Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Tekno

Apa itu Website? Pengertian dan Cara Pembuatannya

Apa itu Website Pengertian dan Cara Pembuatannya 2
Apa itu Website Pengertian dan Cara Pembuatannya 2

Seiring dengan kehidupan masyarakat modern yang kian terdigitalisasi, kehadiran website dalam keseharian setiap orang sudah bukan hal yang asing lagi. Karena fungsinya yang hampir tak terbatas, website merupakan tempat yang bisa dibilang hampir setiap hari dikunjungi oleh setiap orang. Mulai dari jejaring sosial, portal berita, hingga toko online, jika Anda mengakses layanan-layanan tersebut baik melalui perangkat desktop maupun mobile, itu sama saja Anda sudah mengunjungi website.

Meskipun sudah melebur sedemikian rupa dalam kehidupan, mungkin masih banyak yang belum tahu apa pengertian sebenarnya dari website. Artikel ini akan membahas definisi dan pengertian website, beserta dengan langkah dan cara pembuatannya, bagi Anda yang berencana untuk membangun website untuk tujuan apa pun.

Lalu, apa itu website dan bagaimana cara pembuatannya? Berikut kami jelaskan pengertian dan cara pembuatan website instan yang gampang Anda pelajari.

Apa Itu Website?

Website adalah sebuah kumpulan halaman yang ada pada suatu domain di internet, yang dapat diakses secara luas melalui halaman depan atau home page, menggunakan sebuah browser. Umumnya, website dibuat dengan tujuan tertentu, dan bisa diakses dengan menggunakan URL website.

Contohnya, alamat website SUARAUSU adalah https://www.suarausu.or.id, dan jika Anda mengaksesnya, akan tampak home page seperti ini:

Apa itu Website? Pengertian dan Cara Pembuatannya
Apa itu Website? Pengertian dan Cara Pembuatannya

Unsur-Unsur Website

Secara garis besar, ada tiga unsur utama yang membentuk sebuah website. Tanpa adanya ketiga unsur ini, website tidak akan bisa ditemukan dan diakses oleh pengguna internet.

  1. Domain

Jika website diibaratkan sebagai rumah, maka domain adalah alamatnya. Pemilihan nama domain yang menarik, akan membuat orang mudah mengingatnya. Untuk bisnis, nama domain biasanya berkaitan erat dengan nama merek dagang itu sendiri.

  1. Hosting

Berperan untuk menyimpan semua data-data yang diperlukan untuk membuat sebuah website. Seperti script, gambar, video, teks, dan lainnya.

  1. Konten

Konten adalah unsur yang menentukan arah dari sebuah website, dan membedakan satu website dengan website lainnya. Konten yang ditampilkan pada sebuah website bisa berupa teks, gambar, video, atau gabungan dari ketiganya. Jika ditilik dari jenis konten yang ditampilkan, website bisa diklasifikasikan menjadi beberapa macam. Contohnya, website jual beli, atau website yang isi kontennya berdasarkan minat atau hobi.

Cara Membuat Website

Untuk membuat website, Anda bisa mengikuti empat langkah basic ini.

  1. Mendaftarkan nama domain

Setelah menentukan dan memilih nama domain yang paling sesuai dengan tujuan website Anda, selanjutnya Anda harus mendaftarkan nama domain tersebut. Proses pendaftaran domain bisa dilakukan melalui registrar yang terpercaya, dengan membayarkan sejumlah biaya. Registrar merupakan organisasi yang telah diotorisasi untuk bisa menyediakan jasa bagi orang yang ingin mendaftarkan, memperpanjang, atau membuat perubahan nama domain.

Perlu diingat, bahwa nama domain bisa expire dan perlu diperpanjang secara berkala. Membiarkan domain expire bisa membuat bisnis Anda rentan terkena serangan kejahatan cyber.

  1. Mencari penyedia jasa hosting

Penyedia jasa hosting diperlukan agar nama domain yang telah Anda daftarkan bisa ditemukan di internet. Biasanya, mendaftarkan domain dan menggunakan jasa hosting bisa dilakukan di satu penyedia jasa yang sama. Telah berpengalaman selama hampir 20 tahun, Rumahweb adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin mulai membuat website.

Biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk jasa hosting tergantung pada seberapa besar skala website yang Anda buat dan seberapa ramai kunjungan yang didapatkan.

  1. Menyiapkan konten

Jika sudah sampai di tahap ini, seharusnya Anda sudah tahu persis tujuan dari website yang akan Anda buat nantinya. Karena tujuan sebuah website akan berpengaruh langsung pada jenis konten yang akan dibuat. Hal ini juga akan jadi panduan dalam membagi website Anda menjadi section apa saja.

Pikirkan apa yang kira-kira Anda mau pengunjung bisa lakukan di website Anda. Pikirkan informasi atau transaksi apa yang pelanggan Anda inginkan dari website Anda, dan pastikan website didesain dan disusun sedemikian rupa, sehingga pengunjung akan dengan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan.

  1. Bangun website Anda

Anda bisa membangun sendiri website Anda atau meminta bantuan web developer profesional untuk menyelesaikannya. Website butuh untuk selalu di-update, jadi pastikan untuk selalu melakukan maintenance secara rutin.

Anda perlu mendesain website Anda sehingga bisa diakses secara mudah dan lancar melalui ponsel dan perangkat mobile lainnya. Melakukan optimasi website untuk penggunaan mobile bisa meningkatkan pengunjung website Anda, mengingat saat ini sebagian besar orang berselancar di internet menggunakan perangkat mobile.

Demikian artikel tentang apa itu website beserta cara pembuatannya. Semoga bermanfaat.

 

Related posts

Inilah Perbedaan Cc dan Bcc pada Email, Jangan Salah Menggunakan!

suarausu

Apa itu Top Level Domain (TLD)? Berikut Pengertian dan Kegunaannya!

suarausu

Microsoft Resmi Rilis Windows 11, Yuk Intip Fitur Serta Keunggulan Terbarunya!

suarausu