SUARA USU
Life Style

Usir Penyakit dengan Membudayakan 5 Kebiasaan Ini

Oleh: Fathan Mubina

Suara USU, Medan. Halo Sobat Suara USU! Setiap harinya kita tentu memilki banyak aktivitas, ya. Kita sebagai anak kuliahan dituntut untuk belajar setiap harinya dengan pergi ke kampus, bertemu dosen, belajar mandiri, membaca buku dan berdiskusi dengan mahasiswa lainnya untuk menambah wawasan kita.

Namun banyak dari kita yang tidak sadar bahwa semua hal itu dapat kita lakukan karena kita diberikan sebuah anugerah dari alam, yaitu tubuh yang sehat! Banyak mahasiswa yang belum sadar betapa sehat itulah yang membuat kita dapat bergerak, karena tidak sadar akan kesehatan, maka banyak mahasiswa yang dengan simsalabim, drop atau sakit seketika setelah perkuliahan seharian berlangsung, apakah hal tersebut terjadi secara tiba-tiba? Tentu tidak, tubuh kita sudah menahan beban yang tidak tertampung secara terus menerus hingga akhirnya mendapatkan kesempatan untuk memaksa tubuh untuk beristirahat.

Jadi di sini akan dibagikan 5 kebiasaan yang bisa sama – sama kita terapkan untuk mengusir dan mengundang penyakit. Jadi bukan cuma orang yang bisa diusir dan diundang, penyakit juga bisa. Disimak, yuk!

1. Minum yang Banyak

Yup! Minum air putih yang banyak, segalon contohnya. Ahahaha, bukan maksudnya kita minum segalon yang 19 liter itu, ya. Minum merupakan aktivitas wajib pertama yang harus dilakukan setelah bangun tidur. Kalau kita baru bangun tidur bukannya minum, malah pegang gawai, hmmm… itu kurang baik bagi tubuh. Alasan kenapa kita minum setelah bangun tidur adalah karena tubuh tidak dimasuki cairan selama kita tidur kurang lebih 6-7 jam. Minum segalon itu tidaklah masuk akal tentuu, jumlah air yang kita minum, disesuaikan dengan seberapa aktif kita pada hari tersebut. Dilansir dari laman Kemenkes, rata-rata air yang kita butuhkan dalam sehari itu sekitar 2 liter.

2. Tidur yang Cukup

Kalau yang ini sering banget jadi masalah yang cukup membuat semua orang pusing tujuh keliling. Tidur adalah suatu kebutuhan, tidur bukan sesuatu yang bisa di nego-nego. Kita semua mengetahui hal ini, bahwa tubuh kita memerlukan tidur yang cukup, setidaknya 6 jam. Karena berkurangnya jam tidur, tubuh pasti meminta waktu istirahatnya di waktu lain. Akhirnya, ngantuk di kelas. Kemudian kegiatan kuliah menjadi tidak efektif bahkan sulit untuk kita mengerti materi yang disampaikan dosen. Wah! Bisa berujung ngang-ngong ketika ujian nanti, lho.

3. Makan yang Bergizi

Mahasiswa rantau mungkin akan langsung membalas “tidak, ini sulit”. Kebiasaan di rumah tentu berbeda dengan kebiasaan di kost, dalam segi makanan tentu juga berkurang drastis. Namun bukan berarti berada di perantauan dan jauh dari keluarga, makanan yang masuk ke dalam perut kita menjadi tidak bergizi. Makanan bergizi ini sangat berpengaruh terhadap pembelajaran ketika memasuki perkuliahan. Dan cara mendapatkan makanan bergizi adalah, kita harus pandai memasak sendiri, atau setidaknya kita memasak nasi sendiri.

4. Olahraga yang Teratur

Semua manusia punya 7 hari dalam satu pekan, nah begitu juga mahasiswa, punya 7 hari dalam satu pekan. Coba luangkan waktu minimal satu hari dalam satu pekan untuk olahraga rutin. Olahraga itu gak perlu ribet dan mahal, cukup yang mudah untuk dilakukan. Misalnya jogging yang cuma perlu sepatu bahkan telanjang kaki pun bisa. Olahraga membuat tubuh kita terbiasa terhadap kerasnya lingkungan, karena terbiasa olahraga berarti terbiasa untuk mendapatkan terpaan angin kehidupan.

5.  Meditasi 

Mungkin terdengar sedikit kurang berkaitan dengan kesehatan, tapi nyatanya meditasi dapat membantu kesehatan kita tetap terjaga baik, lho. Meditasi sering dilakukan oleh filsuf Yunani, yang membuat badan tetap terjaga. Meditasi di sini berperan dalam kesehatan mental kita yang pastinya mempengaruhi kesehatan fisik. Karena pada dasarnya, keduanya berhubungan erat.

Itu dia 5 kebiasaan yang bisa sama – sama kita terapkan untuk mengusir penyakit. Terus kalau yang mengundang penyakit apa? Cuma satu hal, yaitu, jangan kerjakan lima kebiasaan mengusir penyakit tadi, maka penyakit akan terundang dan mendatangi kita. Pasti gak mau kan sakit, apalagi sekarang masih awal semester. Jadi ayo sama – sama kita terapkan 5 kebiasaan tadi untuk jadi budaya di diri kita masing – masing!

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Simak Tips Menabung Unik dengan Metode Tanggal Terbalik

redaksi

Deep December, Perpisahan dan Patah Hati di Bulan Desember

redaksi

Budaya Ngaret, Menyebalkan dan Berdampak Negatif

redaksi