SUARA USU
Kabar Kampus

Wujudkan Aksi Peduli Lingkungan, Mahasiswa Komunikasi Selenggarakan Green Gala

Sesi foto bersama seluruh peserta dan panitia (Sumber: Dok. Pribadi)

Reporter: Eme Arapenta Tarigan/Zalfaa Tirta

Suara USU, Medan. Wujud nyata aksi peduli lingkungan, acara Green Gala yang diselenggarakan Merakee Organizer sukses dilaksanakan di taman Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sumatera Utara (USU) pada hari Sabtu (8/6). Peserta mulai berkumpul di Taman FMIPA pukul 08:00 WIB dengan menggunakan pakaian training.

Kegiatan dengan tagline “green step for a better future” ini turut dihadiri oleh Dra. Mazdalifah, M.Si., Ph.D selaku ketua program studi Ilmu Komunikasi, Dra. Fatma Wardy Lubis, MA selaku dosen pengampu mata kuliah event organizer, dan puluhan peserta dengan sebutan Gen-Green.

“Kegiatan positive memang saat diperlukan terutama kegiatan kegiatan yang kreative dan bermanfaat untuk mahasiswa. Pada hari ini Farhan dan kawan kawan dari merakee melaksanakan kegiatan yang menurut saya simple tapi manis, sesuai dengan tag line saya “small is beautifull” tidak perlu megah tapi manis” jelas Mazdalifah.

Setelah kata sambutan oleh ketua pelaksana, dosen pengampu mata kuliah event organizer, dan ketua Prodi Ilmu Komunikasi, acara dilanjutkan dengan senam pagi bersama lalu membersihkan lingkungan sekitar taman FMIPA secara berkelompok dan ditutup dengan makan ringan.

Acara masih dilanjutkan dengan sesi gelar wicara dan sharing session dengan tema Eco-living: way to brighter future bersama dua pemateri pegiat lingkungan yaitu Dr. Mayang Sari Yeanny, S.Si, M.Si selaku dosen Biologi FMIPA dan Adelia Acasia Bangun selaku Duta Utama Putri Lingkungan Sumut 2023. Dalam gelae wicara dan sharing session yang dilaksanakan, kedua pemateri setuju dan menekankan bahwa menjaga lingkungan merupakan tugas bersama bukan hanya pemerintah. Menjaga lingkungan juga harus dimulai dengan diri sendiri kesadaran dan paham cara pengolahan sampah yang benar.

Setelah mendapatkan materi tentang Eco-living para peserta kemudian diajak untuk membuat eco-brick secara langsung. Antusiasme peserta dapat dilihat dari semangat mereka dalam setiap proses pembuatan eco-brick. Menurut mereka kegiatan seperti ini sangat membantu menambah pemahaman dan kepedulian tentang lingkungan.

“Yang saya dapatkan setelah mengikuti Green Gala ini, saya mendapat ilmu ilmu baru seperti pembuatan eco-brick untuk eco-living dan pengalaman pengalaman  dari pemateri yang inspiratif” kata Ad’Dhan Dhita salah satu peserta Green Gala yang berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negri Sumatera Utara (UINSU) 

Farhan selaku ketua pelaksana mengapresiasi antusiasme dari setiap peserta yang mengikuti Green Gala. “Acara Green Gala by Merakee ini kan fokusnya meningkatkan awareness kita tentang lingkungan dan alhamdulillah-nya itu banyak peserta yang daftar bahkan ada yang dari luar USU juga ada, jadi artinya masih banyak sekali orang-orang yang peduli dengan isu lingkungan ini” ungkap Farhan.

Farhan juga berharap setelah acara ini, para peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkan dalam kehidupan sehari-hari dan tetap peduli dengan lingkungan sekitar di mulai dengan diri sendiri.

“Saya berharap setelah acara ini selesai pun, para peserta dapat terus mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapatkan dalam kehidupan pribadi sehari-hari dan terus semangat dalam menjaga lingkungan karena kalau bukan kita siapa lagi” tutup Farhan.

Redaktur: Fathan Mubina

 

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Adil Tak Adil Bantuan Biaya Pembelajaran Daring USU

redaksi

Meningkatkan Minat dan Bakat Anak-Anak Panti Asuhan Cinta Kasih Medan

redaksi

Suara USU Berbagi Takjil, Tumbuhkan Semangat Berbagi di Tengah Ramadhan

redaksi