SUARA USU
Uncategorized

Strategi Promosi UMKM Medan Parcel: Bisnis Parcel Homemade yang Mendapatkan Omset Hingga Ratusan Juta

Penulis: Azrai Yusri / Andriani Safirah / Alda Dita Khairani / Nur Asia Aji Siambaton / Rahmatika Pertiwi / Yohanes Manao / Valiando Ibnu

Suara USU, Medan. UMKM merupakan usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Banyaknya jenis UMKM tidak dapat dipungkiri seiring berkembang pesatnya di era globalisasi sekarang. Setiap orang membuat usaha untuk dipasarkan ke konsumen.

Tidak terkecuali medan parcel yang mengembangkan usahanya di bidang jasa dan mempromosikannya di media sosial terkhusus Instagram Usaha parcel termasuk yang memiliki peminat yang banyak pada hari Raya Idul Fitri sebagai buah tangan untuk diberikan kepada saudara yang dikunjungi bersilaturahmi. Bukan hanya lebaran saja, parcel sangat laris untuk hari-hari tertentu. Manusia yang serba praktis untuk melakukan sesuatu merasa terbantu dengan adanya usaha jasa parcel yang memudahkan tanpa repot membuat sendiri.

Medan parcel adalah salah satu perusahaan jasa yang didirikan pada tahun 2011 oleh Siti Hawa Sujadi, empat tahun belakangan ini Medan Parcel telah menjadi kepercayaan banyak konsumennya untuk menyediakan parcel lebaran yang mereka inginkan. Awalnya owner dari Medan Parcel ini memulai usaha berawal dari pamannya yang mempunyai usaha, dan pada waktu lebaran owner membuat parcel untuk karyawan pamannya. Setelah itu owner memiliki ide untuk membisniskan jasanya tersebut. Tidak berselang lama tetangga owner membeli parcel. Semenjak dari itu membuat Instagram dengan beberapa penggantian nama usaha, dan yang paling cocok yaitu Medan Parcel.

Medan Parcel berada di Jl. Purwosari, Kec Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara. Jenis parcel yang dijual sangat beragam yang berkisar antara 100.000 – 1.000.000. Tidak hanya itu saja parcel medan menerima custome parcel, tetapi harus dipesan jauh hari. Jika pemesanan H-1 maka pihak Medan Parcel tidak menerima custome yang diminta pelanggan, melainkan mengirim parcel yang pada umumnya. Meskipun usaha skala kecil, tetap saja usaha tersebut membutuhkan suatu sistem yang tepat untuk melakukan strategi promosi.

Medan Parcel harus dapat merancang strategi promosi yang tepat dalam mencapai tujuan perusahaan, salah satu tujuan perusahaan adalah dapat menarik minat konsumen untuk menggunakan jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, untuk menarik perhatian konsumen melakukan pembelian maka harus bisa menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi.

Berdasarkan data yang diberikan, dapat ditarik beberapa analisis terkait dengan bisnis Medan Parcel. Pertama, perubahan nama bisnis yang dilakukan empat bulan belakangan ini tampaknya telah memberikan dampak positif terhadap kemajuan bisnis tersebut. Meskipun gagal membuat akun Instagram berkali-kali sebelumnya, setelah mengganti nama bisnis, performa bisnis tampak meningkat. Hal ini menunjukkan pentingnya memilih nama yang sesuai dan menarik untuk membangun citra bisnis yang kuat. Nama bisnis yang menarik dapat menarik minat calon konsumen dan membantu dalam membangun brand awareness.

Perubahan nama bisnis juga dapat membantu mengubah persepsi konsumen terhadap bisnis tersebut. Jika bisnis sebelumnya menghadapi kendala atau masalah tertentu yang mungkin dikenal oleh konsumen, mengganti nama bisnis dapat memberikan kesan segar dan kesempatan baru bagi bisnis untuk memperbaiki reputasi dan memberikan pengalaman positif kepada konsumen. Dalam hal ini, analisis data menunjukkan bahwa penggantian nama bisnis menjadi faktor yang berperan dalam perbaikan bisnis Medan Parcel dan dapat dijadikan pembelajaran bagi bisnis lain dalam membangun identitas yang kuat dan positif.

Kedua, strategi promosi yang dilakukan melalui media sosial Instagram dan metode promosi mulut ke mulut juga terbukti efektif. Media sosial Instagram memberikan akses yang luas kepada konsumen potensial, sementara promosi melalui mulut ke mulut memanfaatkan kekuatan rekomendasi dari pelanggan yang puas.

Strategi promosi yang dilakukan oleh Medan Parcel melalui media sosial Instagram dan metode promosi mulut ke mulut terbukti efektif dalam menjangkau konsumen potensial. Media sosial Instagram memberikan akses yang luas dan dapat menjangkau target pasar dengan cepat. Melalui postingan di Instagram, Medan Parcel dapat memperkenalkan produk dan menarik minat konsumen potensial dengan konten yang menarik dan visual yang menarik.

Selain itu, strategi promosi melalui metode mulut ke mulut juga terbukti efektif dalam membangun kepercayaan dan meningkatkan kepuasan konsumen. Rekomendasi dari pelanggan yang puas memiliki kekuatan yang besar dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan memberikan pengalaman positif kepada pelanggan, Medan Parcel dapat membangun basis pelanggan yang setia dan mendapatkan rekomendasi yang positif dari mereka, sehingga memperluas jangkauan promosi dan memperoleh konsumen potensial baru.

Ketiga, keunggulan yang menarik konsumen adalah harga yang murah dan kualitas produk yang baik. Harga yang terjangkau memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen, terutama dalam situasi ekonomi yang sulit. Selain itu, kualitas produk yang baik juga menjadi faktor penting dalam menarik dan mempertahankan konsumen. Namun, terdapat beberapa hambatan yang dihadapi selama penjualan, seperti penipuan dengan bukti transfer yang salah dan kesulitan dalam mencari barang. Untuk mengatasi masalah ini, bisnis perlu meningkatkan sistem keamanan pembayaran dan memperbaiki manajemen rantai pasok untuk memastikan ketersediaan stok barang yang memadai.

Dalam strategi promosi ke depannya, rencana untuk melakukan endorsement oleh selebgram dapat menjadi langkah yang sangat menguntungkan bagi bisnis Medan Parcel. Endorsement oleh selebgram atau influencer populer dapat memberikan eksposure yang luas kepada jutaan pengikut mereka. Ketika selebgram merekomendasikan produk atau layanan Medan Parcel kepada pengikut mereka, hal ini dapat menciptakan kepercayaan dan ketertarikan dari calon konsumen. Konsumen cenderung percaya pada rekomendasi selebgram yang mereka ikuti dan dapat terdorong untuk mencoba produk atau layanan yang direkomendasikan.

Artikel ini adalah publikasi tugas mata kuliah Marketing Management dengan Dosen Pengampu: Onan Marakali Siregar, S.Sos., M.Si / Ummi Salamah Sitorus, S.AB., M.M.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pelatihan Ecoprint dalam Literasi dan Adaptasi Perubahan Iklim yang Ekslusif di Rumah Publik Terpadu YAFSI

redaksi

Seminar Dampak Narkoba Dapat Menyebabkan Gangguan Mental di Pusat Rehabilitasi Narkoba Yayasan IPWL Nazar

redaksi

Pengaruh Media Sosial terhadap Penerapan Nilai-nilai Pancasila di Kalangan Remaja

redaksi