SUARA USU
Kabar Kampus

HIMAS USU Sukses Adakan Seminar FOLU NET SINK Solutions for Green Earth How about North Sumatera?

Reporter: Tsabitah Syafanaura

Suara USU, Medan. HIMAS USU sukses mengadakan seminar yang bertajuk “FoLU NET SINK Solutions for Green Earth How about North Sumatera?” yang dilaksanakan di Fakultas Kehutanan USU pada Sabtu (18/2).

Acara ini turut mengundang narasumber yang kompeten dibidangnya, diantaranya adalah Kepala Bidang Pengusahaan Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, M. Alfian Jauhari, S.Hut, Direktur Executive Yayasan Pesona Tropis Alam Indonesia (PETAI), Masrizal Saraan, S. Hut., M.Si, Dosen Fakultas Kehutanan USU, Dr. Samsuri, S. Hut., M.Si, dan salah satu mahasiswa berprestasi, Rocky Raespatu Silalahi.

Dalam seminar ini yang menjadi topik utama adalah isu global berupa kondisi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dewasa ini. Maraknya penggunaan dan pengalihan fungsi lahan berupa degradasi dan deforestasi menjadi faktor penyebab tingginya emisi GRK di Indonesia. Salah satu upaya dalam menurunkan emisi GRK dari sektor kehutanan adalah dengan dilaksanakan  program Indonesia’s FoLU Net Sink 2030.

Indonesia’s FoLU Net Sink 2030 merupakan agenda nasional sebagai kontribusi Indonesia dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca (GRK). Program ini bertujuan untuk meningkatkan serapan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan pada tahun 2030 akan seimbang atau bahkan lebih tinggi dari tingkat emisi. Dalam hal ini, Sumatera Utara menjadi salah satu Provinsi yang mengimplementasikan program Indonesia’s FoLU Net Sink tersebut.

Dalam seminar ini dijelaskan bahwa hutan di Indonesia terbagi menjadi hutan produksi, hutan lindung, dan hutan konservasi. Sedangkan pada provinsi Sumatera Utara terbagi menjadi beberapa hutan konservasi diantaranya adalah taman nasional dan cagar alam dan selebihnya merupakan hutan lindung dan produksi dengan 24 Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) yang turut berkontribusi dalam implementasi Indonesia’s FoLU Net Sink.

Terdapat 12 rencana operasi dari rencana kerja FoLU Net Sink  untuk menurunkan emisi GRK di Indonesia pada tahun 2030. Oleh karena itu, dalam seminar ini diberi himbauan agar masyarakat dan pemerintah dapat berkomitmen dan bekerja sama dengan baik sehingga target dari program Indonesia’s FoLU net Sink dapat tercapai.

Selain itu, melalui seminar ini diharapkan agar mahasiswa turut serta dalam mengimplementasikan Indonesia’s FoLU Net Sink demi menurunkan emisi gas rumah kaca yang akan mengalami peningkatan setiap tahunnya jika tidak segera ditangani dengan tepat.

Redaktur: Suranti Pratiwi

Related posts

Times Squad Adakan Open Recruitment, Berikut Persyaratan dan Benefitnya!

redaksi

Memasuki Usia Baru, TBM FK USU Berharap Dapat Memberi Kebermanfaatan

redaksi

Pelantikan Pengurus 2021/2022, Ketua Umum Ingin HMM Berkontribusi dalam Masyarakat

redaksi