SUARA USU
Opini

77 Tahun Merdeka, Apakah Indonesia Sudah Benar-Benar Merdeka?

Foto : suarasurabaya.net

Oleh : Valeshia Trevana

Suara USU, Medan. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia telah mendeklarasikan sebagai Negara yang merdeka. Kemerdekaan ini telah diakui secara de jure dan de facto oleh negara tetangga bahkan dunia. Namun, bila dikilas balik apakah Indonesia memang benar-benar sudah merdeka?

Indonesia sendiri merupakan negara yang menganut sistem demokrasi. Bagi negara yang menganut sistem demokrasi, kebebasan merupakan hal yang sangat penting. Kebebasan yang dimaksud adalah kebebasan mengemukakan pendapat dan kebebasan berekspresi di ranah publik.

Kebebasan ini juga didukung dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pada alinea ketiga yang disebutkan bahwa “atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”. Alinea ketiga ini menegaskan tentang hak kebebasan rakayat dalam kemerdekaan. Hak bangsa Indonesia. Hak rakyat Indonesia.

Selain di pembukaan UUD 1945, pasal 28 E ayat 3 juga menengaskan bahwa setiap rakayat Indonesia berhak bebas berserikat, berkumpul, dan mengemukakan pendapatnya.

Sangat disayangkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat untuk mengemukakan pendapatnya masih sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dalam survei mengenai kebebasan berpendapat yang diselenggarakan Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia pada 11-21 Februari 2022 menunjukkan hasil bahwa sebanyak 62.9% masyarakat Indonesia takut untuk mengemukakan pendapatnya walau hak mereka untuk berpendapat dilindungi oleh undang-undang.

Survei yang dipublikasikan hasilnya ini pada 3 Maret 2022 ditanggapi oleh Faldo Maldini, Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara. Faldo mengatakan bahwa pemerintah tidak dapat membungkam hak berpendapat masyarakat. Ia juga menambahkan bahwa pemerintah mendengar aspirasi masyarakat dalam menyusun kebijakan dan peraturan.

Lantas, mengapa masih banyak rakyat yang takut mengemukakan pendapat?

Apakah indonesia sudah benar-benar merdeka dari pembungkaman?

Redaktur : Lita Amalia

Related posts

Ketidakjelasan Pelaksanaan Kongres Mahasiswa USU

redaksi

Euforia dan Keluh Kesah Persiapan Natal Mahasiswa di USU

redaksi

(Masih) Menyoal tentang Miras, Melihat dari Sisi yang Berbeda

redaksi