SUARA USU
Featured Life Style

Yuk, Simak 6 Ide Freelance untuk Menambah Cuan Mahasiswa!

 

Oleh: Tamara Ceria Sairo

Suara USU, Medan. Buat mahasiswa yang kira-kira lagi punya waktu senggang, kira-kira ngisi waktunya ngapain, ya? Hangout? Hibernasi di kost? Atau ada yang kepikiran buat freelance?

Nah, artikel ini cocok banget buat kamu yang mau nambah uang saku di tengah waktu kuliah yang kosong. Bicara tentang dunia kuliah, pasti ada aja pengeluaran ngga terduga yang kalau dihitung-hitung ternyata cukup besar.  Jadi, selain nambah uang saku, tentunya bisa nambah pengalaman dan ningkatin personal skill, atau istilahnya “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui” kali ya.

Tapi, sebelumnya masih ada yang ngga tau apa itu freelance? Pekerja lepas atau yang akrab kita dengar freelance merupakan pekerjaan yang tidak terikat kontrak kerja jangka panjang dan umumnya jam kerja lebih fleksibel.

Ngga usah bingung lagi cari ide freelance, berikut beberapa rekomendasi yang cocok banget  buat dikerjakan mahasiswa.

  1. Content Creator

Content creator sejauh ini menjadi pekerjaan yang banyak banget digandrungin sama anak muda. Selain pengerjaannya yang santai, juga ngga mengeluarkan banyak biaya karena bisa dimulai dengan platform TikTok. Kalau kamu tertarik dengan ide pertama ini, kuncinya cuma satu yaitu konsisten. Untuk bisa dikenal banyak orang, kamu hanya perlu beda dari yang lain. Dalam hal ini konteks positif ya, bukan dengan sensasi apalagi viral karena kontroversi.

  1. Guru Les Privat

Ide satu ini bukanlah merupakan hal baru. Ngga jarang mahasiswa yang bisa buka les privat untuk 1-2 orang anak. Kedengarannya mungkin sedikit menantang, karena berurusan dengan anak kecil dan orangtuanya. Namun, fee yang diberikan juga ngga main-main, lho. Frelance yang satu ini juga banyak diminati mahasiswa, karena waktu mengajar yang fleksibel dan umumnya dilakukan sore hingga malam hari.

  1. Crew Event Organizer

Akhir-akhir ini acara konser dan pesta lagi menjamur banget. Ini menjadi kesempatan besar bagi perusahaan jasa di bidang event organizer. Nah, biasanya untuk EO sendiri banyak yang membuka lowongan part time khususnya buat mahasiswa. Selain ngga terikat waktu, fee yang dibayar juga berdasarkan event yang kamu ikuti. Kunci menjadi crew EO ada di komunikasi. Jadi, kalau kamu minat jadi seorang EO, latih kemampuan berkomunikasi, ya.

  1. Admin Media Sosial

Menjadi admin media sosial biasanya sejalan dengan admin online shop. Sehingga jobdesc seorang admin bukan hanya membalas chat konsumen, tapi cukup kompleks meliputi merancang konten, merekap data konsumen, riset konten yang disukai target konsumen, dan memastikan sosial media tersebut aktif dan menarik. Mungkin freelance yang satu ini cocok banget buat kamu yang gadget addict. So, daripada megang hp 24/7 cuma scrool media sosial, ada baiknya menghasilkan cuan, bukan?

  1. Ilustrator/Desain Grafis

Ide satu ini merupakan panggilan buat kamu yang suka ngedit dan punya ide yang super duper kreatif menyangkut desain. Namun, untuk ide yang satu ini tidak dibuka untuk sembarang orang. Pasalnya, menjadi ilustrator atau desain grafis diperlukan keahlian dan kreativitas tinggi dalam visual dan desain. Di masa kini, pekerjaan yang satu ini diperlukan hampir di semua bidang. Makanya, besaran gaji yang diberikan juga ngga main-main.

  1. Content Writer

Menempatkan content writer di urutan terakhir, karena bidang tulis menulis juga memerlukan keahlian dan kreativitas yang tinggi dalam merangkai kata demi kata. Banyaknya informasi yang cepat menyebar di media sosial, tak lepas dari karya seorang content writer. Mulai dari media sosial, artikel online, portal berita online, start up hingga perusahaan memerlukan jasa seorang content writer. Nah, buat Sobat Suara USU yang tertarik dan ingin menjadi content writer serta sedang belajar menulis, kamu bisa banget join Suara USU untuk ilmu baru yang mendukung passion menulismu.

Nah, itu dia 6 ide freelance yang terbuka lebar buat mahasiswa. Sudah saatnya kamu memperluas zona nyaman dan meniti karir dimulai dengan hal kecil di waktu senggang perkuliahan. So, udah ada kepikiran mau milih yang mana? Semoga bermanfaat!

Redaktur : Taty Kristina Malau


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Membangun Sikap Toleransi Beragama di Lingkungan Masyarakat

redaksi

Upaya Penanggulangan Kebakaran Berdasarkan Prinsip K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

redaksi

Latto Latto Meresahkan atau Menyenangkan?

redaksi