SUARA USU
Film

Melihat Gambaran Dunia Virtual Metaverse Lewat Film Ready Player One

Oleh : Puvut Bethanya Surbakti

Suara USU, Medan. Sudah pernah dengar istilah Metaverse? Ya, gambaran keadaannya hampir mirip dengan cerita di film ini. Dirilis pada tanggal 28 maret 2018, film ini terbilang cukup sukses di layar lebar dengan mampu menghasilkan box office hingga US$582,9 juta pada saat itu. Film yang digarap oleh Steven Spielberg dan ditulis oleh Zak Penn ternyata dibuat berdasarkan novel karya Ernest Cline.

Berlatarkan dunia nyata dan realitas virtual pada tahun 2045, film ini mengisahkan tentang petualangan sekelompok anak muda yang berkompetisi untuk mencari “Harta Karun” di dalam sebuah dunia virtual yang disebut OASIS. Hampir sama dengan gambaran dunia virtual metaverse, dunia virtual OASIS pada film ini juga menunjukkan bahwa penggunanya harus memakai kacamata pintar untuk bisa mengakses dan masuk ke dalam dunia virtual tersebut.

Tye Sheridan sebagai pemeran utama dalam film ini memakai avatar dengan nama Parzival menjalani tantangan demi tantangan untuk memenangkan kompetisi ini. Dibantu oleh beberapa rekan lainnya, mereka bersama-sama berusaha untuk menyelamatkan dunia nyata dan dunia virtual oleh perusahaan IOI yang ingin menguasai OASIS.

Bertema fiksi ilmiah, film berdurasi 140 menit ini penuh dengan visual efek yang memukau.Tayangan yang disajikan pada scene berkelahi, seakan memberi tahu kepada penonton bahwa dunia virtual dapat memberikan keuntungan bagi penggunanya untuk dapat mengikuti dan merasakan sensasi saat berkelahi dan berkompetisi tanpa harus terluka di kehidupan nyata.

Namun, di sisi lain dari kemudahan dan kesenangan yang dirasakan dalam dunia virtual seperti yang di canangkan oleh perusahaan Metaverse, film ini sudah lebih dulu mengingatkan dan memberi tahu penontonnya bahwa dunia nyata adalah nyata dan pengguna dunia virtual harus mampu menyisihkan waktu di dunia nyata dengan orang-orang terdekat.

Nah, ingin tahu lebih lagi tentang gambaran dunia virtual metaverse melalui film ini? Sobat kampus bisa akses film ini di situs Netflix sebagai pilihan film untuk menemani liburan akhir semester, ya!

Redaktur: Yulia Putri Hadi


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Bukan Tontonan Biasa, Serial Komedi “Di Bulan Suci Ini…” Mempersembahkan Pesan Toleransi

redaksi

Sajikan Alur Cerita Penuh Inspirasi, Inilah Film Soul yang Miliki Banyak Keistimewaan

redaksi

Film The Bad Seed 2018: Apakah Seseorang Terlahir Jahat atau Jahat Terlahir Atas Pengaruh Lingkungan?

redaksi