SUARA USU
Film

Film 3 Idiot: Sindiran Pedas Tentang Dunia Pendidikan , Mahasiswa Wajib Banget Nonton!

(foto: quora)

Oleh : Adek Al Zihan Khairani

Suara USU, Medan. Film Bollywood yang disutradarai Vidhu Vinod Chopra ini memiliki alur cerita yang relate dengan kehidupan perkuliahan. Kisah ini ditulis oleh Rajkumar Hirani. Film ini diperankan oleh Aamir Khan sebagai Rancho, R. Madhavan sebagai Farhan, Sharman Joshi sebagai Raju, Kareena Kapoor sebagai Fia anak dari rektor kampus yang ditakuti oleh mahasiswa teknik dan Boman Irani sebagai Virus. Film yang dirilis pada 25 Desember 2009 tersebut diangkat dari novel Five Point Someone yang ditulis oleh Chetan Bhagat. 

Sesuai dengan judulnya, 3 Idiot menceritakan persahabatan tiga mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Imperial College of Engineering. Salah satu universitas teknik terbaik di India yang menghasilkan para insinyur hebat yang akan direkrut perusahaan-perusahaan. Film ini dikemas dengan genre komedi, percintaan, persahabatan, dan drama pendidikan, sekaligus mengkritik segala sistem peraturan yang terjadi di bangku perkuliahan yang dihujani beberapa tekanan. Mahasiswa selalu dituntut menjadi sempurna di mata dosen, sementara kita tahu bahwa tak ada manusia yang sempurna bahkan seorang dosen pun belum tentu sempurna. 

Namun sayangnya, universitas ini dijalankan dengan sangat ortodoks oleh Profesor Viru Sahastrabudhhe yang menjadi rektor di kampus tersebut. Sebagai contoh, setiap tahun pemotretan seluruh mahasiswa tempat duduknya diatur berdasarkan ranking; yang terbaik berada di paling depan dan terburuk berada paling belakang. Demikian pula, sang profesor tak segan mempermalukan siswa yang bodoh dengan memintanya maju ke depan, mengolok-oloknya di depan kelas dan senang menggagalkan mahasiswanya. 

Sehingga mahasiswa hanya dipacu untuk mendapatkan nilai bagus, lulus tepat waktu kemudian mendapatkan pekerjaan tanpa peduli dengan potensi lain yang ada di dalam diri mereka dan ada beberapa mahasiswa yang mengakhiri hidupnya karena menyerah tidak bisa menyelesaikan skripsinya. 

Disisi lain, Rancho tidak setuju dengan aturan kuno yang dibuat oleh Viru. Perseteruan antara Rancho dan Viru sangatlah panas, sampai akhirnya Viru memberi label kepada Rancho, Farhan, dan Raju sebagai orang ‘idiot’. Rancho pun tak segan memberi nama singkatan dosen tersebut menjadi ViruS. Namun, siapa sangka jika Rancho dipertemukan oleh putrinya ViruS yakni Fia. Mereka bertemu di acara pernikahan putri sulung ViruS dan dari sinilah mulai tumbuh benih cinta diantara keduanya. Lalu apakah hubungan mereka disetujui oleh ViruS? bagaikan nasib seorang Farhan yang dipaksa orang tuanya untuk menjadi insinyur sementara Farhan sangat mencintai hobinya yakni fotografer dan ingin sekali menjadi fotografer! Kemudian bagaimana dengan cerita Raju yang sempat bunuh diri karena tekanan dari ViruS? 

Nah, bagaimanakah kelanjutan ceritanya? Mari kita tonton film edukasi yang sangat terkenal diseluruh dunia! Sangat cocok untuk kamu yang masih dilema di dunia perkuliahan lho! Daripada kamu gabut hanya scroll beranda yang tidak jelas, lebih baik kamu menonton film edukasi ini! Ayo buruan! Karena film ini banyak sekali pesan moral, edukasi dan mindset kamu akan terbuka dalam perspektifmu di dunia pendidikan setelah menonton film ini. Salah satu nasihat dari film ini adalah “Orang yang belajar demi pengetahuan, bukan sekedar ijazah, adalah orang yang luar biasa dan jangan belajar untuk menjadi kaya tapi belajarlah untuk menjadi ahli.”

Redaktur : Fitri Dian Jannah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

My Liberation Notes: Belajar Membebaskan Diri Sendiri

redaksi

Pamali: Dusun Pocong- Melanggar Adat, Mengundang Bencana

redaksi

“Ayla: The Daughter Of War”, Kisah Nyata Ketulusan Cinta dan Janji Seorang Ayah Kepada Gadis Kecilnya

redaksi