SUARA USU
Kabar Kampus

Memperingati Maulid Nabi, IMAJINASI Adakan Mansilkom

Reporter: Fathan Mubina

Suara USU, Medan. Mengangkat tema “Gen Z Komunikasi Siap Menghadapi Era Digitalisai Ala Rasulullah SAW”, Ikatan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (IMAJINASI), selenggarakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW pada Sabtu (30/9).

IMAJINASI berhasil menyelenggarakan acara Maulid Nabi dan Silaturahmi Komunikasi (Mansilkom) yang merupakan program tahunan dari IMAJINASI itu sendiri. Bertempat di Musholla Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara. Acara ini dihadiri oleh Muhammad Alif Ichsan selaku Penceramah, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Mazdalifah beserta Dosen lain, pengurus IMAJINASI beserta mahasiswa baru Prodi Ilmu Komunikasi stambuk 2023.

Acara berlangsung sejak pukul 9 pagi dan ditutup pukul 12 siang. Mansilkom kali ini mengangkat tema “Gen Z Komunikasi Siap Menghadapi Era Digitalisai Ala Rasulullah SAW”, dengan harapan, Generasi muda alias mahasiswa jurusan Ilkom, dapat meneladani cara-cara Rasulullah SAW ketika mendapatkan sebuah tantangan/masalah.

Acara dibuka oleh Pewara dan dimulai dengan pembacaan tilawah Al-Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 21 yang masyhur dibaca ketika acara Maulid Nabi, dilanjutkan dengan sambutan ketua Prodi sampai dengan ketua panitia. Acara inti yaitu ceramah dari ustadz dimulai setelahnya.

Permasalahan yang dialami oleh anak millenial saat ini ada lima persoalan, seperti yang diterangkan “Inti dari Ceramah saya ini, terdapat lima hal yang menjadi persoalan Gen-Z Saat ini yaitu, Kemalasan dalam mencari informasi, Kaburnya Informasi di era digitalisasi, Kesehatan Mental, Quarter Life Crisis dan yang terakhir Sandwich Generation. Jangankan kalian, Rasulullah SAW pernah mengalami gangguan kesehatan mental, zaman itu beliau merupakan orang yang cerdas, sehingga beliau bertanya-tanya dan akhirnya mengasingkan diri di Gua Hira sampai mendapatkan wahyu,” Terang Alif.

Al-Qur’an merupakan suatu obat, sudah tidak diragukan lagi khasiatnya, “orang yang terkena gangguan kesehatan mental, maka beribadah dan Al-Qur’an merupakan obatnya, bukan malah pergi healing kesana kemari, Shalat merupakan Istirahat terbaik bagi seseorang dalam menyembuhkan sesuatu.” Jelas Ustadz Alif.

“Kegiatan keagamaan seperti Maulid Nabi ini merupakan hal positif yang selalu saya dukung sepenuhnya, merupakan suatu keberkahan bagi Komunikasi, IMAJINASI selalu menyelenggarakan peringatan-peringatan keagamaan seperti ini.” tutur Mazdalifah pada sambutannya. Menurut Mazdalifah mahasiswa harus terus berkegiatan seperti acara Mansilkom, bukan hanya kuliah saja dalam kehidupan kampus, sehingga kuliah ini menjadi berwarna.

Ustadz Alif menutup ceramah dengan membawakan doa untuk kesuksesan mahasiswa, dosen dan seluruh umat manusia. Acara dilanjukan dengan sesi foto bersama dengan hadirin dan panitia. Acara ditutup dengan games tebak gambar keagamaan dan makan siang bersama.

Redaktur: Taty Kristina 

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

IMPM USU Bersama PMI Medan Sukses Selenggarakan Aksi Donor Darah

redaksi

Fakultas Hukum USU Menuju Kelas Internasional dengan Kolaborasi Bersama Alumni

redaksi

Semua jadi Online, USU Belum Putuskan Kalender Akademik Semester Depan

redaksi