SUARA USU
Kabar Kampus

Pengabdian Dosen Fasilkom-TI USU: Bantu Siswa MA Al-Azhar Asy-Syarif Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Reporter: Tiur Asria Tampubolon

Suara USU, Medan. Dosen Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan program pengabdian berupa pengembangan aplikasi simulasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Selasa, (19/09). Aplikasi ini berbasis e-learning adaptif yang sengaja dibuat untuk siswa Madrasah Aliyah (MA) Al-Azhar Asy-Syarif Sumatra Utara.

Program ini berangkat dari permasalahan yang dialami oleh MA Al-Azhar Asy-Syarif, mereka memiliki misi untuk menciptakan siswa yang mampu bersinergi, berprestasi, dan bersaing di tingkat nasional dan internasional. Salah satu langkah strategis dalam mencapai tujuan tersebut adalah mempersiapkan para siswa agar diterima di berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia maupun luar negeri.

Maka dari itu, MA Al-Azhar Asy-Syarif melakukan upaya dengan menyelenggarakan simulasi UTBK untuk para siswanya setiap minggu. Namun, pelaksanaannya masih dilakukan secara manual, sehingga menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Melihat itu, tim pengabdian dosen dengan dukungan beberapa mahasiswa Fasilkom-TI membangun sistem simulasi UTBK yang memungkinkan pelaksanaan dengan cepat, efektif, dan otomatis. Sistem ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti manajemen bank soal, pengaturan passing grade, pengaturan waktu ujian, pengaturan save exam browser, dan lainnya.

Program pengabdian ini sekaligus memberikan pelatihan kepada guru dan siswa MA Al-Azhar Asy-Syarif dalam penggunaan sistem yang baru. Hasil dari proyek ini  mendapatkan umpan balik positif dari para peserta pelatihan terutama para guru. Sistem yang dibangun dianggap sangat sesuai dengan kebutuhan sekolah sehingga memungkinkan pelaksanaan simulasi UTBK dengan lebih efisien.

Proyek yang dikerjakan berfokus untuk mengembangkan kolaborasi antara akademisi dan masyarakat agar dapat menciptakan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Diharapkan bahwa hasil positif dari proyek ini akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi MA Al-Azhar Asy-Syarif dalam mencapai tujuan akademik yang lebih tinggi.

“Harapannya bisa dimanfaatkan dengan baik aplikasi yang sudah dibangun itu dan berkesinambungan untuk kelas 3 yang akan datang,” ucap Pimpinan Tim Pengabdian Amalia.


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kolaborasi dengan KPI, PKKMB Hari Ketiga Akan Diisi dengan Gebyar Literasi Nasional

redaksi

Membangun Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Bazar ACTIVA 2023

redaksi

Mengusung 1 Paslon, Begini Pelaksanaan Pemira FKM USU

suarausu