SUARA USU
Kabar Kampus

Kontribusi Sosial PMM 3 Unpad Inbound B10 Saremina Sukses Dilaksanakan

Reporter: Adinda Yudiatmira Ramadhani/Haikal Mubarak

Suara USU, Medan. Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Universitas Padjadjaran Inbound Kelompok B10 Saremina melaksanakan Modul Nusantara yaitu Kontribusi Sosial dengan mengusung tema “Peningkatan Kesadaran dan Kesiapan Masyarakat Menghadapi Perubahan Iklim”.

“Pemilihan tema ini juga dikarenakan agar mereka dapat mengerti bahwa perubahan iklim memiliki dampak yang signifikan pada sumber daya air. Perubahan iklim dapat menyebabkan perubahan siklus hidrologi, kenaikan permukaan air laut, perubahan pola curah hujan, dan krisis air bersih,” ucap Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Hardiansyah T.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu aksi Mahasiswa Pertukaran Universitas Padjadjaran Inbound agar dapat berkontribusi secara langsung dan memberikan manfaat di lingkungan sekitar Jawa Barat, terkhusus di SMP Negeri 3 Jatinangor. Kegiatan Kontribusi Sosial ini dilaksanakan pada Sabtu, 25 November 2023. Dengan mengangkat Sustainable Development Goals (SDGs) 13 Climate Action, konsep kontribusi dilaksanakan melalui pembelajaran dan pengajaran yang interaktif.

“Proses perencanaan kontribusi sosial ini dimulai dari pembentukan panitia, pembentukan PJ setiap divisi, penyiapan proposal, rapat persiapan Kontribusi Sosial hingga gladi sebelum pelaksanaan kegiatan. Selain itu dosen MN B10 dan Mentor B10 juga membantu panitia dalam persiapan pelaksanaan kegiatan” Ucap Ketua Panitia Pelaksana.

Kegiatan Kontribusi Sosial ini diawali dengan pemberian cinderamata kepada siswa-siswi sebagai bentuk buah tangan dan acara dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah bagian Hubungan Masyarakat (Humas) SMP Negeri 3 Jatinangor, Drs. Asep Supriatna, M.M.Pd dan Dr. Tubagus Chaeru Nugraha, SS., M.Hum selaku Dosen Modul Nusantara Kelompok B10. Wakil Kepala Sekolah mengharapkan adanya kehadiran mahasiswa pertukaran ini dapat memberikan wawasan baru kepada siswa sekaligus berterima kasih atas dipercayanya SMP Negeri 3 Jatinangor sebagai pelaksanaan kontribusi ini. Setelah itu, para siswa diminta untuk mengisi survei mengenai kepedulian mereka terhadap lingkungan yang dilanjutkan dengan materi sosialisasi Dosen Modul Nusantara.

Setelahnya, kegiatan inti dari kontribusi sosial ini adalah mengarahkan para siswa untuk melakukan percobaan filterisasi air yang dipandu oleh para mentor yang terdiri dari anggota kelompok B10, serta dilanjutkan dengan aktivitas games leadership skill untuk mengasah kemampuan mereka dalam bekerja sama memecahkan masalah di dalam kelompok. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan para siswa yang ikut serta menjawab pertanyaan dan ditutup dengan pembagian hadiah serta foto bersama.
“Tujuan melakukan kontribusi di SMP Negeri 3 Jatinangor juga agar siswa sejak dini dapat mengerti dan memahami betapa pentingnya menjaga lingkungan terutama air untuk keberlangsungan ekosistem. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengatasi dampak perubahan iklim pada sumber daya air, seperti pengelolaan sumber daya air secara tepat dan adaptasi terhadap perubahan iklim,” tambah Ketua Panitia Pelaksana.

Redaktur: Grace Silva

Related posts

Mengedepankan Solidaritas, Prodi Sastra Jepang USU Ikut Menyukseskan PKKMB USU 2022

redaksi

Persiapan SBMPTN 2022, HIMALA USU Gelar Tryout Online Nasional Gratis

redaksi

Buah Perjuangan dan Doa, Nurul Dapat Berkah Saat Sidang Sarjana

redaksi