SUARA USU
Kabar Kampus

Eksplorasi Mahasiswa Inbound PMM 3 UNAIR Kelompok ‘Mahatta’ ke Klenteng Sanggar Agung dan Kebun Raya Mangrove di Kota Surabaya

Penulis: Kenzie Halim

Suara USU, Medan. Sekelompok mahasiswa Inbound PMM 3 Universitas Airlangga yang dikenal dengan nama ‘Mahatta’ melakukan eksplorasi ke Klenteng Sanggar Agung dan Kebun Raya Mangrove yang berada di Kota Surabaya pada (23/09). Kedua tempat wisata tersebut memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang membuat Mahatta tertarik untuk mengunjunginya. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Modul Nusantara Kebhinekaan ketiga Program PMM 3 UNAIR. Kegiatan Kebhinekaan Mahatta ini didampingi Dosen Pembimbing, Bapak Diansanto Prayoga, S.K.M., M.Kes., dan juga LO Mahatta yaitu Kak Huuriyah.

Setiap tahun, para mahasiswa dari berbagai universitas di seluruh Indonesia mengikuti salah satu program Kampus Merdeka, yaitu program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). PMM adalah program yang dirancang untuk mahasiswa agar berkesempatan untuk mengenal keberagaman budaya dan adat istiadat dengan pengalaman belajar di berbagai kampus yang dipilihnya. Hal inilah yang menjadi kesempatan bagi para mahasiswa untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, menjalani aktivitas yang bermanfaat, menjalin persahabatan dengan teman-teman dari berbagai suku, daerah, adat istiadat, agama, dan lainnya.

Pada kunjungan Kebhinekaan Modul Nusantara, kelompok ‘Mahatta’ dari Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM 3) Universitas Airlangga (UNAIR) melakukan kunjungan ke beberapa tempat bersejarah dan ikonik di Kota Surabaya dan tempat yang memiliki arti penting dalam terciptanya akulturasi budaya dalam bentuk arsitektur, kebudayaan, serta nilai sejarah yang sampai sekarang masih terjaga oleh masyarakat Pesisir Utara di Kota Surabaya. Lokasi ini dipilih karena menawarkan pengalaman alam yang memukau, sekaligus memberikan pengetahuan baru tentang wilayah tersebut.

Mahatta mengunjungi Kebun Raya Mangrove yang terletak di Kota Surabaya. Kebun Raya Mangrove merupakan sebuah kebun wisata edukasi mangrove dengan keindahan alam wisata yang memiliki spot foto yang bagus di beberapa tempat. Selain itu, Mahatta juga mengunjungi Klenteng Sanggar Agung yang merupakan sebuah kawasan wisata dengan patung Dewi Kwan Im setinggi 20 meter yang berada di tepi laut dan memiliki luas lahan sekitar 4.000 meter persegi. Mahatta menikmati keindahan bangunan yang memiliki desain bercorak Bali.

Eksplorasi yang dilakukan oleh Mahatta ke Klenteng Sanggar Agung dan Kebun Raya Mangrove di Kota Surabaya merupakan pengalaman yang sangat berharga. Selain dapat menikmati keunikan dari bentuk bangunan arsitektur Klenteng Sanggar Agung dan juga keindahan alam wisata Kebun Raya Mangrove, Mahatta juga dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan yang baru diperoleh melalui kegiatan Kebhinekaan ketiga mengenai kunjungan tempat bersejarah di Kota Surabaya yaitu ke Klenteng Sanggar Agung dan Kebun Raya Mangrove untuk mengamati arsitektur, kebudayaan, serta nilai sejarah di setiap tempat.

Redaktur: Tania A. Putri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

USU Terima 3.029 Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBT Tahun Ini

redaksi

Adakan Vaksinasi Serentak, RMI Sumut Gandeng FISIP USU Laksanakan Aksi Sosial Kemasyarakatan

redaksi

Tiga Delegasi USU Wakili Sumatera Utara dalam Kegiatan Pelatihan Nasional Forum Indonesia Muda di Jakarta

redaksi