SUARA USU
Kabar Kampus

Ingin Lakukan Transformasi Besar-besaran, Ditmawalumni Adakan Bimbingan Teknik UKM 2023

Reporter: Anggie Syahdina Fitri/Affif Nikki Anwar

Suara USU, MEDAN. Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian (Ditmawalumni) USU mengadakan Bimbingan Teknis UKM 2023 di Aula Mieke Wijaya FEB USU pada Sabtu (18/02). Acara ini dihadiri oleh perwakilan ketua umum dan sekretaris umum dari 33 UKM dan Ormawa yang sudah melakukan registrasi ulang ke pihak Ditmawalumni.

Ini merupakan Bimbingan Teknik UKM pertama yang dilaksanakan demi kemajuan UKM dan Ormawa di kawasan universitas. Acara ini juga sebagai wadah sosialisasi tata kelola organisasi kepada UKM dan Ormawa di kawasan universitas. Doli Muhammad Jafar Dalimunthe, selaku Direktur Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian, memaparkan bahwa penting untuk membentuk karakter kreativitas dan prestasi mahasiswa, khususnya mahasiswa yang mengikuti organisasi.

“Kalau kita cerita transformasi perbaikan-perbaikan mahasiswa, dimulai dari ormawanya. Kalau ormawanya tidak beres, kira-kira liniearitas mahasiswanya juga tidak beres,” papar Doli.

Bertepatan dengan Isra Miraj’, Doli pun menegaskan kepada mahasiswa untuk bersama-sama hijrah menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya. Doli menyayangkan mahasiswa hari ini yang masih menggunakan pola yang sama dengan mahasiswa angkatannya dahulu. Maka dari itu, pihak Direktorat ingin melakukan transformasi besar-besaran, baik pada pihak universitas maupun mahasiswa untuk memperbaiki UKM dan Ormawa di universitas.

Para perwakilan UKM dan Ormawa diberikan kesempatan untuk mengisi daftar program kerja dan estimasi biaya yang dibutuhkan. Tiap-tiap UKM dan Ormawa juga diwajibkan mengikuti kompetisi kementrian agar dapat produktif dan meraih penghargaan yang nantinya dapat mengharumkan nama mahasiswa dan universitas.

Pihak Direktorat berharap acara ini dapat mengubah dan memberikan dampak besar bagi perkembangan UKM dan Ormawa di kawasan universitas.

“Kami memiliki mimpi yang besar, mimpi yang mampu mengubah wajah mahasiswa di USU. Saya membutuhkan mitra dan mitranya adalah mahasiswa. Para pemimpin UKM juga diharapkan bisa menjadi role model bagi anggotanya,” pungkas Doli.

Selanjutnya, acara ini diisi oleh Raju Pratama Ritonga dan Arif Qaedi Hutagalung sebagai narasumber. Ditmawalumni juga meluncurkan tagline baru berbunyi “Character, Creativity, Champion” yang berarti mahasiswa yang memiliki karakter yang baik, akan memunculkan kreativitas, dan menghasilkan prestasi. 

Kegiatan ini direncanakan akan menjadi agenda tahunan untuk UKM dan Ormawa.

Redaktur: Atika Larasati

Related posts

Kegiatan PKKMB FEB USU 2022 Sukses Dilaksanakan Meski Tanpa Keberadaan PEMA Fakultas

redaksi

Usai Gelar Rekrutmen Terbuka Kepanitiaan DESCHIEN dan NASCOM, Ini Harapan PEMA Fkep USU!

redaksi

Field Trip Mahasiswa dan dosen program studi Magister Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara

redaksi