiasi sebuah event Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) dengan melaksanakan webinar selama 4 hari berturut-turut. Event ini merupakan upaya pemulihan ekonomi  di Sumatera Utara dengan mendorong pelaku UMKM agar dapat terus mengembangkan sayapnya.

Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) adalah event yang diadakan BI bersama Kantor Perwakilan BI Sumatera Utara dengan Kantor Perwakilan BI Sibolga dan Kantor Perwakilan BI Pematang Siantar. KKSU 2021 dilaksanakan selama 4 hari dimulai dari 16-19 September 2021, dengan berbagai webinar dan talkshow serta pagelaran produk UMKM lokal Sumatera Utara.

KKSU dilaksanakan dalam rangka road to Karya Kreatif Indonesia (KKI 2021) yang akan diselenggarakan oleh BI pusat pada 23-26 September 2021. Sekaligus menyemarakkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Gerakan Nasional Bangga Berwisata (GBWI), Beli Kreatif Danau Toba 2021.

Untuk mendorong pelaku UMKM terus berinovasi demi pemulihan ekonomi negara, terutama di Sumatera Utara KKSU 2021 mengusung tema “Bersinergi Membangun Negeri, UMKM Kuat, Ekonomi Maju, Indonesia Tangguh”. Kepala Perwakilan BI Sumatera Utara, Soekowardojo menyampaikan bahwa tujuan dari adanya tema tersebut merupakan upaya untuk mengakselarasikan pemulihan ekonomi khususnya di Sumatera Utara dengan mendorong kebangkitan UMKM di masa pandemi Covid-19, serta mendorong UMKM dalam memanfaatkan peluang untuk bertransformasi dan berinovasi di era digital.

Opening Ceremony diawali dengan lagu Indonesia Raya dan disambut dengan tarian Toba Sik Sik Sibatumanikam dari daerah Sumatera Utara. Event ini diadakan secara daring yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi RI, Menteri Koperasi dan UKM RI, Gubernur Sumatera Utara, Kepala Perwakilan BI Sumatera Utara, anggota Komisi XI DPR RI, anggota Dewan Gubernur BI, serta para narasumber lainnya.

KKSU 2021 membawa dua agenda utama yaitu KKSU Forum yang sudah mulai dilaksanakan  pada 16-19 September dengan berbagai tema di setiap webinar dan talkshownya. Salah satu tema pada webinar yang diadakan yaitu Bisnis Agrokuliner ala Milenial. KKSU Fair fokus pada upaya mempromosikan produk UMKM serta meningkatkan akses pasar dan akses pembiayaan UMKM melalui kegiatan bisnis matching. Terdapat lebih dari 200 UMKM yang berpartisipasi dalam KKSU 2021. Adanya ceremonial penandatangan komitmen antara kerjasama UMKM Binaan yang tergabung dalam Wubimall dengan tiga marketplace seperti Tokopedia, Blibli.com, Grabmart serta pembayaran electronik seperti Link.aja dan OVO. Dalam rangka mendukung digitalisasi UMKM.

“Kami berharap dengan diadakannya event ini dapat mendorong pemulihan ekonomi kearah yang lebih baik lagi serta pelaku UMKM lebih berinovasi dalam era digital saat ini,” ungkap Kepala Perwakilan BI Sumatera Utara.

Redaktur: Yessica Irene

 

 

 

 

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

8 Mahasiswa PMM Adakan Event All U Can Paint

redaksi

MPMU USU Terpilih Akan Segera Melantik Pema USU

redaksi

Pandemi Corona, KKN USU Tahun ini Dilaksanakan dari Rumah

redaksi