SUARA USU
Sosok

Mengukir Prestasi, Perjalanan Inspiratif Nabila Fahriani Pane Mahasiswi FISIP USU

 

Reporter: Deva Junita Graciela Simanjuntak

Suara USU, Medan. Nabila Fahriani Pane mahasiswi ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2021 asal Deli Serdang berhasil mengukir berbagai prestasi dalam hidupnya. Nabila Fahriani Pane memulai karirnya sejak di bangku sekolah, aktif dalam organisasi OSIS dan Paskibra yang membawanya ke dunia public speaking, terutama sebagai master ceremony. Di perguruan tinggi, melalui Smart Generation Community USU dan beasiswa Etos ID, Nabila terus mengembangkan dirinya dengan motivasi tinggi, mencapai prestasi seperti PILMAPRES.

Meskipun awalnya merasa gugup dan tidak percaya diri, dukungan dari orang-orang terdekat membantu Nabila meraih penghargaan MAPRES I FISIP dan Best Presenter I Universitas Sumatera Utara. Melalui ketekunan dan tekadnya, Nabila membuktikan bahwa usaha tak pernah mengkhianati hasil, dari seorang MC yang bersemangat hingga meraih penghargaan sebagai presenter terbaik di level universitas.

Perjalanannya tidak berhenti di bangku sekolah, Nabila Fahriani Pane juga mulai mengembangkan sayapnya di bangku perkuliahan. Ia mengaku memulai karirnya di perkuliahan melalui organisasi dan beasiswa yang diterimanya, tepatnya melalui organisasi Smart Generation Community USU dan beasiswa Etos ID. Melalui beasiswa yang berisi orang-orang hebat dan ditambah organisasi yang diikuti memiliki basic keilmuan membuat Nabila memiliki motivasi yang tinggi untuk menggapai berbagai prestasi termasuk PILMAPRES yang baru saja diterimanya.

”Organisasi saya basic-nya keilmuan, kami itu udah dipush dan dibimbing untuk gapai beberapa prestasi termasuk PILMAPRES (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) yang barusan, so saya udah ada minat mapres dari semester 1 sebenarnya,” ucap Nabila.

Sebelum menerima penghargaan sebagai Mahasiswa Prestasi I tingkat fakultas FISIP dan Mahasiswa berprestasi kategori Best Presenter I tingkat Universitas Sumatera Utara, Nabila mengaku awalnya masih fokus pengembangan karir di public speaking dan entrepreneur saja dari semester awal sampe semester 5 akhir. Selain itu, ia juga memiliki bisnis dan kerap mengikuti berbagai perlombaan hingga membawanya ke luar kota.

”Awalnya saya fokus di per-MC’an all event, sama jalanin usaha saya yakni Syafana Hijab, dan diakhir semester 5 itu saya ada ikutan Non PIMNAS juga yaa akhir dari PKM-PM saya yang berangkat ke Bandung, dan saya ada ikutan lomba Wirausaha Muda Mandiri by Bank Mandiri Alhamdulillah lolos sampai ke Surabaya kemarin di Januari, dan disitu mulai puncak karirnya saya kalau saya rasa ya”. Sejak dari Surabaya, pandangan Nabila tentang prestasi dan capaian lainnya semakin penting. Nabilapun mulai mencari info-info mengenai PILMAPRES yang merupakan impiannya sejak menduduki bangku perkuliahan tepatnya saat semester 1.

Melalui kegigihan dan tekadnya yang kuat, Nabila memberanikan diri untuk maju ke PILMAPRES 2024. Sejak bulan januari 2024, Nabila mulai menyusun Karya Tulis Ilmiah atau Gagasan Kreatif yang merupakan salah satu syarat mendaftarkan diri ke ajang bergengsi tersebut. Tidak hanya karya tulis ilmiah, Nabila juga mempersiapkan berkas-berkas lain seperti sertifikat lomba yang mana hal tersebut akan menjadi penilaian capaian unggulan di PILMAPRES. Nabila juga dibimbing oleh seorang dosen yaitu Onan M Siregar, S.Sos.,M.Si selaku Kepala Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis.

Nabila F Pane yang merupakan peserta MAPRES tingkat fakultas FISIP perwakilan prodi ilmu administrasi bisnis mangaku sempat mengalami insecure dan nervous saat hari H presentasi. Namun dengan dukungan orang sekitar, berhasil membawa Nabila menjadi mahasiswa berprestasi I tingkat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Setelah mendapatkan penghargaan MAPRES I FISIP, perjuangan Nabila tidak berhenti sampai disitu. Ia juga akan mewakili FISIP pada pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat Universitas. Ia pun mulai merevisi karya tulis ilmiahnya sesuai dengan evaluasi dari juri di FISIP, melakukan revisi PPT, latihan presentasi, terlebih lagi presentasinya yang menggunakan bahasa Inggris. Seperti kata pepatah usaha tidak akan mengkhianati hasil, begitu juga yang dirasakan oleh Nabila F Pane. Melalui kegigihannya, ia berhasil meraih penghargaan di kategori ”Best Presenter I” di tingkat Universitas Sumatera Utara.

”Saya jadi teringat yakan, waktu saya latihan-latihan emang value-nya saya tuh dari cara berpresentasi dan semua hal tentang presentasi, dan kemarin saya juga diajarin penyusunan seni bicara, dan yah lagi-lagi perjuangan ngga mengkhianati hasil. Yang awalnya saya sekedar MC, si entrepreneur muda juga yang suka ngomong sana sini, ternyata di PILMAPRES Alhamdulillah dapat penghargaan Best Presenter,” tutup Nabila.

Redaktur: Khaira Nazira


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mengenal Andrew Kalaweit, Tarzan Kalimantan Penyelamat Satwa Liar

redaksi

Mengenang Haji Anif, Tokoh Masyarakat Sumut yang Berjiwa Sosial Tinggi

redaksi

Dr. Zahedi M.Si Dosen Matematika Idaman Mahasiswa

redaksi