SUARA USU
Musik

Slow Down, Reminder dari Pamungkas Untuk Jalani Hidup dengan Perlahan

Oleh: Indah Sri Rezeki

Suara USU, Medan.Tone it down. Overcome. Slow it Down.” Pamungkas – Slow Down.

Slow Down merupakan track ke-11 dalam album debut Pamungkas, Walk The Talk, yang dirilis pada tahun 2018 lalu. Jika kalian pernah mendengar lagunya yang berjudul “Sorry”, “One Only”, dan “I Love You But I’m Letting Go”, lagu “Slow Down” ini merupakan lagu yang dirilis di album yang sama dengan lagu-lagu tersebut. Namun, lagu ini kurang akrab di telinga para penikmat musik. Nah, sebenarnya apa sih makna lagu Slow Down ini? Yuk! Langsung saja kita interpretasikan liriknya.

Life is cruel

And it’s so unfair

That’s the way it tells you

To slow down

Slow down

So, slow down

Penggalan lirik lagu tersebut merupakan bagian dari chorus 1 dalam lagu Slow Down ini. Jika diinterpretasikan, lirik tersebut memiliki makna bahwa kejamnya kehidupan dengan segala problema yang ada. Ketidakadilan yang terjadi merupakan cara bagaimana hidup memberitahu kita untuk menjalaninya dengan tetap tenang dan perlahan.

When your heart is weak

And it feels so heavy

You know its time to let things

Slow down

Give a little space, give a little time

Take a little break

Breath and slow down

Berikutnya adalah penggalan lirik lagu dari chorus 2. Pada bagian ini, liriknya seolah memberikan kita reminder bahwa ketika sedang merasakan kehidupan yang begitu berat dan hati yang begitu lelah, disitulah saatnya kita perlu istirahat dengan memberikan sedikit jarak, waktu, serta nafas untuk menjalaninya secara perlahan dan membiarkan kehidupan berjalan sesuai alurnya.

Make no rush, have no hustle

Ease your pace, sit back

Slow down

Give a little space, give a little time

Take a little break, slow everything down”

Lirik di atas merupakan penggalan lirik lagu dari chorus 3 dalam lagu ini. Sekali lagi, lirik yang ditulis oleh Pamungkas ini memberikan kita reminder bahwa janganlah terburu-buru, tidak perlu cepat-cepat, ringankan langkah dan duduklah sembari memberikan jarak dan waktu untuk istirahat.

Lagu ini juga menyiratkan bahwa hidup memang tidak selalu senang dan bahagia, tentu akan dan selalu ada masa-masa berat yang kita lalui. Akan tetapi, cobalah untuk melaluinya dengan tenang dan perlahan. Hidup bukanlah perlombaan. Siapa yang tercepat bukan berarti ia pemenang dan siapa yang lambat bukan berarti ia gagal dan kalah.

Alunan musik yang terkesan lambat di awal senada dengan judul lagu. Seolah menguatkan makna lagu agar kita lebih santai dalam menjalani hidup. Ketika memasuki bagian reff hingga akhir lagu, alunan musiknya cukup emosional dan memberikan energi tersendiri. Jika diinterpretasikan, lagu ini mengajak kita untuk hidup tenang, santai dan slow down. Tetapi tetap optimis dan bersemangat dalam menjalani hidup.

Nah, untuk kamu yang sedang relate dengan lagu ini atau kamu yang sedang membutuhkan asupan energi baru di tengah hiruk pikuk problema dan segala warna di dalamnya, lagu Slow Down ini cocok kamu tambahkan ke dalam playlist loh!. Selamat mendengarkan~

Redaktur: Elnada Nadhira Saleh


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Lagu Vienna Karya Billy Joel, Berikan Pesan untuk Si Ambisius

redaksi

Memaknai Kerinduan dalam Sepi Lewat Lagu Tentang Rindu

redaksi

Untitled, Untuk Kamu yang Sedang Unhappy

redaksi