Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Selama Kuliah Daring dari Rumah, Apa saja sih yang dirindukan Mahasiswa di Kampus USU?

Penulis : Yulia Putri Hadi

SUARA USU, MEDAN. Universitas Sumatera Utara (USU) menerapkan kuliah daring hingga akhir semester genap, yang artinya mahasiswa akan masuk kampus pada semester depan di tahun ajaran baru. Saat ini, berbagai macam aktivitas yang biasa dilakukan di kampus tidak berjalan lagi seperti biasanya, semua dialihkan ke sistem online. Berbulan-bulan kuliah daring dari rumah tentu saja membuat banyak hal di kampus yang dirindukan oleh mahasiswa. Apa sajakah? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Ruang Kelas
Duduk dan belajar beramai-ramai di ruang kelas lebih mengasyikkan ketimbang melalui daring yang semuanya serba terbatas. Di ruang kelas, para mahasiswa bisa berdiskusi dan mengobrol secara langsung. Bercanda tawa bersama sahabat sembari menunggu dosen, telat masuk kelas, titip absen, hingga ketiduran di kelas merupakan momen yang tidak dapat dirasakan dalam perkuliahan daring.

2. Kerja Kelompok Bersama Teman
Pekerjaan seberat apapun akan terasa lebih ringan bila dikerjakan bersama, seperti itulah tugas. Selama perkuliahan daring, tugas-tugas semakin banyak namun semuanya harus dikerjakan secara individu (sendirian). Kalaupun ada tugas kelompok, maka hanya bisa didiskusikan lewat media sosial. Para mahasiswa tidak bisa merasakan berkumpul bersama teman-teman untuk mengerjakan tugas. Meskipun kadang-kadang ketika kerja kelompok hanya satu yang mengerjakan dan yang lainnya hanya ikut meramaikan, namun rasanya asyik bila bersama.

3. Perpustakaan
Perpustakaan adalah tempat yang dikunjungi mahasiswa ketika hendak meminjam atau membaca buku. Suasana dingin dan hening perpustakaan pun membuat pikiran lancar untuk mengerjakan tugas. Tak hanya itu, banyak juga mahasiswa yang berkunjung ke sana untuk sekadar duduk-duduk di halaman perpustakaan, menikmati pemandangan di sekitar kolam sambil menyantap jajanan yang dijual di sekitar perpustakaan, salah satunya yaitu es krim harga lima ribuan yang mungkin semua mahasiswa USU sudah pernah mencobanya. Tidak heran rasanya jika perpustakaan menjadi tempat yang dirindukan mahasiswa.

4. Makan di Kantin Kampus
Beragam makanan yang dijual di kantin kampus dengan harga yang relatif murah menjadi andalan mahasiswa untuk mengganjal perut. Selain itu, kantin kampus juga menjadi tempat paling asyik untuk nongkrong di saat jam kosong, rasanya tidak bosan berada lama-lama di kantin untuk bercanda bersama teman-teman.

5. Kegiatan Organisasi atau UKM
Organisasi atau UKM sudah seperti rumah kedua bagi sebagian besar mahasiswa. Di dalamnya, kita dapat mengeksplor diri dan belajar banyak hal yang tidak kita dapatkan di kelas. Di sini juga kita menemukan teman-teman dari berbagai jurusan dan fakultas yang berbeda yang kemudian menjadi seperti keluarga karena seringnya menghabiskan waktu melakukan kegiatan bersama. Berkumpul di sekretariat organisasi atau UKM seperti melaksanakan rapat atau kegiatan lainnya hingga sore atau bahkan malam hari menjadi hal yang dirindukan. Selama masa kuliah daring, semua kegiatan organisasi atau UKM dilakukan secara online, seperti rapat online melalui Zoom atau WhatsApp.

6. Naik Linus
Lintas USU (Linus) adalah transportasi andalan mahasiswa di lingkungan kampus, bus ini mengelilingi USU lewat pintu 1 dan 4. Linus sangat berjasa bagi kantong mahasiswa, karena tak perlu membayar transportasi lain, terutama bagi mereka yang tidak membawa kendaraan ke kampus. Oleh karena itu, Linus sangat ditunggu-tunggu kehadirannya, beramai-ramai para mahasiswa menunggu bus yang lewat setiap sekitar 15 menit ini di halte-halte fakultas, hingga tak jarang ada yang tertinggal karena tidak muat. Terkadang ada juga yang berlari-lari mengejar Linus yang telah berhenti di halte karena hampir ketinggalan. Ternyata, berdesak-desakan di dalam Linus juga menjadi hal yang dirindukan loh!

7. Danusan, Dari Jualan hingga Ngamen
Danusan yaitu mencari dana untuk mengadakan sebuah kegiatan. Para mahasiswa biasanya mencari dana dengan berjualan apa saja yang penting halal dengan berkeliling di fakultas atau membuka stand di birek, yang terkadang malah menyebabkan uang saku habis karena membeli jualan sendiri. Selain itu, kegiatan lain yang sering dilakukan ketika danus adalah ngamen bersama-sama di tempat-tempat ramai di sekitar kampus. Para mahasiswa kuda-kuda (kuliah danus-kuliah danus) pasti merindukan momen danusan.

8. Taiso, Jajanan andalan Danus
Berbicara danus, maka akan langsung teringat dengan taiso yang merupakan jajanan andalan danus hampir di setiap fakultas. Para mahasiswa USU pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya taiso alias tahu isi bakso. Karena terbiasa menyantapnya setiap hari, saat ini para mahasiswapun merindukan kelezatan taiso.

9. Seseorang yang Istimewa
Sebagian mahasiswa mungkin memiliki seseorang istimewa yang menjadi penyemangat hari-hari di kampus, bisa itu berupa gebetan, pacar maupun sebatas teman. Berbulan-bulan tidak bertemu pasti rasanya rindu. Terlebih lagi bagi mahasiswa perantauan yang kembali ke kampung sehingga terpisahkan oleh jarak yang sangat jauh dengan si dia.

Nah, itu dia beberapa hal dan aktivitas yang dirindukan para mahasiswa di kampus tercinta selama kuliah jarak jauh. Apakah yang kamu rindukan juga ada di atas? Ataukah ada hal lainnya?

Redaktur Tulisan: Melisa Rinarki Harahap

Related posts

Mulai 2 Juni, USU Berlakukan Pembatasan Kegiatan

redaksi

UKM DBI USU Beri Pelatihan Speak Up Communication

suarausu

Kupas Tuntas Jurusan Sastra Indonesia, Jurusannya Para Pujangga!

redaksi