SUARA USU
Kabar Kampus

GenBI Sumut Komisariat USU Gelar Sosialisasi Beasiswa BI 2024

Reporter: Wildatul Mutiah dan Nadira Arfan

Suara USU, Medan. Generasi Baru Indonesia (GenBI) Sumatera Utara melaksanakan sosialisasi beasiswa Bank Indonesia pada Jumat, 16 Februari 2023 di Auditorium Universitas Sumatera Utara. Sosialisasi ini mengusung tema “Make Your Dreams Come True and Be The Next GenBIers” yang bertujuan memberikan semangat dengan mendorong mahasiswa/i USU untuk dapat mewujudkan mimpi mereka lewat beasiswa Bank Indonesia dan juga menjadi bagian dari GenBI yang dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.

Acara ini dihadiri kurang lebih 513 peserta yang merupakan mahasiswa berbagai fakultas di USU. Pada acara ini juga turut hadir Rahma Yuliani sebagai Perwakilan Sekretariat Direktorat Ditmawalumni USU, Edwin Marwansyah sebagai Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Ita Pebriquartina Sirait sebagai Staf Kehumasan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, serta Hanna Sakinah sebagai Ketua Umum GenBi Komisariat USU.

Edwin Marwansyah menyampaikan, “Universitas Sumatera Utara merupakan salah satu universitas yang terpilih untuk menjadi bagian program Beasiswa Bank Indonesia di Sumatera Utara, khususnya di Medan, dengan alokasi 75 orang mahasiswa setiap tahunnya”

Edwin Marwansyah mengatakan program ini sebagai bentuk inovasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia untuk mempersiapkan SDM unggul di era digital yang memiliki daya tarik serta berwawasan luas dan persiapan untuk memasuki dunia kerja. Implementasi program tersebut merupakan kontribusi nyata Bank Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mahasiswa yang nantinya menerima beasiswa ini otomatis akan tergabung menjadi anggota organisasi GenBI. Genbi memiliki banyak program dan kegiatan, seperti meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang hard skill maupun soft skill, serta berbagai kegiatan sosial. Selain itu, GenBI juga dapat menjadi wadah untuk mahasiswa menambah pengalaman dan memperbanyak relasi.

“Kami dari panitia berharap dengan dilaksanakannya acara Sosialisasi Beasiswa Bank Indonesia ini, mahasiswa USU dapat mengetahui program Beasiswa yang ditawarkan oleh Bank Indonesia dan tertarik untuk mendaftar beasiswa BI serta nantinya juga akan menjadi bagian dari GenBI” ucap Nindya Ranah Dwiparini selaku Ketua Panitia Sosialisasi Beasiswa Bank Indonesia.

Peserta yang menghadiri acara ini tidak hanya mendapatkan sosialisasi beasiswa Bank Indonesia tetapi juga mendapatkan sosialisasi lain yang disampaikan seperti sosialisasi cinta, bangga, dan paham rupiah, sosialisasi QRIS dan perlindungan konseumen, sosialisasi perpustakaan kantor perwakilan Bank Indonesia, dan sosialisasi sistem informasi aplikasi pencatatan keuangan digital “SIAPIK”. Pada setiap segmen juga terdapat kuis berhadiah dengan pertanyaan seputar materi sosialisasi yang menambah keseruan diantara peserta.

“Saya mendapatkan pemahaman dan semakin mengenal dengan sebenarnya apa itu GenBI dan Bank Indonesia. Melalui sosialisasi ini saya mengetahui bahwa betapa sangat pentingnya kesadaran bagi setiap warga Indonesia untuk mencintai dan menjaga rupiah”, ucap Amelia Sihite salah satu peserta yang hadir dalam acara sosialisasi beasiswa BI

Sesuai informasi dari instagram @bank_indonesia_sumut, maka pengumpulan berkas dimulai dari tanggal 11 Maret 2024. Akan tetapi tanggal ini masih bersifat tentatif dan bisa berubah kapan saja.

Adapun persyaratan umum untuk Beasiswa Bank Indonesia, yaitu sebagai berikut:

  1. Merupakan mahasiswa aktif program S1 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa atau surat keterangan aktif.
  2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 (skala 4).
  3. Diutamakan bagi mahasiswa yang berasal dari latar belakang ekonomi keluarga kurang mampu (pra sejahtera) yang dibuktikan dengan adanya Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan/desa domisili orang tua mahasiswa.
  4. Tidak memiliki hubungan keluarga yang terafiliasi dengan Bank Indonesia.
  5. Sekurang-kurangnya telah menyelesaikan 40 (empat puluh) satuan kredit semester (SKS) atau 3 (tiga) semester.
  6. Setiap mahasiswa, menerima beasiswa paling lama hanya 4 (empat) semester sepanjang memenuhi kriteria yang telah ditentukan
  7. Maksimal berusia 23 tahun atau belum berusia 24 tahun pada saat ditetapkan sebagai penerima beasiswa. Khusus untuk mahasiswa Orang Asli Papua (OAP) di Papua dan Papua Barat batas usia mahasiswa dimungkinkan sampai dengan 27 tahun
  8. Tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain dan/atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi lain.
  9. Membuat resume pribadi dan motivation letter dalam bahasa Indonesia.
  10. Menyertakan surat rekomendasi dari satu tokoh (akademik atau non-akademik).
  11. Mempunyai pengalaman menjalankan aktivitas sosial yang memiliki dampak kebermanfaatan bagi masyarakat.
  12. Bersedia untuk berperan aktif, mengelola dan mengembangkan Generasi Baru Indonesia (GenBI) serta berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Untuk info lebih lanjut akan diinformasikan di akun Instagram @bank_indonesia_sumut dan @genbikomisariatusu

Redaktur: Feby Simarmata


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

USU Adakan Lomba Educam dan Tiktok Challenge dalam Rangka Memeriahkan Dies Natalis USU ke-69

redaksi

USU Back Home 2022 Hadir Sebagai Rangkaian Dies Natalis USU Ke-70

redaksi

Ini Kata Humas USU dan Gubma FK Terkait Isu Vaksinasi Mahasiswa

redaksi