Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Libatkan Mahasiswa, PEMA USU Gelar Open Recruitment Cipta Digital Business

Oleh: Fitri Dian Jannah dan Josephine C.L. Siahaan

Suara USU, Medan. Pemerintahan Mahasiswa USU mengadakan Open Recruitment Volunteer untuk program yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yaitu Cipta Digital Business. Perekrutan sukarelawan atau volunteer telah dibuka mulai dari 22 hingga25 Juli 2021.

Penyeleksian dilakukan melalui dua tahap, yaitu seleksi tahap 1 dan wawancara. Open Recruitment, diperuntukkan kepada Mahasiswa aktif USU, stambuk 2018, 2019, dan 2020. Kemudian divisi yang dapat dipilih oleh calon volunteer, yaitu Event Management, Creative Media and Publication, Registration, Public Relation, Sponsorship, dan Marketing.

Program ini dilatarbelakangi karena adanya keresahan pada masa Pandemi Covid-19 yang menjadi masalah di Indonesia, terutama pada sektor UMKM yang berkaitan dengan sektor lainnya seperti Pariwisata dan Kuliner. Menteri dan Sekretaris Menteri dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencetuskan program ini berdasarkan keinginan, kemauan, dan tentunya ketertarikan mereka untuk mempelajari bisnis digital yang diawali dengan menyaksikan serial Start-up.

Keberadaan UMKM di era Covid-19 mengalami masa yang cukup mengkhawatirkan, UMKM tidak dapat melakukan pergerakan secara bebas. Oleh karenanya UMKM harus go-digital.

“UMKM harus go digital, harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Nyatanya banyak UMKM yang belum sadar akan perkembangan teknologi, dan membutuhkan wadah yang berguna untuk UMKM ini sendiri”, ujar Christina, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Cipta Digital Business, mengajarkan UMKM untuk menguatkan brandnya. Penguatan brand adalah salah satu pemanfaatan dan pemaksimalan teknologi guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

How to Create and Grow a Strong Brand”, hal tersebut bertujuan agar orang lain mengetahui keberadaan suatu usaha ataupun UMKM. Dengan pemanfaatan teknologi untuk bisnisnya, UMKM diharapkan dapat menjadi roda pendorong pertumbuhan ekonomi. Secara garis besar pada program Cipta Digital Business, akan dibahas mengenai digitalisasi, bisnis online, digital marketing, produk fotografi, dan segala hal yang bekaitan dengan bisnis digital.

Program ini menekankan pada Bisnis Digital yang berupa workshop, tidak hanya webinar. Peserta workshop dapat berinteraksi langsung dengan mentor yang nantinya merupakan dosen USU ataupun dari pelaku UMKM yang telah memiliki strong brand.

Kegiatan workshop Cipta Digital Business akan dilaksanakan kurang lebih selama 1 bulan, karena terdapat berbagai rangkaian kegiatan didalamnya. Salah satunya adalah kegiatan penjelasan teori atau mentoring dan pengaplikasian dari apa yang telah dipelajari pada kegiatan mentoring. Tentunya kegiatan ini bisa diikuti oleh seluruh Mahasiswa USU, dan juga masyarakat umum yang tertarik di bidang bisnis digital.

Christina Yolantiara Sinaga dan Regina Octavia selaku menteri dan sekretaris menteri mengharapkan keberanian dan kreativitas mahasiswa dan masyarakat untuk memulai bisnisnya dan memanfaatkan dengan baik keberadaan teknologi.

“Jalani aja, kan ada banyak pelatihan, workshop, webinar yang membahas tentang bisnis, digital bisnis, salah satunya Cipta Digital Business bisa diikutin banget dari sekarang, sehingga ketakutan itu, gak ada lagi loh, keraguan itu sudah mengurang, jadi semua bisa eksekusi dari sekarang untuk berbisnis,” tutup Christina.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Pertama Kali di Sumut, Profesor Mengabdi FK USU Adakan Penyuluhan dan Skrining Kesehatan Menopause Secara Daring

redaksi

Ini Strategi Ketua UKM di USU Ketika Work From Home

redaksi

Seleksi Nasional 2019 Beasiswa Etos ID

suarausu