SUARA USU
Beasiswa

Djarum Beasiswa Plus, Investasi Menjanjikan untuk Masa Depan

Penulis: Josephin

Suara USU, Medan. Program Djarum Beasiswa Plus merupakan beasiswa prestasi yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari berbagai jurusan yang tengah menempuh program studi Strata 1/ Diploma 4. Pada tahun ini, pendaftaran Djarum Beasiswa Plus dimulai dari 21 Maret 2021 hingga 23 April 2021. Yuk pelajari langkah-langkah pendaftarannya dan cari tahu apa-apa saja kenguntungannya!

Djarum Foundation bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Indonesia, baik pada sektor olahraga, sosial, budaya, pendidikan, dan lingkungan. Sejak tahun 1984, Djarum Foundation secara konsisten memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan. Nah, untuk sektor pendidikan kita kenal dengan Djarum Beasiswa Plus.

Tahapan pendaftaran Djarum Beasiswa Plus dimulai dari pendaftaran online yakni tanggal 21 Maret hingga 23 Mei 2021. Nah, pada tahap ini dibagi menjadi 4 step. Awalnya kamu harus login terlebih dahulu. Kemudian, dilanjutkan dengan mengisi data diri seperti identitas, data pendidikan, minat dan hobi, aktifitas dan kegiatan organisasi. Selanjutnya akan masuk pada seleksi berkas dan terakhir kamu dinyatakan sebagai Beswan Djarum.

Tahapan kedua ialah seleksi berkas administrasi yakni tanggal 24 Mei hingga 20 Juni 2021. Usut punya usut ternyata banyak peserta yang gagal ditahap ini loh! Wilson, salah satu penerima Djarum Beasiswa Plus terhitung September 2020 lalu berkata, “Tahap yang paling banyak peserta tereliminasi adalah tahap yang paling sederhana, yakni tahap administrasi. Walau kedengarannya sederhana, namun tahap inilah yang menggugurkan paling banyak peserta, maka pada tahap ini ketelitian diperlukan ketika mendaftar. Jangan anggap sepele dan periksalah berkali-kali dokumen-dokumen yang diperlukan sebelum mendaftar,” tuturnya pada Wawancara Online (Kamis, 15 April 2021).

Tahap ketiga ialah tes seleksi tertulis online pada tanggal 21 Juni hingga 30 Juni 2021. Nah, biasanya disini diujikan tes TPA dan psikotes. Selanjutnya tahap keempat ialah tes interview online atau yang kita kenal dengan wawancara. Tahap ini dilaksanakan pada 1 Juli hingga 10 September 2021, untuk itu kenali dirimu sendiri dan jadilah dirimu sendiri. Terakhir ialah tahap pengumuman yakni pada tanggal 20 September 2021.

Keuntungan yang didapat oleh para penerima Djarum Beasiswa Plus tentunya ialah dana beasiswa. Masing-masing mereka akan mendapatkan dana beasiswa sebesar Rp 1.000.000,- setiap bulan selama 1 tahun.  Nah, selain dana beasiswa, para penerima Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum) juga mendapatkan pembekalan berbagai macam soft skills, demi menyerasikan antara pencapaian akademik (hard skills) yang diperoleh di kampus dengan berbagai keterampilan agar para Beswan Djarum di kemudian hari menjadi manusia yang cakap intelegensia dan emosional.

“Keuntungan dari mengikuti beasiswa ini adalah pelatihan yang disuguhkan. Apa yang kita pelajari di kampus adalah hard skills, seperti pengetahuan hukum, ekonomi, kedokteran. Namun, hard skills tidaklah cukup untuk bekerja kelak. Hard Skills perlu diimbangi dengan soft skills. Apalagi di tengah zaman yang terus berubah. Satu per satu pekerjaan digantikan dengan teknologi. Teknologi mampu melakukan sebagian hard skills, namun belum mampu menguasai soft skills, contohnya berpikir kritis (critical thinking), kepemimpinan, kreativitas,” ungkap Wilson.

Nah, pada akhir wawancara, mahasiswa fakultas hukum USU angkatan 2018 ini pun memberikan kalimat penyemangat bagi para pejuang Djarum Beasiswa Plus.

“Jangan ragu untuk memilih Beasiswa Djarum sebagai beasiswa pilihanmu. Apa yang diperoleh tidak hanya sejumlah uang dan materi lain yang bisa habis dan lekang oleh waktu. Tetapi Beasiswa Djarum akan menggembleng kamu menjadi seseorang yang siap untuk menggapai setiap visi besarmu ke depan. Beasiswa Djarum adalah investasi jangka panjang. Bijaklah berinvestasi!” tutupnya.

Redaktur: Zukhrina Az Zukhruf


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Beasiswa XL Future Leaders Batch 9

redaksi

Beasiswa Karya Salemba Empat Telah Dibuka, Berikut Syarat dan ketentuannya

redaksi

Seminar Youth Recovery and World Indonesian Scholarship Festival, Gali Potensi Untuk Membangun Peluang

redaksi