SUARA USU
Film

Jirisan : Terkuaknya Misteri Gunung Jirisan dan Hilangnya Pendaki Gunung

Jirisan : Terkuaknya Misteri Gunung Jirisan dan Hilangnya Pendaki Gunung

Oleh : Tania A. Putri

Suara USU, Medan. Jirisan tentu sudah tak asing terdengar di telinga para ‘penikmat’ drama Korea, sebab drama thriller ini sukses menjadi drama dengan rekor premier posisi tertinggi usai meraih rating 9.1% setelah penayangan episode pertamanya. 

Drama ini merupakan proyek ulang tahun tvN ke-15 yang digarap oleh sutradara Lee Eung Bok dan skenarionya ditulis oleh Kim Eun Hee, penulis naskah yang sama dengan serial Kingdom dan Signal

Drama ini turut menghebohkan publik usai diketahui menjadi drama dengan biaya produksi termahal, yaitu 32 miliar won atau setara dengan 368 miliar rupiah. Sesuai dengan biaya produksinya, sederet aktor dan aktris papan atas Korea turut membintangi drama ini, di antaranya Jun Ji-Hyun, Joo Ji-Hoon, Jo Dae-Jin, Oh Jung-Se, Jung Goo-Young, Go Min-Si, dan Sung Dong-Il.

Berlatarkan Gunung Jiri, kisahnya dimulai setelah pendaki gunung seketika hilang di tengah-tengah Gunung Jiri. Hal ini sontak membuat regu penjaga hutan dan anggota penyelamat Taman Nasional Jirisan melakukan pendakian untuk menyelamatkan pendaki yang hilang tersebut.

Seo Yi-Kang (diperankan oleh Jun Ji-Hyun) merupakan seorang penjaga Taman Nasional Jirisan yang dicap berkompeten dan memiliki banyak pengalaman tentang navigasi dan pelacakan terhadap pendaki yang hilang. Seo Yi-Kang dalam proses penyelamatan kala itu berpasangan dengan Kang Hyun-Joo (diperankan oleh Joo Ji-Hoon), seorang penjaga pemula lulusan akademi militer dan mantan letnan yang pernah memiliki pengalaman buruk di Gunung Jiri.

Mengandalkan insting dan kemampuan navigasi jalur pegunungan yang kuat, mereka berpetualang membelah hutan dan menyusuri jalur pendakian misterius yang belum pernah dijelajahi sebelumnya. Dalam petualangan tersebut, mereka kerap berhadapan dengan cuaca ekstrem dan medan yang berbahaya. Selain itu, mereka juga dihadapkan dengan banyak kejanggalan yang diduga sebagai penyebab para pendaki tersesat.

Gunung Jiri dikenal sebagai perbatasan antara dunia manusia dan dunia ghaib, sebab tempat ini pernah menjadi lokasi banyak orang mengakhiri hidup. Kematian demi kematian terjadi secara misterius membuat mereka bertekad untuk menyelidikinya lebih jauh.

Alur cerita yang maju mundur menceritakan latar belakang para anggota tim ranger. Kejadian di kawasan Gunung Jiri, sampai pengungkapan misteri insiden kematian banyak pendaki. Alur yang terus berpindah-pindah antara tahun 2018 hingga 2021 mungkin membuat penonton sedikit kebingungan, namun justru menjadi salah satu daya tarik dari cerita ini karena dapat menimbulkan rasa penasaran.

Cerita ini semakin menarik karena turut menampilkan pemandangan alam Gunung Jiri dan corak budaya tradisional Korea, seperti kuil Budha di area sekitar gunung dan upacara tradisional daerah setempat. Selain itu, beberapa penyanyi K-Pop ternama juga terlibat mengisi soundtrack, di antaranya GAHO, Taeyeon SNSD, dan Jin BTS.

Bagi kalian penyuka drama bergenre thriller misterius yang mengandung unsur persahabatan, kerja sama, dan keluarga, drama ini adalah jawabannya! Kalian bisa menyaksikan aksi heroik regu penyelamat Taman Nasional Jirisan dalam drama Jirisan di platform streaming seperti iQIYI. Selamat menonton!

Redaktur : Fitri Dian Jannah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Welcome to Samdal-ri: Punya Tempat untuk Pulang adalah Kelegaan Luar Biasa

redaksi

Review Film Bebas: Sebuah Reuni yang Mengharukan

redaksi

Guardians of the Galaxy Vol. 3: Petualangan Akhir yang Seru dan Menguras Air Mata

redaksi