SUARA USU
Film

Mengintip Kisah Haru Persahabatan, Inilah Inspirasi dari Film ‘5 CM’

Oleh: Anisa Maharani / Rebecca Marianne

Suara USU, Medan. ‘5 cm’ merupakan film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani yang diangkat dari sebuah novel dan rilis pada 2012 silam, tepatnya pada (12/12). Film 5 cm yang mengangkat tema tentang persahabatan yang diceritakan melalui kisah kelima karakter dalam mencapai impian bersama untuk mendaki Gunung Semeru mendapat respon positif dari kalangan masyarakat.

Kisah ini dimulai dari pengenalan para karakter yang sudah bersahabat sejak mereka menduduki masa kuliah. Mereka memiliki impian untuk mencapai puncak Gunung Semeru, yang merupakan puncak tertinggi di Jawa, dan memutuskan untuk mengambil tantangan ini sebagai bentuk penghormatan terhadap janji persahabatan mereka. Perjalanan mereka bukan hanya sebuah ekspedisi fisik ke puncak gunung, tetapi juga perjalanan yang melibatkan sisi emosional dan spiritual pada masing-masing karakter.

Selama dalam perjalanan mendaki, mereka mengalami berbagai rintangan yang mampu menguji kebersamaan dan kekuatan persahabatan mereka, dan dalam momen-momen sulit inilah kesetiaan masing-masing karakter diuji. Mereka harus belajar untuk bergantung terhadap satu sama lain, bekerja sama, dan saling mendukung dalam menghadapi rintangan yang memerlukan keberanian dan tekad. Dari pengalaman sulit tersebut mereka akhirnya mengalami perkembangan karakter yang menyebabkan alur dalam film ‘5 cm’ menjadi semakin menarik dan berkesan.

Di akhir cerita, akhirnya mereka berhasil mencapai puncak Gunung Semeru dan prestasi ini menjadi simbol dari persahabatan mereka yang kuat. Film ini tidak hanya menggambarkan tentang keindahan alam dan petualangan fisik, tetapi juga mengangkat nilai-nilai persahabatan sejati seperti solidaritas, kerja sama, pertumbuhan bersama, kompromi, dan pengorbanan. Di dalam film ‘5 cm’ ini juga mengandung nilai Pancasila, khususnya sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Film ini turut menonjolkan hubungan manusia dengan Tuhan, yaitu dengan menunjukkan sisi para karakter yang berserah dan percaya pada Tuhan di dalam setiap langkah mereka dalam menuju puncak Gunung Semeru.

Pesan positif yang dapat diambil dari film ‘5 cm’ yaitu persahabatan merupakan sesuatu yang berharga dan dapat menjadi sumber dukungan emosional dan motivasi dalam memilih tujuan hidup. Melalui perjalanan ini, kelima karakter mengajak para penonton untuk merenung tentang arti persahabatan dalam menghadapi perjalanan hidup yang penuh tantangan. Persahabatan bukan hanya tentang kebahagiaan dan kegembiraan, tetapi juga tentang mengatasi konflik, menemukan kesepakatan, dan bahkan melakukan pengorbanan demi kebaikan bersama.

Gimana nih, sobat USU? Pada tertarik gak untuk menyaksikan film ‘5 cm’?

Redaktur: Tania A. Putri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Misteri Dibalik Kelahiran dalam Film The First Omen

redaksi

Bergenre Thriller Penuh Misteri, The Negotiation Tunjukkan Plot Twist Menegangkan

redaksi

Tick, Tick… Boom!: Kisah Ambisi Larson Sebelum Masuk Dalam Titik Krusial

redaksi