SUARA USU
Kabar Kampus

Program Magang Bersertifikat Mitra USU Akan Dibuka, Peluang Berharga bagi Mahasiswa

Oleh: Jesika Yusnita Laoly

Pada tanggal 17 Februari 2024 mendatang, Universitas Sumatera Utara (USU) akan membuka pendaftaran untuk Program Magang Bersertifikat Mitra USU. Program ini merupakan kolaborasi antara USU dengan berbagai mitra, termasuk perusahaan, yayasan nirlaba, organisasi multilateral, institusi pemerintah, dan perusahaan rintisan (startup). Magang ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktik kerja yang berharga serta mengembangkan keterampilan baik hard skills maupun soft skills.

Salah satu mahasiswa, David Christoper, Program Studi Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, berbagi pengalamannya selama menjalani proses magang bersertifikat mitra USU. Menurutnya, pengalaman yang paling berharga adalah kesempatan untuk merasakan atmosfer kerja sebenarnya dan menghadapi tekanan pekerjaan, serta memahami bagaimana sebuah perusahaan startup beroperasi dalam menangani isu lingkungan dan pengolahan limbah.

Selama magang, penilaian dan evaluasi kinerja dilakukan secara efisien tanpa memberatkan mahasiswa dengan tugas atau laporan yang berlebihan. Christoper juga merasa mendapat dukungan yang memadai dari mentor atau staf senior, meskipun ada beberapa kekurangan seperti pemberian tugas di luar job desc dan kurangnya kehadiran mentor karena urusan di luar kota.

Magang tersebut juga memberikan persiapan yang baik bagi Christoper untuk karir di bidang terkait, terutama karena ia terlibat dalam divisi partnership dan mendapat pengalaman yang berharga dalam dinamika perusahaan dan humas.

“Magang mitra USU kemarin cukup menjadi bekal aku untuk mempersiapkan karir pekerjaan kedepannya. Untuk magang kemarin aku terpilih untuk mengisi divisi partnership. Dari divisi ini, aku bisa tau bagaimana dinamika dari suatu perusahaan mengajak perusahaan lain untuk bermitra atau kerjasama. Selain itu, divisi aku kemarin juga mirip-mirip seperti divisi humas gitu. Jadi, dengan berbagai pengalaman yang ada selama magang kemarin aku rasa sangat memberikan dampak yang baik bagi aku untuk karir ke depannya terlebih lagi untuk divisi-divisi pekerjaan dibidang partnership atau humas itu sendiri,” ungkapnya.

Untuk para mahasiswa yang tertarik mengikuti program ini, Christoper memberikan tips dan trik selama proses pendaftaran dan selama menjalani proses magang yaitu mempersiapkan segala berkas persyaratan dengan baik, serta mencari informasi tentang perusahaan mitra untuk memastikan kesesuaian minat dan kenyamanan selama magang.

“Untuk tips and trik selama proses pendaftaran yang jelas siapin dulu segala berkas-berkas yang jadi persyaratan untuk daftar magang mitra USU. Terus, cari tau dulu tentang perusahaan-perusahaan apa aja yang mau di daftar. Soalnya untuk program magang mitra USU  ini cuma bisa mendaftar di satu perusahaan aja, jadi lebih baik cari tahu dulu tentang perusahaannya, biar nanti ketika udah keterima dan melaksanakan magangnya sudah punya bayangan mengenai perusahaan itu dan bisa lebih nyaman juga magangnya nanti. Intinya biar kalian gak ada perasaan salah milih tempat magang gitu,” jelas Christoper.

Dengan demikian, Program Magang Bersertifikat Mitra USU merupakan program yang memberikan peluang berharga bagi mahasiswa untuk memperluas pengalaman dan mempersiapkan diri untuk karir di dunia kerja. Program ini juga dapat menjadi wadah buat teman-teman untuk semakin berkembang dan mengasah keterampilan yang kalian miliki.

Jadi, buat sobat Suara USU yang tertarik untuk ikut serta dalam program magang jangan sampai lupa daftarkan diri kamu di tanggal 17 Februari 2024, dan pantengin terus website resmi mbkm.usu.ac.id untuk informasi lebih lanjut.

Redaktur: Yuni Hikmah

Related posts

WR I Akan Abadikan Nama Mahasiswa Baru Fakultas Kehutanan USU 2022 dalam Prasasti

redaksi

HIPMI PT USU PEDULI Adakan Open Donasi untuk Anak-anak Panti Asuhan Mutiara Mulia

redaksi

ISMKMI Goes To Campus: Cara ISMKMI Gandeng PEMA Fakultas

redaksi