SUARA USU
Kabar Kampus Kabar SUMUT

Rekrutmen Terbuka Duta Bahasa Sumatera Utara, Ajak Pemuda Asah Kemampuan Bahasa!

Reporter: Misuki Awanda

Suara USU, Medan. Pemilihan Duta Bahasa Sumatera Utara tahun 2022 telah dibuka, pendaftaran berlangsung dari tanggal  28 Januari sampai 28 Februari. Peserta diwajibkan untuk mengisi formulir pendaftaran melalui tautan bit.ly/dubassumut2022. Sebelum melakukan pendaftaran, peserta wajib mengunggah twibbon “Saya Telah Mendaftar” di akun Instagram masing-masing yang dapat diunduh pada tautan https://twb.nz/dubassumut2022.
Adapun persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :
1.    Warga Negara Indonesia yang berdomisili di wilayah sumatera utara dibuktikan dengan kartu identitas (ktp/sim/paspor)
2.    Berusia 18 s.d 25 tahun perbulan oktober 2022
3.    Berpendidikan minimal SMA/sederajat dan belum menikah,
4.    Mahir berbahasa Indonesia dan menguasai minimal satu bahasa asing
5.    Memiliki berat dan tinggi badan ideal
6.    Melampirkan riwayat hidup atau curriculum vitae
7.    Mengunggah foto diri seluruh badan.
8.    Informasi lengkap dan pendaftaran dapat diunduh pada tautan https://lynk.id/dubas.sumut
Ketentuan pendaftaran
1.    Wajib mengikuti akun instagram @balaibahasa.sumut dan @dubas.sumut serta melanggan (subscribe) channel youtube balai bahasa sumut
2.    Hasil seleksi akan diumumkan melalui akun media social instagram @balaibahasa.sumut dan @dubas.sumut

Adapun linimasa pemilihan Duta Bahasa Sumatera Utara tahun 2022 dimulai dari pendaftaran peserta, pengumuman seleksi berkas, seleksi wawancara,seleksi akhir, pengumuman seleksi akhir, taklimat, penganugrahan dan karantina bagi para finalis terpilih, akan ada 20 finalis terpilih yang akan menuju babak karantina, selanjutnya dari 20 finalis ada 10 predikat yang akan diberikan pada malam penganugrahan Duta Bahasa Sumatera Utara.
Disetiap tahapan  linimasa akan ada banyak hal menarik dan juga ilmu yang akan didapat para peserta, dengan penambahan point untuk peserta yang mampu menguasai bahasa asing dan juga bahasa daerah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran generasi muda dalam penguatan fungsi bahasa Indonesia, bahasa daerah dan bahasa asing.
Rizqullah selaku Duta Bahasa Utama Sumatera Utara tahun 2021 menjelaskan bahwa  di Duta Bahasa peserta tidak hanya mendapat pengetahuan tentang bahasa saja, tetapi juga akan bertemu dengan orang-orang hebat “ Sebenarnya kenapa harus daftar, karena melalui Dubas ini kita bakal dapat banyak hal, tidak hanya pengetahuan bahasa sih, tapi dari sinilah kita bisa kenal banyak orang-orang hebat yang bukan hanya dari jurusan bahasa, kita bisa berkontribusi langsung ke masyakarat misalnya melalui program abdi bahasa, dan banyak lagi,” jelas Rizqullah.
Sama hal nya dengan Rizqullah, Wahyu Nizam selaku wakil II Duta Bahasa Sumatera Utara tahun 2021 juga menjelaskan bahwa Dubas bukan hanya sekedar ajang pemilihan Duta melainkan akan ada program berkelanjutan yang dapat menambah kapasitas diri “Dubas ini gak sekedar ajang pemilihan duta, banyak program berkelanjutan yang bisa dilakukan, khususnya untuk meningkatkan literasi masyakarat. Selain itu kita juga bisa menambah kapasitas diri atau keterampilan hidup,” ungkap Nizam.
Di akhir wawancara Rizqullah yang juga merupakan Mahasiswa Arsitektur USU 2020 ini berharap agar seluruh mahasiswa antusias untuk berkecimpung didunia bahasa. “Semua harus pada daftar Dubas sih, Bahasa Indonesia itu salah satu identitas negara, kalau bukan kita sebagai anak muda negeri ini yang peduli terhadap masa depan bangsa, ya siapa lagi coba? Negara ini mengharapkan kehadiran kita, selain itu juga dapat memperkaya pengalaman, memperluas jejaring dengan orang orang hebat, sekaligus diajak berkontribusi langsung, harus daftar Dubas Sumatera Utara,” pungkas Rizqullah
Sementara itu di akhir Nizam memberi semangat untuk para generasi Dubas 2022 untuk bersungguh-sungguh “kalau udah daftar, bersungguh sungguhlah karena keberhasilan ada pada orang yang bersungguh-sungguh, semangat!” pungkas Nizam.
Nah, ternyata Dubas itu sekeren itu loh, tunggu apalagi, yuk segera daftarkan dirimu untuk menjadi bagian dalam Next Generasi Duta Bahasa Sumatera Utara. Anak muda rupawan karena bahasa!

Redaktur: Salsabila Rania Balqis 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Investasi Bodong, Oknum Mahasiswa USU Larikan Uang 1,5 M dari 160 Orang, 20 Diantaranya Mahasiswa USU!

redaksi

Mahasiswa FH USU Berhasil Menjadi Pemenang Nursing Debate Competition 2024

redaksi

Hadirnya KPUM USU Baru, Direktur DITMAWA USU: USU Hanya Mengeluarkan Satu SK Resmi KPUM USU

redaksi