SUARA USU
Musik

Eksplorasi Emosi dan Kesehatan Mental dalam Lagu Numb Little Bug, Relate dengan Mahasiswa Akhir Loh!

Oleh: Jesika Yusnita Laoly

Suara USU, Medan. Em Beihold, penyanyi-penulis lagu berbakat asal Amerika Serikat, telah membuat gebrakan dengan merilis single debut major-label-nya, Numb Little Bug, pada 28 Januari 2022. Single yang merupakan lagu kedua dari mini albumnya “Egg in the Backseat” ini mengeksplorasi tema kesehatan mental, penemuan jati diri, dan tantangan hidup.

Dalam lirik lagunya Em Beihold menginterpretasikan perasaan kekosongan, kelelahan, dan kebutuhan untuk bertahan hidup dalam menghadapi kesulitan mental dan emosional. Numb Little Bug menggambarkan pengalaman seseorang yang merasa lelah dengan kehidupan sehari-hari, tetapi tetap mencoba untuk mencari makna atau kebahagiaan, namun di sisi lain ia tetap merasa seperti hidup itu hambar dan sulit dihadapi.

Selain itu dalam perspektif lain, lirik Numb Little Bug memiliki resonansi kuat dengan mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi atau tesis. Proses menulis skripsi seringkali bisa menjadi perjalanan yang penuh tekanan dan penuh tantangan, dan banyak mahasiswa mengalami berbagai perasaan yang diungkapkan dalam lirik ini.

I don’t feel a single thing

Pada lirik ini menggambarkan tentang perasaan kekosongan emosional yang mendalam. Dimana meski ia berusaha bertahan dengan segala upaya dan meski tampak kuat di luar, di dalamnya dia merasakan kehampaan yang sulit diisi. Meski terus mencoba mencari makna hidup dan kebahagiaan, namun ia tetap merasa kosong.

A little bit tired of tryin’ to care when I don’t

A little bit tired of quick repairs to cope

Lirik di atas menjelaskan seorang individu yang kelelahan, baik fisik maupun mental namun dia harus tetap berjuang untuk peduli. Lirik di atas juga sangat mencerminkan perasaan seorang mahasiswa akhir yang merasa kelelahan dalam usahanya untuk peduli terhadap tugas skripsi. Keinginannya untuk istirahat dari tekanan ini dapat tercermin dalam lirik tersebut, menciptakan keterkaitan dengan perasaan kelelahan dan keinginan untuk mendapatkan jeda sejenak dari beban akademis yang intens.

Do you ever get a little bit tired of life

Like you’re not really happy but you don’t wanna die

Like you’re hanging by thread but gotta survive

Cause you gotta survive

Lirik tersebut menggambarkan perasaan kelelahan dan kekosongan dalam hidup, di mana seseorang merasa tidak sepenuhnya bahagia, namun juga tidak ingin mengakhiri hidup. Perasaan ini mungkin terasa seperti menggantung pada seutas benang tipis, namun tetap harus bertahan hidup. Ada kesadaran bahwa kehidupan mungkin tidak sempurna atau memuaskan, tetapi keinginan untuk bertahan dan melanjutkan hidup masih ada.

Lirik tersebut mencerminkan perjuangan internal seseorang yang mungkin merasa terjebak antara ketidakpuasan dengan hidup dan keinginan untuk terus melangkah maju. Lirik tersebut juga bisa mencerminkan perasaan seorang mahasiswa akhir. Meski merasa lelah dan tertekan, dia tetap bertahan dan berusaha menyelesaikan tugas akademisnya karena memiliki kewajiban untuk lulus. Analogi “hanging by a thread” menggambarkan ketegangan dan tekanan dalam proses tersebut.

Am I past repair

Cause I’m just broken and broke

Penggalan lirik di atas dapat di interpretasikan sebagai pertanyaan mengenai apa arti kehidupan dan keputusasaan yang mungkin dirasakan individu. Lirik tersebut juga dapat merujuk pada perasaan seorang mahasiswa yang tengah menyusun skripsi. Mahasiswa tersebut mungkin merasa dirinya “hancur” secara emosional karena tekanan dan tantangan dalam menyelesaikan tugas akademis tersebut. Dan pertanyaan “Am I past repair?” bisa mencerminkan ketidakpastian mahasiswa terhadap kemampuannya untuk berhasil menyelesaikan skripsi dan menghadapi kondisi sulit tersebut.

Numb Little Bug milik Em Beihold ini bukan hanya sebuah lagu. Lagu ini merupakan ekspresi yang kuat dari pengalaman manusia, yang menjelaskan kompleksitas kesehatan mental. Lagu yang sangat cocok untuk didengar oleh mereka yang ingin curhat tentang keruwetan hidup. Jadi buat teman-teman yang merasa relate dengan makna lagu ini, yuk, dengarkan lagu ini di platform music favoritmu, untuk menemani segala aktivitas Sobat Suara USU!

 

Redaktur: Anggie Syahdina Fitri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

NCT 127 Kembali Dengan Repackage Album: Ay-Yo

redaksi

Youngblood, Kisah Romansa Vampire yang Dikemas Dalam Sebuah Lagu

redaksi

Menghargai Diri dan Orang-Orang Tersayang Melalui Lagu Kidult

redaksi