SUARA USU
Kabar Kampus

Ini Dia Wajah Baru Mapres Sarjana Utama USU 2023

Reporter: Anna Fauziah Pane/Tamara Ceria Sairo

Suara USU, Medan. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) USU berhasil terlaksana pada Rabu, (12/04) yang berlokasi di FEB USU. Setelah melalui jalan yang cukup panjang, dimulai dari tingkat prodi, fakultas hingga tingkat universitas, tibalah pada saat pengumuman wajah baru Mapres Utama USU.

Setelah kompetisi yang berjalan antara 15 kontingen Mapres Sarjana lainnya, tiga Mapres Utama USU berhasil keluar sebagai juara. Diantaranya Putri Chalya Firjatu Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) sebagai Mapres Utama I USU, Agus Nurbilah Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebagai Mapres Utama II USU, dan terakhir Raseuki Nanggroe Mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) sebagai Mapres Utama III USU.

Putri Chalya melalui wawancara mengatakan bahwa Pilmapres 2023 bukan yang pertama kali baginya. Sebelumnya dia juga mengikuti Pilmapres 2022 dan berhasil menyabet posisi runner up tingkat fakultas.

“Pertama kali saya ikut Pilmapres adalah tahun 2022 dan mendapatkan runner up tingkat fakultas. Saya mengikuti cerita perjalanan mapres utama fakultas yang berkompetisi pada tingkat universitas di media sosial akamawapres. Terdapat berbagai pelatihan yang diberikan sebelum mahasiswa berkompetisi. Mengikuti pelatihan dengan orang-orang terbaik dari masing-masing fakultas akan memberikan pengalaman yang berarti, baik dari materi pelatihan maupun pelajaran yang di ambil dari setiap orangnya,”ungkapnya.

Ia menambahkan, “Saya percaya hal tersebut dapat memberikan cara pandang yang berbeda maupun ilmu yang baru. Atas pertimbangan pengalaman tersebut, saya kembali mencoba pilmapres tahun ini dan bertekad tidak hanya bertemu dan berdiskusi dengan orang-orang terbaik setiap fakultas, tetapi berlanjut dengan orang-orang terbaik di setiap universitas di Indonesia,” ungkap Mahasiswa Fakultas Kedokteran tersebut.

Agus Nurbillah juga mengungkapkan kesan yang dia terima selama seleksi berlangsung. Mulai dari tingkat prodi, fakultas, hingga Universitas ada saja pengalaman berharga yang dia lalui, “Kalau dibilang paling berkesan semua tahap punya kesannya masing-masing. Mulai dari prodi yang sudah ketar-ketir dengan pertanyaan dari dewan juri yang cukup mencekam, lanjut di tingkat fakultas ada satu momen yang aku ingat ketika dewan juri bertanya pekerjaan orangtua aku. Mereka sempat mengira kalau orangtua aku dosen ataupun guru melihat dari gaya presentasi yang aku bawakan dan mungkin ini menjadi poin lebih yang aku terima,” ujar Agus.

Kemudian ia menambahkan, “Terus untuk tingkat universitas yang paling berkesan ketika aku nampilin fotoku dengan keterangan kalau aku mempunyai mimpi yang besar. Menanggapi hal itu, salah satu dewan juri bertanya tentang cita-citaku. Ketika aku menjelaskan cita-citaku, mereka merespon dengan senyum tipis. Senyum itulah yang meyakinkan aku kalau aku bisa seperti mereka. Walaupun sedikit merasa insecure dengan kontingen fakultas lain, namun yang paling penting buat aku yaitu percaya diri dan yakin bisa melaluinya,” tutup Agus.

Mengikuti Pilmapres tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak persiapan yang harus ditempuh dan banyak pula yang harus dikorbankan. Raseuki dalam wawancaranya menyampaikan pesan semangat dan menyampaikan tips kepada mahasiswa yang ingin mencoba Pilmpares ke depan.

“Buat adik-adik kelas semua yang berminta ikut, kuatkan usaha dan doa kalian. Utamakan berdoa dan yakin dalam doa kalian. Rendahkan ekspektasi tapi maksimalkan semua kemampuan kalian dalam seluruh event akademik dan nonakademik dengan persaingan yang sehat. Improve manner dan english ability serta pasang pikiran ingin tahu, kritis, solutif, dan pandai melihat peluang untuk mengatasinya,”ujar Raseuki.

“Soal insecure dan overthingking, tolong jangan terbuai dan ngebikin itu menghambat kalian. Ada kalanya sikap bodo amat diperlukan biar kalian fokus sama improve diri sendiri dan jangan matok kesuksesan itu terhadap apa yang semata-mata ditunjukin orang lain. Bismillah, keep going!” tutup Mapres III tersebut.

Redaktur : Taty Kristina 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Adakan Rekrutmen Terbuka, Ini Harapan Presiden SGC USU

redaksi

Beasiswa SmartPath: One Stop Solution Bimbingan Sukses Kuliah dan Karir

redaksi

Usai Gelar Rekrutmen Terbuka Kepanitiaan DESCHIEN dan NASCOM, Ini Harapan PEMA Fkep USU!

redaksi