SUARA USU
Kabar Kampus

Sosial Project PAIAS.ID Wakili USU Dalam YIC 2023

Reporter : Misuki Awanda/Nurseha

Suara USU, Medan. Paias.id berhasil memenangkan Juara 1 dalam bidang Sosial Project Youth Inspiraction Camp 2023 yang di laksanakan pada tanggal 18 Agustus s/d 20 agustus 2023 di adakan dibeberapa tempat yaitu Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta dan Villa Kebunsu, Bogor.

Paias.id merupakan sebuah social project yang menjawab tantangan pada SDGs terkhusus poin climate action. Paias.id bergerak pada isu lingkungan terutama dalam pengolahan sampah. Dengan visi berusaha menghadirkan local hero di wilayah untuk mengatasi masalah lingkungan. Filosofi Paias.id diambil dari budaya lokal, yaitu nasihat “Poda Na Lima” dalam suku Batak.

Paias.id bergerak di bawah bimbingan Beasiswa Etos Id. Tim Paias.id berasal dari gabungan beberapa program studi, diantaranya Egi Wahyu Purnomo sebagai leader yang berasal dari Teknik Kimia, Nabila Fahriani Pane dari Administrasi Bisnis, Misuki Awanda dari Fisika, Putri Fiddina Tanjung dari Psikologi, Asnil Mawaddah Siagian dari Teknik Lingkungan, Maulia Syahrina dari Kimia dan Akhmad Bukhori Pane dari  Sastra Indonesia.

Awal social project Paias.id dimulai dari Februari dengan pemetaan masalah dan perencanaan program. Selanjutnya program ini dijalankan mulai dari Maret hingga saat ini . Paias.id mengikuti kompetisi social project nasional yang diikuti oleh 16 kampus di Indonesia pada Agustus lalu.

Selain itu, Paias.id juga mempunyai prestasi lainnya di YIC 2023. Namun, lombanya bersifat individu, prestasi lainnya berupa lomba yg dimenangkan Etos Id seperti Juara Umum Wilayah, Juara 2 Microblog, Juara 3 Vlog Competition, Media Sosial Terbaik, Juara 2 Tenis Meja, Juara 1 Crazy Volleyball dan Juara 1 Futsal.

Paias.id memiliki keterkaitan dengan USU karena  gerakan Paias.id ini dipelopori oleh mahasiswa USU. Setiap agenda, pengenalan, serta kompetisi yang dibawakan oleh Paias.id, Paias.id selalu membawa nama Universitas Sumatera Utara dan pendanaan pulang juga di tanggung oleh USU sendiri.

Sebelum mencapai kemenangan tersebut ada beberapa tahapan yang dilalui, yaitu pembahasan dan evaluasi dan dilanjutkan dengan pembuatan pitch deck melalui data assestment, LFA, WBS, pohon masalah serta analisis stakeholder secara berkala.

Di akhir, Egi Wahyu selaku leader social project ini berharap agar keberhasilan luaran social project sesuai atau bahkan lebih dari apa yang diharapkan. Kemudian hal ini dapat dijadikan perhatian juga dari pihak kampus dan mahasiswa laim bahwa sebuah gerakan nonprofit selalu akan menumbukan investasi kebermanfaatan. Sehingga juga harapannya ini social project ini dapat terus meluas secara kebermanfaatan dan bermitra dengan stakeholder yang memiliki kepentingan dan kekuatan besar.

Redaktur : Tamara Natasya Lubis


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pengabdian Masyarakat PEMA FK USU Sukses Adakan Pengobatan Gratis

redaksi

Lembaga Penjamin Simpanan Adakan Run The City Medan 2024

redaksi

Polemik Reshuffle PEMA USU, Presma USU Angkat Bicara

redaksi