SUARA USU
Kabar Kampus

Pembekalan KKNT USU 2022, Belajar dan Berkarya di Desa

Oleh: Yessica Irene/Lita Amalia/Yesi Ansari

Suara USU, Medan. Program KKNT resmi dilaksanakan sebagai pengganti KKN PPM USU yang merupakan pelaksanaan program MBKM. Kegiatan KKNT direncakan akan dilaksanakan di bulan September 2022.

Program KKNT ini dibagi menjadi dua, yaitu program KKNT reguler dan KKNT diperpanjang. Dimana nantinya untuk program KKNT reguler akan dijalani mahasiswa selama 2 bulan dan KKNT diperpanjang akan dijalani oleh mahasiswa selama 4 bulan untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapat di bangku perkuliahan di desa tujuan.

Untuk membekali mahasiswa yang akan terjun ke lapangan, USU mengadakan pembekalan mahasiswa KKNT 2022 yang mana dilaksanakan selama 3 hari yaitu Jumat, (12/08), Senin dan Selasa 15-16 Agustus 2022, yang mana dilaksanakan secara luring dan daring. Di hari pertama diadakan secara luring dan hari kedua serta ketiga diadakan secara daring bertempat di Auditorium USU.

Pada pelaksanaan pembekalan KKNT secara luring di hari pertama mengangkat tema, “Belajar dan Berkarya di Desa” yang menghadirkan Rektor USU, Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si. Dalam kata sambutannya Muryanto menyampaikan, “harapannya mahasiswa dapat mengabdikan dirinya untuk membantu permasalahan di desa”.

Kemudian pembekalan diisi dengan materi yang nantinya menjadi pedoman mahasiswa ketika berada di desa tujuan, bagaimana cara berperilaku, bagaimana mengidentifikasi permasalahan di desa serta memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan di desa tersebut.

Program KKNT ini direncanakan akan ada di tiap semester, dan diharapkan lebih banyak mahasiswa yang ikut andil untuk mensukseskan program ini.

Kemudian pembekalan dilanjutkan di hari senin dengan materi Etika Komunikasi dan Kolaborasi, Teknologi Informasi Dan Komunikasi, dan potensi wilayah yang mana memberikan informasi seputar output yang harus dikerjakan oleh mahasiswa ketika sudah kembali ke kampus USU dan meninggalkan desa tujuan.

Untuk desa serta kelompok tujuan KKNT 2022 diinformasikan secepatnya melalui LPPM dan panitia KKNT 2022.

Redaktur : Fitri Dian Jannah 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

UI/ UX Design Competition 2023, Simak Persyaratannya!

redaksi

Harapan dan Tantangan PEMA FISIP USU di Nakhoda Baru Mahogra – Rayner

redaksi

Adakan Kegiatan Kamisan, PEMA USU Bahas Kejanggalan Kematian “Golfrid” Sang Aktivis HAM dan Lingkungan

redaksi