Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Mahasiswa Fakultas Kehutanan Adakan Penyuluhan, Gerakan Tanam dan Pemeliharaan Pohon

Reporter : Jei Suranta Ras/Niara Simarmata

Pada Sabtu (10/03) lalu, bertempat di Gg Bhineka 9 kecamatan Medan Percut, mahasiswa Fakultas Kehutanan (FHut) mengadakan penyuluhan gerakan tanam pohon dan pemeliharaan bersama masyarakat.

Penyuluhan ini diadakan oleh mahasiswa FHut jurusan Manajemen Hutan dan Konservasi Sumber Daya Hutan 6, bersama salah satu dosen mata kuliah komunikasi dan informasi kehutanan, Dr. Oding Affandi, S.Hut.,MP,. Serta bekerja sama dengan beberapa pemerintah setempat seperti RT, tokoh pemuda setempat/Ampi, dan masyarakat setempat.

“Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada menanam pohon saja tapi juga dalam proses pemeliharaannya, jadi kita dari tim mahasiswa yang menyediakan bibit dan pupuk kemudian nanti masyarakat yang memelihara,” ucap Oding dalam sambutannya.

Dalam kegiatan penanaman dan pemeliharaan pohon ini, mahasiswa Kehutanan juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat setempat mengenai peran penting pohon yang tak hanya sebagai penyedia oksigen saja, namun juga berperan penting dalam keberlangsungan hidup satwa dan manusia, berperan dalam siklus hidrologi, memperbaiki struktur tanah dan juga berbagai manfaat nilai ekonomi.

Penanaman pohon dilakukan di lahan kosong milik masyarakat. Pohon yang ditanam berupa pohon jenis buah-buahan yaitu durian, alpukat dan mangga yang sudah bersertifikat sehingga terjamin kualitasnya. Harapannya dengan menanam pohon jenis buah-buahan di Gg Bhineka 9 dapat menjadi tempat wisata buah kedepannya.

Latar belakang dari kegiatan ini adalah banyaknya lahan kosong yang tidak dimanfaatkan. Penanaman yang dilakukan kali ini adalah penanaman pertama dan menjadi demplot, yaitu contoh kedepannya untuk masyarakat memanfaatkan lahan kosong yang mereka miliki.

Kegiatan penanaman pohon buah ini merupakan kegiatan pertama Komunitas Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon, gerakan ini di pegang langsung oleh Oding Affandi selaku penanggung jawab. Komunitas Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon ini melakukan kegiatan berupa penampungan bibit pohon dari berbagai kalangan. Kemudian menanam bibit pohon yang sudah dikumpulkan pada lahan kosong yang sudah diajukan masyarakat. Komunitas ini terbuka dalam menerima bibit dan lahan yang ingin ditanam, selain itu terbuka juga untuk pihak pihak yang ingin bergabung.

Oding Affandi mengajak semua pihak untuk memiliki hobi menanam, “Saya mengajak semua orang untuk menanam pohon jenis buah di pekarangan masing-masing walaupun tidak bergabung dengan kami. Mungkin bukan kita yang menerima langsung manfaatnya tapi pasti memberi dampak positif bagi ekologis, ekonomis, tata air dan sebagainya,”

Redaktur : Yulia Putri Hadi

Related posts

Sekarang Tinggal Aku Dan Kenangan

suarausu

Semua Orang Bisa Memotret, Namun Tidak Semua Disebut Fotografer

redaksi

Cagub 02 FISIP USU : Menang Itu Tujuan, Kalah Itu Harus Siap

redaksi