Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

PDH VS Almamater, Mana Lebih Penting?

Oleh: Yessica Irene

Suara USU, MEDAN. Seberapa sering kalian mendengar istilah PDH dalam sebuah organisasi? Pakaian Dinas Harian atau yang biasa disebut PDH adalah pakaian yang wajib dimiliki oleh sebuah organisasi yang mana setiap organisasi dapat menentukan sendiri desain bahkan warna dari pakaian tersebut. Kewajiban memiliki PDH pada sebuah organisasi bertujuan untuk menunjukkan identitas dari organisasi yang diikuti.

Sama halnya dengan almamater kampus, pengadaan almamater bagi mahasiswa bertujuan untuk menujukkan identitas dari universitas tempat dimana ia menempuh pendidikannya. Perbedaannya hanya saja untuk almamater kampus dapat dimiliki oleh seluruh mahasiswa tanpa terkecuali dan diberikan secara khusus oleh kampus tanpa mengeluarkan biaya, sedangkan PDH hanya dapat dimiliki oleh anggota organisasi yang membayar untuk mendapatkannya.

Jika melihat dari penggunaan di kalangan mahasiswa, lebih banyak mahasiswa yang senang menggunakan PDH pada saat datang ke kampus, bahkan mereka menggunakan PDH tersebut sebagai outfit untuk pergi ke kampus walaupun tidak ada kegiatan organisasi hari itu.

Beberapa mahasiswa mengatakan alasan mereka menggunakan PDH adalah karena desain  dan warnanya sesuai dengan keinginan mahasiswa itu dan beberapa juga mengatakan bahwa ia akan merasa lebih percaya diri ketika menggunakan PDH organisasi karena organisasi kampus yang diikutinya dikenal oleh banyak orang.

Pengunaan PDH selama mengikuti organisasi dirasa oleh beberapa mahasiswa yang aktif berorganisasi adalah suatu hal yang penting, hal tersebut dibuktikan pada tiap kesempatan bertemu dengan anggota bahkan ketika melakukan kunjungan dengan organisasi lain, mahasiswa tersebut dengan bangga menggunakan baju PDHnya. Dengan itu menandakan bahwa ia adalah kandidat dari organisasi tersebut dan juga dengan maksud untuk memperkenalkan organisasinya kepada organisasi lain yang ditemuinya, apalagi jika di PDH tersebut terdapat tag line dari organisasi yang diikutinya.

Penggunaan almamater sebenarnya tidak kalah pentingnya bagi mahasiswa, apalagi bagi mahasiswa yang senang mengikuti beragam kompetisi nasional bahkan internasional. Dengan menggunakan almamater, mahasiswa yang mengikuti lomba tersebut akan mengenalkan dan mengharumkan nama Universitasnya agar dikenal oleh banyak Universitas lain.

Dan menjadi sebuah kebanggaan juga ketika seseorang yang menempuh pendidikan di Universitas yang bergengsi saat mengenakan almamater kampusnya, dengan menggunakan almamater ia akan dikenal sebagai mahasiswa Universitas bergengsi.

Bukan saja sebatas untuk mewarnai kegiatan perlombaan, almamater juga digunakan oleh banyak mahasiswa untuk melakukan penelitian, magang dan bahkan saat aksi turun ke jalan. Pada saat melakukan penelitian dan magang, masyarakat yang berada di tempat dimana mahasiswa itu melakukan penelitian dan magang akan lebih percaya bahwa ia adalah seorang mahasiswa.

Menurut Ilham, mahasiswa Agribisnis 2018 PDH adalah identitas paling menonjol dalam kehidupan berorganisasi.

“Menurut saya PDH itu sangat penting bagi orang yang mengikuti organisasi, karena PDH digunakan sebagai identitas dari orang tersebut. Memang banyak sih identitas lain yang bisa menunjukkan bahwa orang tersebut adalah anggota dari sebuah organisasi, tetapi saya rasa penggunaan PDH adalah salah satu bentuk identitas yang paling menonjol dan mudah untuk dikenali oleh orang lain,” ungkapnya pada Suara USU

Di lain sisi, menurut Mauris Muyassar, mahasiswa Fakultas Hukum almamater memiliki peran yang sangat penting bagi seorang mahasiswa, terkhusus mahasiswa yang aktif dalam pergerakan sosial.

“Almamater itu sangat penting bagi seorang mahasiswa. Selain menjadi identitas atau jati diri bagi mahasiswa tersebut, sudah diibaratkan seperti pakaian kebesarannya mahasiswa.”

“Apalagi jika seorang mahasiswa itu adalah seorang aktivis, sering turun aksi demonstrasi. Disinilah peran almamater tersebut sangat penting dikarenakan hanya dengan almamater seorang mahasiswa dapat diketahui darimana asal kampusnya, dan apabila sewaktu-waktu terjadi kericuhan saat demonstrasi, rekan-rekan yang memakai almamater yang sama walaupun tidak kenal pasti akan langsung menolong dikarenakan adanya rasa senasib dan seperjuangan yang berasal dari kampus yang sama,” jelas mahasiswa stambuk 2019 ini.

Dengan berbagai alasan mahasiswa mengenai mana yang lebih penting PDH atau Almamter kampus, sebenarnya kedua pakaian ini sama pentingnya dan memiliki tujuan yang sama yaitu sebagai identitas. Jadi kalian ingin memilih untuk menggunakan mana PDH atau Almamater?

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

HIMALA USU Bagikan Takjil Buka Puasa Gratis ke Masyarakat Langkat

redaksi

Mawapres 1 FIB: Berprestasi Bukan Soal Sertifikat

redaksi

HUT UKM KMK USU Ke-41, Rayakan Sukacita di Tengah Tantangan Pelayanan

redaksi