SUARA USU
Kabar Kampus

Peringati Hari Pers Nasional, Workshop Literasi Digital Sukses Dilaksanakan!

Repoter: Anna Fauziah Pane/Tamara Ceria Sario

Suara USU, Medan. Memperingati Hari Pers Nasional pada 9 Februari mendatang, Sumatera Utara mendapat kesempatan menjadi tuan rumah pada perayaan HPN 2023. Rangkaian kegiatan telah dikonfirmasi akan diisi dengan berbagai kegiatan. Salah satunya ialah Workshop Literasi Digital: Media Sosial & Enterpreneurship untuk Generasi Milenial yang bertempat di Aula FISIP USU pada Selasa, (07/02).

Dibuka oleh kata sambutan Usman Kansong, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, ia menyampaikan bahwa ada 4 pilar literasi digital yang dibangun KOMINFO, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital. Keempat pilar ini yang kemudian harus diperhatikan pengguna media sebagai landasan di dunia maya.

Workshop ini menghadirkan narasumber-narasumber ahli di bidang pers, di antaranya Ahmed Kurnia yang merupakan Instruktur Sekolah Jurnalisme Indonesia. Dalam pemaparannya, ia manyampaikan materi Dinamika Media Sosial dan Enterpreneurship di Kalangan Generasi Milenial dan Zilenial, Peluang dan Tantangan.

“Seiring perkembangan zaman yang selaras dengan kemajuan media sosial dan enterpreneurship, kita harus melihat perubahan itu sebagai peluang bukan tantangan. Untuk itu, jadilah bagian dari solusi bukan masalah. Kalau tidak bisa memberdayakan orang lain, mulailah dari diri sendiri,” ucap Ahmed.

Narasumber kedua datang dari Ketua Program Studi Komunikasi, Mazdalifah, Ph. D yang mengangkat materi “Pentingkah Literasi Media Digital?”.

“Kita tidak bisa hidup tanpa media, kita tidak akan dikatakan pintar bermedia, kalau tidak bisa memilih dan memilah informasi yang ada” ungkap Mazdalifah.

Dalam closing statementnya, ketua program studi S-1 ilmu komunikasi ini mengungkapkan bahwa, “media mempunyai dua sisi layaknya pisau bermata dua, punya sisi baik dan buruk. Kita sebagai insan yang memanfaatkan media sosial harus memaksimalkan yang positif dan menginspirasi buat diri sendiri, masyarakat, dan juga bangsa”.

Pintar Bermedia, Saring Sebelum Sharing!

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Gelar Seleksi Panitia, KEMENDAGRI PEMA USU Perjuangkan PKKMB Offline

redaksi

BP2M Baiturrahmah FEB USU adakan Silaturahmi Mahasiswa Baru Secara Virtual

redaksi

Terpilih Jadi Ketua Baru IMIP USU, Ini Target Utama Christoper

redaksi