SUARA USU
Kabar Kampus

Jurusan Biologi dan Semua Hal yang Dipelajari

Oleh : Viona Maharani

Suara USU, MEDAN. Sejak kita duduk di bangku sekolah dasar, pasti sudah tak asing dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau yang disingkat dengan IPA. Lalu ketika lanjut ke bangku Sekolah Menengah Pertama, pelajaran IPA juga masih menjadi mata pelajaran wajib yang akan dipelajari sampai menyelesaikan masa biru putih. Namun, ketika sudah masuk masa putih abu-abu, kita akan memilih penjurusan yaitu saintek atau soshum. Jika kalian memilih saintek, maka tidak ada lagi mata pelajaran IPA. Melainkan IPA tersebut terbagi atas Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Apa saja sih yang akan dipelajari?

Kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari biologi. Biologi secara umum adalah kajian tentang kehidupan dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, taksonomi dan ciri-ciri makhluk hidup di tiap spesies dan organisme. “ Biologi katanya gak ada perhitungannya? Cocok untuk yang suka hapalan?” pertanyaan ini sering banget ditanyakan oleh temen-temen yang penasaran dengan jurusan yang katanya mempelajari semua hal. Dibandingkan dengan jurusan saintek, khususnya dengan jurusan di fakultas matematika dan alam (FMIPA), jurusan yang satu ini memang cenderung lebih banyak menghapal. Eits, tapi jangan salah ya, karena di jurusan ini, masih belajar tentang perhitungan walaupun tidak terlalu rumit. Selain belajar tentang teori, biologi tidak lepas dengan pekerjaan di laboratorium. Di biologi USU, ketika semester lima nanti akan ada yang namanya peminatan jurusan. Terdapat tujuh bidang peminatan, yaitu :

  1. Ekologi hewan
  2. Ekologi tumbuhan
  3. Ekologi perairan
  4. Fisiologi hewan
  5. Fisiologi tumbuhan
  6. Genetika; dan
  7. Mikrobiologi

Dari tujuh peminatan tersebut, mahasiswa biologi USU dapat memilih satu bidang yang nantinya akan menjadi fokus bidang untuk semester lima dan seterusnya. Jika suka dengan kegiatan yang berada di lapangan, maka bidang ekologi sangat cocok dipilih karena banyak melakukan kegiatan di lapangan. Namun jika suka dengan hewan atau tumbuhan tetapi tidak suka untuk bekerja di lapangan dan lebih memilih bekerja di laboratorium, maka pilihan fisiologi sangat tepat. Untuk yang masih penasaran dan ingin lebih lanjut belajar tentang gen, DNA, kromosom, atau bahkan penyakit, maka bidang genetika akan membantu kalian memecahkan segala pertanyaan tersebut. Suka mempelajari tentang bakteri, virus, atau segala hal mikroorganisme, maka bidang mikrobiologi sangat cocok dipilih, tapi hati-hati kontam, ya!.

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Biologi?

Lalu bagaimana dengan prospek kerja di biologi? Tenang aja, kalian gak perlu khawatir karena biologi merupakan jurusan yang menjanjikan karena prospek kerjanya sangat luas. Dari mulai menjadi seorang ilmuwan, analis laboratorium, tenaga pendidik seperti dosen dan guru, ahli biologis, konsultan, ahli botani, ahli biomedis, teknisi laboratorium, hingga menjadi PNS.

Mahasiswa Biologi USU memiliki slogan : “Be scientist, Be Family.” Yang dicetuskan oleh HIMA Bio sebagai penyemangat untuk semua mahasiswa biologi. Nah jadi sekarang sudah tahu kan seluk beluk tentang jurusan yang menarik ini?

Redaktur: Agus Nurbillah

Related posts

Harapkan Perubahan Terjadi Lewat Kelahiran Tuhan Yesus, ROHKRIS IMAJINASI FISIP USU Sukses Adakan Natal

redaksi

Junjung Kepedulian, PEMA Fasilkom-TI Adakan Bakti Sosial ke Panti Asuhan!

redaksi

Mahasiswa Kesejahteraan Sosial USU Apresiasi STM AL AMIN, Wujud Nyata Saling Menolong

redaksi