SUARA USU
Film

Raih Popularitas Netflix Tertinggi Sepanjang Sejarah Dunia, Red Notice Berhasil Curi Perhatian Publik

Oleh: Juwita Pobian Lubis

Suara USU, Medan. Film Red Notice menjadi salah film bergenre action komedi yang sedang viral di Indonesia. Film ini disutradarai dan ditulis skenarionya oleh Rawson Marshall Thurber yang terkenal lewat film-film komedi seperti DodgeBall: A True Underdog Story, We’re the Millers, Central Intelligence, juga film laga Skyscraper, dua film terakhir juga dibintangi oleh Dwayne Johnson. Film ini diproduksi oleh Universal Picture dengan durasi mencapai 118 menit. Diprediksi biaya produksi film ini mecapai US$200JT dan disebut-sebut sebagai film original Netflix termahal.

Di awal film, diceritakan kisah sejarah tentang Cleopatra yang mendapatkan hadiah pernikahan tiga telur bertabur berlian dari suaminya, Marc Antony. Telur-telur tersebut terpisah, dan keberadaannya ada yang misterius alias tak terlacak. Sampai ditemukan kembali oleh seorang petani pada tahun 1907. Sementara dua telur ditemukan, yang ketiga tetap hilang. Pada tahun 2021, Agen Khusus John Hartley (Johnson), seorang profiler kriminal untuk FBI ditugaskan untuk membantu agen Interpol Urvashi Das (Arya) dalam menyelidiki pencurian salah satu telur yang dipajang di Museo Nazionale di Castel Sant’Angelo di Roma.

Suatu hari, Hartley dan Booth dipertemukan dengan Sarah Black (Gal Gadot) yang menawarkan kerja sama tim untuk mencuri telur kedua. Ia juga mengincar peninggalan Cleopatra dan telah mengambil yang pertamanya dengan menjebak Hartley sebagai pelaku. Alih-alih, misi yang dijalankan Hartley itu gagal total. Ia justru dijebak oleh Sarah agar terlihat seperti orang yang melakukan kejahatan hingga diberi status red notice.

Istilah red notice merupakan sebuah peringatan yang dikeluarkan Interpol untuk menangkap buronan yang biasanya melakukan tindakan kriminal luar biasa.

Yang menarik bagi netizen Indonesia, beberapa scene dalam film Red Notice ini menampilkan nama Bali dan Indonesia. Di cuplikan film Red Notice, terlihat adegan Dwayne Johnson memasuki mobil polisi Indonesia lengkap dengan stiker Korps Brimob di bagian belakangnya.

Nampak pula mobil tersebut bertuliskan ‘polisi’ bukan ‘police’. Latar belakang mobil tersebut seperti diambil di tengah kebun dengan pepohonan pisang. Film tersebut sangat menarik karena ceritanya seperti keliling dunia hingga ke Bali, padahal hanya syuting di Studio. Dalam scene juga menampilkan kota-kota Eropa dan Indonesia. Termasuk sebuah villa bernuansa Bali. Namun, itu hanya menggunakan efek visual saja.

Red Notice menceritakan para karakter utamanya melakukan perjalanan ke luar negeri, mulai dari Roma, Bali, Spanyol, hingga Rusia. Hal tersebut menjadi daya tarik bagi penonton dan menimbulkan rasa penasaran terutama akan setting film tersebut.

Film ini dirilis pada 12 November di Netflix. Di hari perdana penayangan, film ini langsung mencetak rekor di layanan streaming Netflix. Red Notice menjadi film Netflix dengan penayangan terbesar di sepanjang sejarah dunia dan meraih popularitas tinggi.

Redaktur : Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

M3GAN, Kisah Horror Boneka Teror

redaksi

Elemental: Forces of Nature, Apakah Api dan Air Bisa Saling Bersama?

redaksi

Sleep Call, Mengangkat Isu Sosial dan Mental Health

redaksi