SUARA USU
Kabar Kampus

OMANTARU, Penerimaan Anggota Baru UKM Pramuka USU

Reporter: Sonya E. Simamora

Suara USU, MEDAN. Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka merupakan salah satu UKM tertua dan terbesar di Universitas Sumatera Utara. Kini mereka sedang menerima Orientasi Penerimaan dan Penyambutan Anggota Baru (OMANTARU) bagi mahasiswa/iUniversitas Sumatera Utara, namun tidak menutup kemungkinan untuk rekan-rekan mahasiswa dari Polmed, AMIK, Unpri, UMA, dan Universitas Pembangunan Pancabudi jika ingin bergabung. Pendaftaran dibuka mulai 17 Maret – 1 April 2021.

Markus selaku ketua Pramuka periode 2021/2022, menjelaskan ada perbedaan mendasar antara UKM Pramuka USU ini dengan UKM-UKM lainnya, dimana tidak ada pembatasan untuk penerimaan anggota baru.

“Berbeda dengan UKM lainnya, UKM ini lebih terbuka dimana tidak ada pembatasan anggota baru yang akan diterima, sistem pengseleksian pun tidak ada diterapkan, jadi memang betul-betul sukarela saja bagi yang ingin belajar dan siap untuk mengikuti seluruh kegiatan,” ujar Markus.

Adapun Persayarat yang harus dipenuhi yaitu;

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Usia maksimal 25 tahun
  4. Usia minimal 16 tahun
  5. Siap mengikuti seluruh proses dalam gerakan Pramuka
  6. Memiliki CV

“Mendapatkan pengalaman, pembelajaran, serta dibekali dengan studi ilmu yang luas melalui serangkaian kegiatan yang dilakukan, seperti Galaksi Penegak Pandega Nusantara, yang dilakukan di tahun lalu, mengingat kegiatan tersebut rutin sekali dalam 3 tahun pelaksanannya,” tutur Markus

Kepada kru Suara USU ia juga mengungkapkan harapannya kepada para calon anggota baru.

“Besar harapan saya, anggota baru nantinya bisa mewarnai dengan pengalaman-pengalamannya, baik saat duduk dibangku SD, SMP, maupun SMA. Ketika menilik kebelakang bahwa  seluruh anggota tercatat, sebelumnya telah pernah mengikuti organisasi Pramuka. Dan yang terpenting juga tetap berkarya, mengabdi di Pramuka,” lanjutnya

“Intinya antara kuliah, prestasi, organisasi itu harus sejalan,” pungkas Markus

Untuk info lebih lengkapnya bisa dibuka di instagram@pramuka_usu dan @ambalan_usu untuk pendaftaran bisa diakses melalui link https://bit.ly/3cJ9hrs. Bersama Pramuka, wujudkan baktimu pada Negara!

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Junjung Kepedulian, PEMA Fasilkom-TI Adakan Bakti Sosial ke Panti Asuhan!

redaksi

GENBI Sumut Gelar ‘Leadership Camp 2019’

suarausu

Peringati Ulang Tahun ke-28, FKM USU Fasilitasi Mahasiswa dengan Kompetisi Kreatif

redaksi