SUARA USU
Kabar Kampus

Penundaan Pemira BEM USU 2024 dari Juni ke Tahun Ajaran Baru 2024/2025

Reporter : Zalfaa Tirta/Lutfiah Amanda/ Jessika Laoly

Suara USU, Medan. Pemilihan Raya (Pemira) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) USU 2024 yang direncanakan oleh Masyarakat Mahasiswa (MASMA) Universitas Sumatera Utara (USU) tampaknya sedang memulai pergerakan ditandai dengan unggahan flyer di media instagram @bem.usu yang memberi isyarat hadirnya pemira 2024. Pemira merupakan salah satu hal yang dinanti, terlebih lagi pemira tahun lalu sempat tidak terlaksana. Ketua Umum BEM USU, Aziz Syahputra, saat diwawancarai pada April 2024 sempat secara sekilas mengatakan bahwa Pemira akan dilaksanakan paling lambat pada akhir Juni 2024, namun tetap kembali mengacu ke KPU. Kondisi tampaknya berubah setelah melakukan rapat koordinasi dan diskusi antara BEM Fakultas sekawasan. Target pelaksanaan Pemilihan Raya akan dilaksanakan setelah libur semester genap tepatnya pada tahun ajaran baru 2024/2025.

Dalam wawancara dengan Sekretaris Jenderal BEM USU, Emir Khaidar mengatakan bahwa per hari Jumat (31/5) belum ada fakultas yang mengirimkan delegasi untuk menjadi bagian dari Panitia Pelaksana (PanPel) ataupun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemira. “Proses pendelegasian panitia pelaksana Pemira dimulai tanggal 29 Mei hingga 14 Juni 2024. Namun, sejauh ini belum ada delegasi yang dikirimkan,” ujar Emir. Kondisi kekosongan anggota Panpel baik KPU saat ini belum termasuk kondisi yang darurat mengingat pembukaan pencalonan delegasi baru dibuka beberapa hari yang lalu.

Merujuk pernyataan Aziz sebelumnya, KPU seharusnya sudah terbentuk dua bulan sebelum pelaksanaan Pemira. Namun lagi-lagi terjadi perubahan setelah BEM Fakultas sekawasan menyepakati pembentukan KPU baru akan dimulai dalam beberapa minggu ke depan.

“Panitia pelaksana atau KPU belum terbentuk, tepatnya belum di-SK-kan, masih dalam tahap pendelegasian sampai tanggal 14 Juni 2024,” jelas Emir. Hal ini menunjukkan bahwa BEM USU dan pihak terkait harus lebih bekerja keras dan memperhatikan waktu lebih baik lagi untuk memastikan semua persiapan selesai tepat sesuai target dan terus menjaga komunikasi dan koordinasi dengan BEM Fakultas Sekawasan.

Disisi lain BEM USU juga harus memperhatikan kondisi BEM setiap fakultas karena Pemira akan dilangsungkan jika semua BEM fakultas telah melakukan regenerasi kepemimpinan. Sayangnya, sampai saat ini masih ada beberapa fakultas yang belum menyelesaikan proses regenerasi, termasuk Fakultas Hukum dan Fakultas Vokasi yang masih dalam prosesnya masing masing.

Selain itu, melihat kilas balik Pemira sebelumnya yang mengalami kerusakan dan adanya ego tendensius di internal KPU, sehingga KPU tidak sehat serta proses pembentukannya pun dilakukan secara terburu-buru dan tidak melalui tahap dialektis, mahasiswa berharap kejadian serupa tidak terulang kembali. Emir menyatakan bahwa untuk memastikan hal ini, BEM sekawasan telah sepakat untuk mengirimkan delegasi dari setiap fakultas agar semua fakultas dapat terlibat dan berpartisipasi dalam Panitia Pelaksana Pemira.

Redaktur : Grace Pandora Sitorus


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mencerdaskan dan Mensejahterakan Kehidupan Bangsa Bersama Gerakan Mengajar Di Desa!

redaksi

YouTuber Fiki Naki Akan Hadir Meriahkan PKKMB USU 2023!

redaksi

Menuju Kongres Mahasiswa, PEMA Interim Adakan Uji Publik Draft

redaksi