SUARA USU
Kuliner

Merasakan Sensasi Segar Es Krim Soda, Kuliner Legendaris Medan Sejak 1960-an!

Reporter: Jane Munthe

Kota Medan sangat kaya akan jajanan kuliner yang selalu berhasil menarik perhatian pembeli. Membahas tentang kuliner, Sobat Suara USU sudah kenal belum dengan salah satu es segar legendaris di Kota Medan yakni Es Krim Apo.

Pecinta es krim pasti akan sangat bahagia jika datang dan langsung mencicipi sensasi es krim yang satu ini. Es krim Apo berbeda dengan jenis es krim pada umumnya. Minuman segar ini terbuat dari gabungan es krim dan soda limun khas zaman dahulu. Menariknya, perpaduan dari kedua rasa tersebut berhasil menggiurkan selera sehingga menjadi kuliner favorit banyak orang.

Ibu Marlini, adalah orang yang saat ini menjadi penerus sekaligus pemilik usaha es krim yang telah dirintis oleh peninggalan almarhum mertua dan almarhum suaminya sejak tahun 1960. Faktanya, nama dari Es Krim Apo diambil dari nama almarhum suami yaitu Ace Apo.

Menariknya, bahwa soda yang di gunakan oleh beliau adalah soda limun zaman dahulu, sehingga rasanya akan berbeda dengan soda-soda buatan lain. Keunikan dari rasa es krim inilah yang membuatnya menjadi jajanan populer. Itu sebabnya Ibu Marlini tidak pernah mengganti jenis sodanya.

Sebelumnya, beliau sempat mencoba untuk mengganti jenis soda karena stok soda yang digunakan sudah sangat sulit untuk dicari, tetapi ketika diganti para pelanggan akan sadar dengan rasanya yang berbeda. Oleh karena itu, beliau memutuskan tetap konsisten menggunakan resep lama dan lebih berupaya mencari soda limun untuk campuran es krim.

Es krim soda di sini juga memiliki banyak varian yang tak kalah menarik. Tersedia tujuh varian rasa es krim, seperti vanilla, durian, coklat, alpukat, kacang merah, jagung dan juga jeruk. Jadi para pelanggan akan memiliki lebih banyak pilihan dan tidak merasa bosan dengan menunya.

Es krim Apo selalu buka setiap hari mulai dari jam 10.00 WIB hingga jam 18.00 WIB. Usaha kuliner ini berlokasi di Jalan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara. Awalnya sempat pindah tempat karena adanya perbaikan jalan, tetapi mereka hanya pindah dari satu gang ke gang lain yang jaraknya juga tidak jauh.

Terkait harga yang ditawarkan, Es krim Apo dijual dengan harga yang cukup murah yakni Rp 20.000 saja. Beliau juga menerima pesanan untuk partai kecil dan partai besar. Jadi, apabila ada acara atau pesta besar, kuliner ini bisa dipesan sebagai hidangan cemilan para tamu.

Nah, bagi Sobat Suara USU yang sangat suka dengan es krim, bisa berkunjung ke lokasi Es Krim Apo untuk merasakan langsung sensasi keunikan dari kuliner segar ini.

Redaktur: Duwi Cahya


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mengulik Sensasi Renyah dan Manis dari Roti Ketawa Khas Kota Pematangsiantar

redaksi

Matcha: Si Bubuk Teh Hijau Kualitas Terbaik, Begini Pendapat Orang!

redaksi

Berdiri Sejak Tahun 1953, Cobain Nikmatnya Rujak Sederhana Kolam Raya Sri Deli Medan

redaksi