SUARA USU
USU News

Ingin Menerbitkan Buku? Gampang! Begini Caranya

Penulis : Wiranto Asruri Siregar

SUARA USU, Medan. Istilah Bukabe memang masih sangat asing didengar. Ada beberapa yang hal membuat seorang penulis mendapat tantangan untuk menyempurnakan karya yang ia miliki, dalam artian membuat karyanya ke dalam sebuah karya cetak salah satunya dibukukan. Pada bedah buku yang diselenggrakan oleh Komunitas Blogger Medan yang dilaksanakan di Jl. Setia Budi, Kedai Sumatera, Sabtu (14/03). Sofyanto seorang blogger dan founder Bukabe selaku pemateri mengatakan bahwa solusi untuk seorang penulis agar karyanya dibukukan dengan budget yang rendah adalah dengan bukabe. “Dengan bukabe, penulis mampu patungan dalam proses percetakan sekaligus penerbitan karya tulis yang mereka miliki” ujarnya. Dalam menulis buku dapat dimulai dari pengalaman kecil melalui hal yang memang diaggap bisa dijadikan ide sekaligus melatih keterampilan menulis.

Bukabe merupakan singkatan dari buku karya bersama. Dimana buku yang diterbitkan terdiri dari beberapa penulis, hal ini bertujuan agar para penulis dapat menerbitkan bukunya sendiri dengan patungan melalui penerbitan minor/indie. Dalam sistem bukabe sendiri, ada beberapa keuntungan yang diperoleh penulis, diantaranya proses penerbitan cepat, adanya variasi kegiatan dan promosi penerbit. Penulis sebagai penentu harga, terdapat paket penerbitan gratis dan berbayar sesuai keinginan serta dapat disesuaikan  dengan kebutuhan penulis, seperti angka kredit, kenangan, kompetisi dan branding.

Sofyanto juga berpendapat bahwa literasi dilingkungan kampus khususnya mahasiswa masih banyak diperoleh secara instan. “Mahasiswa selalu mengharapkan yang instan misalnya seperti mengerjakan tugas-tugas dan proposal” ucapnya. Kurangnya minat literasi ini membuat mahasiswa malas akan kegiatan menulis. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar para penulis bisa mengetahui bagaimana cara menulis buku yang baik dan bagaimana cara menerbitkan karyanya kedalam buku. Penerbit minor yang sangat cocok untuk penulis indie bisa mencoba seperti Fariha Pustaka, Pustaka Abadi, Diandra Creative, Rupa Kata dan masih banyak lagi.

Redaktur: Nurul N Sahira Br Lubis

Related posts

Be A Huffaz Sahabat Pendidikan Ulil Albab

SUARA USU

Aliansi Mahasiswa USU Bergerak Gelar Aksi Stop Pelecehan Seksual

suarausu

Kedai Sumatra X Dimensi Literasi : Antara Kopi, Diskusi Dan Literasi

suarausu

Leave a Comment