Oleh: Aulia Rahmawati
Suara USU, Medan. Perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian sebuah gedung, ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku-buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan dengan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca yang datang ke perpustakaan, bukan bertujuan untuk dijual. Perpustakaan sendiri memiliki beberapa jenis yaitu perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan umum, perpustakaan keliling, perpustakaan taman baca masyarakat, perpustakaan khusus, perpustakaan nasional, perpustakaan internasional.
Perpustakaan memiliki beberapa fungsi, yaitu penyimpanan, pendidikan, penelitian, rekreasi kultural. Perpustakaan sekolah juga memiliki beberapa fungsi yaitu perpustakaan sekolah dalam perannya di dunia pendidikan mempunyai fungsi sebagai pusat kegiatan belajar mengajar untuk pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah, pusat penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya, pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu.
Dalam perpustakaan juga terdapat manajemen perpustakaan dalam mengelola perpustakaan seperti perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, pengawasan. Manajemen perpustakaan sekolah yang ada pada dasarnya adalah proses mengoptimalkan kontribusi manusia, material, anggaran untuk mencapai tujuan perpustakaan. Kemudian dalam pengertian lain disebutkan bahwa manajemen perpustakaan adalah proses pengelolaan perpustakaan dengan didasarkan pada prinsip-prinsip dan teori-teori manajemen.
Pada hakekatnya manajemen adalah suatu kegiatan untuk mencapai tujuan, melalui kerja orang-orang lain. Secara lebih terperinci dapat dinyatakan, bahwa manajemen meliputi perancangan dan sifat-sifat usaha kelompok dalam rangka untuk mencapai tujuan, tetapi dengan penggunaan modal berupa, waktu, uang, material dan juga hambatan yang dijumpai, seminimal mungkin.
Dengan kata lain konsep dasar manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian suatu aktivitas yang bertujuan untuk mengalokasikan sumber daya sehingga mempunyai nilai tambah. Di lingkungan sekolah, misalnya kita saksikan bahwa manajemen lebih memusatkan perhatian kepada upaya penggerakan dan pemberdayaan sumber daya manusia, sedangkan administrasi lebih terfokus kepada pelaksanaan aspek-aspek substantif seperti kurikulum, perlengkapan, keuangan sekolah, dan aktivitas rutin lain.
Dalam perpustakaan terbagi beberapa jenis perpustakaan salah satunya adalah perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas atau ruangan yang diberikan dari pihak sekolah, tempat yang memfasilitasi atau sebagai sarana seluruh siswa untuk mencari buku, untuk dipinjam, untuk menemukan dan memanfaatkan informasi dalam pendidikan, maupun untuk hanya sekedar membaca buku bagi siswa di sekolah, semua perpustakaan yang ada atau diselenggarakan di sekolah baik itu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas sampai sekolah lanjutan seperti perguruan tinggi.
Perpustakaan sekolah tidak hanya memfasilitasi siswa saja melainkan perpustakaan sekolah juga digunakan untuk memfasilitasi para guru-guru untuk memudahkan para guru-guru dalam melakukan proses belajar mengajar, dengan memanfaatkan fasilitas buku-buku dan pustaka-pustaka yang ada di perpustakaan sekolah guru dapat mencari ide atau topik pembelajaran dari berbagai macam-macam buku yang ada di perpustakaan sekolah.
Perpustakaan sekolah berguna untuk menunjang proses belajar baik itu siswa yang berada di sekolah dasar atau sekolah lanjutan, perpustakaan sekolah sebagai upaya dalam memupuk dan menumbuhkembangkan minat dalam membaca siswa, perpustakaan sekolah sebagai upaya mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka, perpustakaan sekolah membantu guru dalam mencari referensi untuk belajar mengajar yang akan diberikan kepada siswa pada proses belajar mengajar di kelas, perpustakaan sekolah membantu membiasakan siswa untuk mengakses informasi secara mandiri, perpustakaan sekolah membantu peningkatan wawasan dan pengetahuan kepada siswa, perpustakaan sekolah menyediakan peminjaman buku kepada siswa untuk dibaca di rumah maupun di kelas, perpustakaan sekolah memperkenalkan teknologi informasi kepada siswa, perpustakaan sekolah dapat memperkaya pengalaman belajar siswa selain di ruang kelas, perpustakaan sekolah membantu kelancaran dan penyelesaian tugas para karyawan sekolah, menanamkan kebiasaan belajar mandiri kepada siswa, perpustakaan sekolah membantu mempercepat penguasaan materi yang disampaikan oleh guru, perpustakaan sekolah membantu guru untuk mencari sumber-sumber yang digunakan dalam proses belajar mengajar, dsn perpustakaan sekolah dapat melatih tanggung jawab siswa untuk menjaga dan mengembalikan buku yang telah dipinjam. Sebagian besar buku perpustakaan sekolah terdiri dari koleksi buku-buku pelajaran atau bacaan yang dapat menunjang proses belajar mengajar.
Banyak terdapat beberapa sekolah yang kurang efektif dalam memanfaatkan dan menerapkan manajemen perpustakaan di sekolah, yang menjadikan kurang efektifnya kepengurusan dan program perpustakaan sekolah, serta menjadikan kurang efektif dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan sekolah, dengan kendala-kendala perpustakaan sekolah tersebut dapat mempengaruhi proses kegiatan perpustakaan, proses belajar, dan pemanfaatan perpustakaan sekolah kepada siswa dan guru yaitu seperti dalam mencari referensi dari perpustakaan, meminjam buku di perpustakaan, dan pada saat siswa akan membaca buku di perpustakaan sekolah.
Perpustakaan yang ada di sekolah yaitu perpustakaan sekolah dalam pengelolaannya harus semaksimal mungkin agar perpustakaan berjalan dengan efektif, sehingga siswa dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada di perpustakaan sekolah dengan baik. Perpustakaan yang efektif memiliki manajemen perpustakaan yang dilaksanakan dengan baik seperti perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, pengawasan. Perpustakaan sekolah yang efektif harus memiliki kepengurusan yang komplit dan maksimal, serta harus terdapat fasilitas-fasilitas perpustakaan yang komplit dan tersedia untuk digunakan oleh seluruh siswa-siswa maupun oleh seluruh guru-guru yang ada di lingkungan sekolah.
Dalam upaya perpustakaan sekolah yang efektif perlu pentingnya kepengurusan dalam perpustakaan sekolah, yaitu agar dalam mengelola perpustakaan sekolah berjalan dengan baik, sehingga perpustakaan sekolah akan berjalan dengan efektif, dan akan jelas pengurus-pengurus yang akan menjalankan tugas sesuai tugas masing-masing, dan terdapat fasilitas-fasilitas yang memadai.
Dalam perpustakaan sekolah harus memiliki fasilitas-fasilitas yang komplit dalam mewadahi proses belajar siswa, dengan fasilitas perpustakaan yang memadai di sekolah sangat penting karena beberapa alasan utama, antara lain dengan perpustakaan sekolah yang efektif dapat mendukung sumber pengetahuan dan informasi yaitu perpustakaan menyediakan akses ke berbagai jenis buku, jurnal, majalah, dan sumber daya digital yang mendukung proses belajar mengajar di kelas. Sumber-sumber ini membantu siswa untuk memperluas wawasan dan mendalami berbagai topik di luar materi yang diajarkan di kelas, dan dapat membantu guru untuk menemukan materi yang tepat untuk disampaikan kepada siswa pada saat proses belajar di kelas.
Perpustakaan sekolah yang efektif dapat meningkatkan keterampilan literasi yaitu dengan memiliki akses ke perpustakaan sekolah, siswa dapat mengembangkan kebiasaan membaca yang baik. Ini tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa, akan tetapi juga dapat memperkuat keterampilan analitis dan kritis siswa.
Perpustakaan sekolah yang efektif dapat mendukung penelitian dan proyek siswa yaitu perpustakaan sekolah menyediakan fasilitas dan sumber daya yang diperlukan untuk melakukan penelitian dan menyelesaikan proyek sekolah. Ini termasuk akses ke internet, buku referensi, dan materi lain yang relevan.
Perpustakaan sekolah yang efektif memiliki lingkungan yang kondusif untuk belajar yaitu perpustakaan sekolah sering kali menyediakan ruang yang tenang dan nyaman bagi siswa untuk belajar, membaca, atau mengerjakan tugas. Ini bisa sangat membantu bagi siswa yang membutuhkan tempat yang bebas dari gangguan.
Perpustakaan sekolah yang efektif dapat mendukung pembelajaran mandiri siswa yaitu perpustakaan sekolah mempromosikan pembelajaran mandiri dengan memberikan siswa kebebasan untuk menjelajahi topik yang menarik minat mereka. Ini membantu siswa menjadi lebih proaktif dalam pendidikan mereka sendiri dan mengembangkan rasa ingin tahu.
Perpustakaan sekolah yang efektif perpustakaan sekolah yang menggunakan penggunaan teknologi yaitu perpustakaan modern biasanya dilengkapi dengan komputer dan akses internet, yang penting untuk belajar di era digital. Ini memungkinkan siswa untuk mencari informasi online, mengerjakan tugas, dan belajar menggunakan berbagai alat digital.
Perpustakaan sekolah yang efektif dapat mendukung pengembangan keterampilan sosial siswa yaitu perpustakaan sekolah juga dapat menjadi tempat bagi siswa untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan teman-teman mereka dalam proyek kelompok atau diskusi. Secara keseluruhan, perpustakaan sekolah yang baik dapat menjadi pusat belajar yang kaya sumber daya, mendukung semua aspek perkembangan akademis dan pribadi siswa dengan fasilitas yang memadai, sebab perpustakaan dapat berperan penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik dan berkelanjutan.
Perpustakaan sekolah dengan manajemen perpustakaan yang berjalan, fasilitas-fasilitas dan sarana perpustakaan yang memadai, dan kepengurusan yang berjalan akan mewujudkan perpustakaan sekolah yang efektif dalam pemanfaatannya, untuk mewadahi siswa-siswa dalam belajar dan dapat membantu guru-guru dalam mencari sumber-sumber belajar yang dapat digunakan dalam proses belajar.
Redaktur: Khalda Mahirah Panggabean
Discover more from SUARA USU
Subscribe to get the latest posts to your email.