SUARA USU
Uncategorized

Tingkatkan Kesiapsiagaan, Mahasiswa FKM USU Adakan Sosialisasi tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi di SMP Harapan Tiga

Oleh: Citra Cornelia

Suara USU, Medan. Pada Senin (27/05), kelompok mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara stambuk 2022 mengadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi di SMP Harapan 3, tepatnya di Jalan Karya Wisata Ujung No.31. Kegiatan ini merupakan bagian dari project based learning untuk mata kuliah Manajemen Bencana. Dengan mengusung tema “Pahlawan Mitigasi Gempa Bumi: Peran Remaja dalam Melindungi Diri dan Orang Lain”, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa/siswi SMP terhadap mitigasi bencana gempa bumi.

Kegiatan berlangsung selama 2 jam, dimulai dari pukul 08.30 WIB – 10.30 WIB. Siswa/siswi SMP yang bergabung merupakan anggota OSIS berjumlah 25 orang. Awal acara dibuka dengan sapaan hangat oleh MC, lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari perwakilan guru SMP Harapan Tiga, yakni Bapak Razali dan Ketua Kelompok, Gina Ayu.

Selama sosialisasi, Mahasiswi FKM USU bertugas untuk memberikan edukasi melalui penyajian materi secara interaktif dan menyenangkan. Namun, sebelumnya siswa/siswi akan diberikan kesempatan untuk melakukan pretest untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan mereka terkait mitigasi bencana gempa bumi. Selain itu, agar membuat suasana semakin seru, siswa diajak bermain bersama melalui sesi games berhadiah.

Kemudian, diakhir kegiatan siswa/siswi kembali diberikan posttest untuk mengetahui peningkatan pengetahuan setelah menyimak dan mengikuti rangkaian kegiatan sosialisasi. Dari evaluasi tersebut, dapat dilihat perbedaan signifikan dimana siswa/siswi SMP menjadi lebih paham tentang segala hal yang berkaitan dengan mitigasi bencana gempa bumi. Melalui pendekatan sosialisasi, edukasi, dan bermain bersama, setiap pesan penting tentang mitigasi gempa bumi dapat dipahami dengan baik. Pendekatan ini tidak hanya membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, tetapi juga memastikan bahwa siswa siap menjadi pahlawan mitigasi remaja yang mampu melindungi diri sendiri dan orang lain.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi dokumentasi yang mengabadikan momen selama sosialisasi berlangsung. Selain itu, hadiah-hadiah menarik diberikan kepada siswa/siswi SMP Harapan Tiga yang telah berpartisipasi aktif, sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme dan keterlibatan mereka. Tak lupa, penyediaan konsumsi bagi seluruh peserta juga menjadi bagian penutup kegiatan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa/siswi SMP tentang risiko gempa bumi dan pentingnya memiliki pengetahuan terkait mitigasi serta kesiapsiagaan dalam menghadapinya. Dengan pengetahuan yang lebih baik, mereka dapat mengenali tanda-tanda gempa bumi dan tahu bagaimana cara bertindak tepat selama dan setelah bencana gempa.

Artikel ini adalah publikasi tugas Mata Kuliah Manajemen Bencana dengan Dosen Pengampu Fadilah Aini, SKM, M.Kes.

Redaktur: Duwi Cahya


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mahasiswa Kesejahteraan Sosial USU Melatih Fokus dan Kesabaran Anak Autisme Dengan ADHD

redaksi

Gotong Royong: Fondasi Keharmonisan dan Kemakmuran Bangsa

redaksi

Penerapan Green Marketing UMKM Guava Cafe

redaksi