SUARA USU
Kabar SUMUT

KMB USU Adakan Aksi Donor Darah untuk Membantu Sesama

Reporter: Jane Munthe & Grace Thania

Suara USU, Medan. Keluarga Mahasiswa Buddhis (KMB) USU adalah organisasi nonprofit yang berlandaskan pada kekeluargaan dan Tiratana. KMB USU melakukan serangkaian kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) bertujuan agar KMB USU dapat dikenal oleh masyarakat umum.

Kegiatan ini terbuka untuk umum dan dilaksankan pada hari Minggu, 21 April 2024 di Sun Plaza Mall Medan, lt. LG, West Lobby dengan tema “Transfuse Hope: A Drop Of Blood, Their Lifeline”. Kegiatan ini berlangsung dari jam 11.00 hingga 16.00 WIB.

KMB USU memilih Sun Plaza Mall Medan sebagai lokasi pelaksanaan donor darah karena merupakan lokasi yang lebih strategis dan banyak di kunjungi terutama pada hari Minggu.

Tujuan utama kegiatan ini adalah dapat menyebarkan kebaikan kepada masyarakat umum serta melalui donor darah ini masyarakat umum juga mendapatkan manfaat dari kegiatan ini, masyarakat umum juga memberikan simbiosis mutualisme dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjadi pendonor darah. Tidak sembarang orang dapat mendonorkan darahnya maka sebelum dilakukan donor darah, para pendonor akan dicek terlebih dahulu melalui serangkaian tes kesehatan.

Abel Ageshwara Dhyra selaku ketua panitia kegiatan donor darah KMB USU menyebutkan bahwa mereka menetapkan target sebanyak 180 peserta. Namun, beberapa relawan tidak dapat memenuhi persyaratan sebagai pendonor dikarenakan tingkat hemoglobin (Hb) yang rendah. “kami menargetkan sebanyak 180 orang peserta tapi kalau lebih banyak lagi mungkin lebih baiklah,” ucap Abel.

Abel mengatakan bahwa kantong darah yang terkumpul akan disalurkan kepada masyarakat. Melalui program PMI, mereka juga yang akan menyalurkan ke instansi penerima kantong darah yang didapatkan dari kegiatan ini.

Abel menyampaikan pesan agar para pendonor dapat menjaga pola hidup yang sehat. Ia juga menyampaikan agar pendonor sebaiknya sarapan tepat waktu dan tidak begadang. Kebiasaan hidup yang sehat tentunya berpengaruh dengan kualitas darah yang akan didapatkan.

Abel juga mengungkapkan harapannya terhadap kegiatan donor darah ini, ” Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, serta panitia dan pengurus juga dapat menjalin komunikasi dan kerjasama dengan baik. Seperti tema yang diangkat saya juga berharap melalui kegiatan ini kita dapat memberikan harapan dari darah yang kita donorkan kepada orang lain, kita sebagai pendonor dapat memberikan manfaat atau harapan melalui darah,” tutupnya.

Redaktur: Feby Simarmata


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

“Ramadhan One for All”- APM SUMUT, Mempererat Persaudaraan Pers Mahasiswa di Sumatera Utara

redaksi

Seminar Youth Recovery and World Indonesian Scholarship Festival, Gali Potensi Untuk Membangun Peluang

redaksi

Alteraksi#5: Dunia Antara, Saat Menonton Film Bukan Sekadar Hiburan

redaksi