SUARA USU
Musik

Self Healing Lewat Lagu Indie

Penulis: Grace Angel

Suara USU, Medan. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menyembuhkan dirinya dari segala rasa penat. Mulai dari bermain game, nongkrong, membaca buku, dan lain sebagainya. Musik seringkali menjadi coping yang banyak dipilih karena liriknya memberikan penguatan dan semangat. Dalam musik kita bebas mengartikan makna lagu sesuai interpretasi masing-masing.

Berikut rekomendasi lagu Indie yang bisa kamu dengar sebagai energizer dalam menjalani masalah hidup yang tak ada habisnya.

1. Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti – Banda Neira

“Yang patah tumbuh, yang hilang berganti”

“Yang hancur lebur akan terobati”

“Yang sia-sia akan jadi makna”

“Yang pernah jatuh ‘kan berdiri lagi”

Lagu yang dibawakan oleh Banda Neira ini mengajak para pendengar untuk tetap semangat dan tidak menyerah. Liriknya mengajarkan kita bahwa setiap masalah dalam hidup memiliki jalan keluarnya dan hikmahnya.

2. Evaluasi – Hindia

“Masalah yang mengeruh”

“Perasaan yang rapuh”

“Ini belum separuhnya”

“Biasa saja, kamu tak apa”

Lagu evaluasi menjadi top nomor satu yang paling banyak didengar dari semua lagu yang dirilis oleh Baskara Putra. Lagu ini sempat viral karena liriknya yang memberikan semangat pantang menyerah bagi pendengarnya. Liriknya mengajarkan kita untuk tetap survive terhadap masalah hidup dan mengajak kita untuk mengevaluasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Semoga Ya – Nosstress

“Semoga ya hari ini lebih baik dari hari kemarin

Yang lewat begitu saja tanpa lakukan apa-apa”

Lagu semoga ya berisikan tentang sebuah harapan agar apa yang sedang kita jalani saat ini dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hari-hari yang sudah terlewat dengan segala kesia-siaan agar menjadi pelajaran dalam menjalani hari yang akan datang.

4. Sulung – Kunto Aji

“Cukupkanlah, Ikatanmu

Relakanlah yang tak seharusnya untukmu”

“Yang sebaiknya kau jaga adalah dirimu sendiri”

Lagu ini berdurasi 1.54 menit dengan yang berulang ulang dinyanyikan. Lagu ini diciptakan untuk anak sulung yang memiliki beban dan tanggung jawab terhadap harapan orang tua dan keluarga. Liriknya sangat sederhana namun mengajarkan kita untuk merelakan hal-hal yang mungkin bukan ditakdirkan untuk kita dan juga kita diingatkan untuk tetap mengutamakan diri sendiri.

5. Diatas Meja – Payung Teduh

“Mengapa takut pada lara?

Sementara semua rasa bisa kita cipta”

Lagu ini bercerita tentang rasa perselisihan diatas meja yang membuat seseorang pasangan rindu terhadap kekasihnya. Dalam reff kita ajak untuk tidak perlu takut terhadap hal-hal yang mungkin belum terjadi karena kita sendiri yang menciptakan kebahagiaan. Kita menjadi sosok pemegang kendali dalam setiap rasa dan emosi yang kita alami.

6. Sementara – Float

“Percayalah hati, lebih dari ini

Pernah kita lalui”

Lagu ini bermakna bahwa segala perasaan lara, rindu, kesedihan yang kini dirasa sangat berat dahulu sudah pernah terlalui. Lagu ini juga mengingatkan kita bahwa segala lara tadi hanya sementara dan kita harus bersabar menunggu waktu agar semuanya kembali mereda.

Nah segitu dulu rekomendasi lagu indie yang bisa kamu dengar sobat. Jangan lupa untuk temukan self healing versi kamu ya!

Redaktur: Taty Kristina


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Menyelami Harapan Dan Tetap Bertahan Melalui Lagu Teramini

redaksi

Kolaborasi Yovie Widianto dan Lyodra-Tiara Andini-Ziva Magnolia Lewat Lagu Menyesal

redaksi

Deep December, Perpisahan dan Patah Hati di Bulan Desember

redaksi