SUARA USU
Kabar Kampus

Pilmapres USU Kembali Terlaksana, Berikut Tips Dari Para Mapres Utama

Oleh: Divina Marsya Azzahra/ Viona Maharani

Suara USU, Medan. Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi adalah kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Pada tahun ini, Universitas Sumatera Utara kembali melangsungkan kegiatan Pilmapres 2023 tingkat Universitas pada hari Rabu, (12/04) bertepatan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU hingga acara Awarding Pilmapres yang dilaksanakan pada Jumat, (14/04) di Aula Mikie Wijaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU.

Arman Malau selaku Presiden Akademi Mahasiswa Berprestasi menyampaikan bahwa pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun ini mendapat antusiasme yang tinggi dari para mahasiswa yang ditunjukkan dari kegigihan mereka dalam bersaing untuk mendapatkan predikat Mahasiswa Berprestasi tersebut.

“Antusiasme para peserta sangatlah tinggi mengingat acara ini merupakan salah satu acara yang bergengsi bagi seluruh peserta dan fakultas sekawasan USU untuk melahirkan mahasiswa berprestasi terbaik di antara yang terbaik dari seluruh fakultas yang ada di USU. Mereka sangat gigih bersaing untuk mendapatkan predikat Mahasiswa Berprestasi Terbaik USU yang nantinya akan mewakili USU untuk pemilihan mahasiswa berprestasi di tingkat wilayah dan tingkat nasional,” ungkapnya.

Pada puncak acaranya, Pilmapres tahun ini dimenangkan oleh Putri Chalya dari Fakultas Kedokteran sebagai Mapres Sarjana Utama I dan Hafaz Sofyan dari Fakultas Vokasi sebagai Mapres Diploma Utama I.

Putri Chalya melalui wawancara mengungkapkan perjalanan yang ia lalui hingga akhirnya berhasil mendapatkan penghargaan tersebut tidaklah mudah.

“Persiapan untuk Pilmapres tentu tidak instan. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, termasuk gagasan kreatif dan capaian unggulan. Persiapan bahkan dimulai 2 tahun sebelumnya. Ibarat pisau yang terus diasah, percobaan pertama mungkin akan sedikit sulit, tetapi jika terbiasa akan menjadi lebih mudah. Pembiasaan ini saya terapkan sebelum berkompetisi pada Pilmapres,” Ujarnya.

Tidak hanya itu, Putri juga memberikan tips kepada para mahasiswa yang ingin mengikuti ajang Pilmapres selanjutnya, “Tipsnya simpel saja, yaitu semangat menebarkan manfaat. Sejatinya, pemilihan mahasiswa berprestasi ini tidak hanya memilih mereka yang berprestasi. Tetapi juga yang memiliki kemauan tinggi untuk menyebarkan ilmunya, baik menjadi pembicara, moderator, atau publikasi karya. Juga kepada mereka yang semangat berkontribusi langsung untuk mengeksekusi ilmu yang dimiliki, dinilai melalui karir organisasi,” Ungkap Mahasiswa Kedokteran tersebut.

Tidak hanya Putri, Hafaz juga memberikan beberapa tips untuk mahasiswa yang ingin mengikuti ajang Pilmapres.

“Untuk teman-teman yang ada niat untuk ikut pilmapres, harus ada persiapan dari jauh-jauh hari agar tidak kaget jika sosialisasi sudah dimulai. Untuk tahun ini, ada 3 penilaian yang dinilai yaitu: Bahasa Inggris yang memiliki bobot penilaian 20% dan meliputi presentasi serta tanya jawab dengan para juri. Lalu harus lebih diperhatikan bagian naskahnya karena memiliki bobot penilaian yang tinggi yaitu 40%. Serta penilaian yang paling penting yaitu  capaian unggulan yang memiliki bobot penilaian 40%. Penilaian ini terbagi atas prestasi (penghargaan lomba) dilengkapi dengan pengakuan atau pengesahan bukti, publikasi, karir organisasi dan hasil karya. Sebelum Pilmapres harus tau capaian unggulan yang mau diusulkan dan mulai membangun personal branding,” Ungkapnya.

“Pilmapres banyak ngasih aku pengalaman terutama untuk aku yang bakalan diutus ke wilayah karena sebelumnya belum pernah ikut lomba tingkat nasional dan sampai sekarang aku juga masih belum nyangka bisa jadi utusan. Pesan dariku adalah jangan takut untuk mencoba dan kita buat pengalaman itu sendiri datang ke kita,” tutupnya mengenai kesan dan pesannya mengikuti Pilmapres.

Arman juga berpesan agar Mapres terbaik I Universitas Sumatera Utara mempersiapkan diri untuk mewakili kampus ke tingkat wilayah hingga memasuki nasional.

“Harapannya kepada Mapres terbaik I tingkat universitas agar mempersiapkan diri untuk mewakili kampus kita di tingkat selanjutnya dan untuk seluruh adik-adik Mapres terbaik I, II, dan III tingkat fakultas mari sama sama kita membangun semangat untuk berkompetisi dan meraih prestasi di ajang nasional dan internasional,” Tutup Arman.

Redaktur: Tamara Ceria Sairo

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

USU Lockdown, Apakah Masih Diberi Akses Keluar Masuk???

redaksi

USU E-Sports Open Recruitment, Berprestasi di Bidang Game

redaksi

KMB-USU Adakan Porseni Untuk Mempererat Persahabatan Antar Anggota

redaksi