SUARA USU
Beasiswa

Simak Tips dan Trik dari Penerima Beasiswa Karya Salemba Empat!

Oleh : Valeshia Trevana

Suara USU, Medan. Yayasan Karya Salemba kembali membuka pendaftaran. Setiap tahun, ada puluhan ribu mahasiswa yang mendaftar, tetapi hanya 10% yang diterima. Terbayang bukan bagaimana sulitnya mendapat beasiswa ini? Salah seorang penerima beasiswa KSE, Andreas Sitompul membagikan tips sederhana untuk melewati berbagai tahap seleksi beasiswa ini.

Karya Salemba Empat (KSE) membuka registrasi mulai awal hingga akhir April selama lima hari per gelombang. USU mendapat gelombang pada tanggal 14-19 April 2021. Untuk mendaftarnya kamu bisa mengakses link http://www.beasiswa.or.id/.

Andreas mengatakan bahwa pendaftar harus memastikan berkas administrasi yang lengkap, membuat essay semenarik mungkin dan dapat dipertanggungjawabkan saat wawancara nantinya. Kamu tidak perlu pusing untuk mencari judul essay, karena Yayasan Karya Salemba Empat yang akan menentukan judulnya. Saat mengikuti seleksi, Andreas mengerjakan delapan essay, seperti alasan mengapa layak diterima di beasiswa KSE ini, alasan kenapa memilih jurusan ini dan judul lain yang tertera di website pendaftaran. Jadi, dari delapan judul tadi dirangkum menjadi satu essay.

“Yang pastinya memperhatikan semua berkas administrasi, kemudian membuat essay yang menarik dan bisa juga sharing pengalaman dalam essay, latihan wawancara, dan yang terakhir memprediksi pertanyaan dari pihak yayasan,” tutur mahasiswa Sosiologi itu.

Menurut Andreas, bahan pertanyaan saat wawancara itu dari essay yang dibuat. Jadi, kamu harus menguasai essay yang kamu buat, agar tidak bingung untuk menjawab pertanyaannya. Dari situ kamu bisa mempelajari semua kemungkinan pertanyaan saat wawancara. Lebih baik lagi, persiapkan jawabannya dan latihan berulang-ulang. Kamu juga harus pandai mengatur bahasa tubuh maupun ekspresi karena merupakan salah satu penilaian.

Andreas berharap semoga ke depannya beasiswa KSE ini dapat memperluas cakupan baik di PTN maupun PTS lain, sehingga bisa menambah kuota penerimaan beasiswa.

Setiap penerima beasiswa memiliki pengalaman yang berkesan di setiap kegiatannya. Seperti itu juga yang dirasakan oleh Andreas. Menurutnya, pengalaman yang berkesan dari program beasiswa ini sangat banyak, seperti Kegiatan Bina Desa yang saat ini sedang berjalan, kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dan juga Bina Panti. Kamu juga akan diberi fasilitas untuk kuliah dari pihak yayasan yang bekerja sama dengan Inalum. Akan tetapi, belum semua terjun ke desa, hanya beberapa tim saja.

“Tetap semanagat dan isi berkas dan essay dengan baik dan jujur. Semangat!” pesan Andreas untuk teman-teman yang mendaftar beasiswa KSE.

Redaktur: Yulia Putri Hadi


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Beasiswa Karya Salemba Empat Telah Dibuka, Berikut Syarat dan ketentuannya

redaksi

Beasiswa XL Future Leaders Batch 9

redaksi

Satu Lagi Beasiswa Untuk Kamu! Beasiswa Karya Salemba Empat dibuka!!!

redaksi