SUARA USU
Kabar Kampus

GEMA PUJAKESUMA USU Adakan MAPERCA 2021 Secara Online

Reporter : Iin Eleni Br. Sembiring

Suara USU, MEDAN. Generasi Mahasiswa Putra/i Jawa Kelahiran Sumatera (GEMA PUJAKESUMA) USU baru saja mengadakan acara MAPERCA (Masa Perkenalan Calon Anggota), Minggu (3/10/2021). Acara dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting, dengan tema “Revitalisasi Semangat Kebudayaan dan Keorganisasian dikalangan Mahasiswa/i Suku Jawa”. Acara ini menghadirkan Ki Barong Mulyono, seorang Budayawan sekaligus Tokoh Sepuh PUJAKESUMA dan Agus Purwanto ketua KNPI Binjai sekaligus Tokoh Muda PUJAKESUMA sebagai pemateri.

Sesi pertama yang diisi dengan materi sejarah, Ki Barong Mulyono menjelaskan secara singkat sejarah suku Jawa dan juga sejarah terbentuknya PUJAKESUMA, “Saya merasa bangga melihat semangat para muda dalam mengenal budaya Jawa. Sudah sepatutnya kita bangga menjadi suku Jawa dan terus melestarikan budayanya, bukannya merasa malu lalu melupakannya. Sebab kebudayaan adalah identitas diri, saat kita melupakan budaya, maka kita akan kehilangan jati diri,” ujarnya.

Sesi selanjutnya diisi dengan materi keorganisasian yang dibawakan oleh Agus Purwanto. Dalam pemaparannya, Agus menekankan bahwa organisasi adalah investasi untuk masa depan, “Manfaatkan masa kuliah dengan sebaik mungkin dan banyaklah berinvestasi di dalam organisasi karena di organisasi kita akan dilatih secara mental dan karakter karena di masa depan manfaat berorganisasi itu akan sangat membantu. Maka jadilah mahasiswa yang aktif berorganisasi,” pungkas Agus.

Pada akhir acara, An Arafahan selaku Ketua Umum GEMA PUJAKESUMA USU periode 2021/2022 menuturkan ciri khas dari PUJAKESUMA yang saling membantu dan gotong royong, “PUJAKESUMA merupakan organisasi yang bersifat kebudayaan, pendidikan, dan sosial dengan ciri khas saling membantu dan hidup gotong royong. Jadi melalui organisasi ini kita bisa sama-sama belajar, berproses, dan mengenal kebudayaan Jawa. Kita akan selalu berusaha memberi yang terbaik demi menjaga kelestarian budaya Jawa,” tutup An Arafahan.

Redaktur : Wiranto Asruri Siregar


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Beasiswa Unggulan Kemendikbud-Ristek 2023 Resmi Dibuka!

redaksi

Program Studi Bahasa Mandarin Adakan Festival Budaya Tiongkok

redaksi

Lembaga Penjamin Simpanan Adakan Run The City Medan 2024

redaksi