SUARA USU
Kabar Kampus

Kelompok 5 PMM USU Sukses Adakan Kolaborasi Bersama SAN Medan

Oleh: Maulana Alfian Rizki Ananda/Alisa Faith Kurniawan/Nathasia Corrina Chandra

Suara USU, MEDAN. Sejumlah mahasiswa PMM 2 Inbound Universitas Sumatera Utara Kelompok 5 sukses melakukan kegiatan kontribusi sosial dengan berkolaborasi bersama SAN (Senyum Anak Nusantara) Medan (10/12). Kegiatan kontribusi sosial ini melibatkan tiga mahasiswa PMM 2 Inbound USU yang terdiri atas Maulana Alfian Rizki Ananda (Universitas Trunojoyo Madura), Alisa Faith Kurniawan (Universitas Negeri Semarang), dan Nathasia Corrina Chandra (Universitas Brawijaya). SAN (Senyum Anak Nusantara) Medan selaku komunitas kolaborator dan anak-anak wilayah sekitar turut hadir sebagai peserta. Kegiatan ini berlangsung di Jalan Pemimpin Gang Terima, Kel. Sidorejo, Kec. Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara.

Kegiatan kontribusi sosial yang bertajuk “Pemberdayaan Anak Bersama Senyum Anak Nusantara Medan” ini dimulai dengan kegiatan salam sapa, pengenalan diri, dan bonding. Kegiatan ini terbagi menjadi beberapa subkegiatan, seperti Mengajar Bahasa Inggris Dasar, Melukis di atas Tote Bag, dan Sanitasi.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang paling banyak digunakan di dunia. Pada era modern saat ini, menguasai bahasa Inggris merupakan sebuah keharusan. Kegiatan mengajar ini memberikan materi mengenai cara memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Inggris dan mengenal nama-nama hewan dalam Bahasa Inggris. Untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar, kami membagikan satu buah buku tulis dan sepaket alat tulis yang berisi kotak pensil, 2 buah pensil, 1 buah penghapus, dan 1 buah penggaris. Saat pelaksanaan kegiatan berlangsung, diselingi dengan mini games dengan berbagai hadiah menarik sehingga anak-anak tetap bersemangat dan tidak merasa bosan.

Setelah selesai melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar Bahasa Inggris, dilanjutkan dengan kegiatan melukis di atas tote bag. Kegiatan melukis ini mengusung tema “Art Painting Therapy,” yang merupakan kegiatan dengan mengkolaborasikan seni dan pendidikan untuk menyalurkan emosi serta meningkatkan motivasi pada anak, khususnya anak-anak dalam masa perkembangan. Kami menyediakan tote bag sebagai sarana untuk melukis bagi anak-anak serta seperangkat alat dan bahan untuk melukis, seperti 1 set cat akrilik, 2 buah kuas, dan 1 buah palet. Anak-anak diberikan waktu 45-60 menit untuk melukis diatas totebag milik mereka masing-masing.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai konsep hidup sehat dan gizi seimbang. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah upaya untuk memperkuat budaya seseorang, kelompok maupun masyarakat agar peduli dan mengutamakan kesehatan dalam rangka mewujudkan kehidupan yang lebih berkualitas. PHBS merupakan perilaku yang harus dipraktikkan secara konsisten agar menjadi sebuah pola kebiasaan. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, kami menggunakan media hand sanitizer sebagai sarana untuk membersihkan dan mensterilkan tangan sebelum makan yang mana merupakan konsep dasar dari hidup sehat. Selanjutnya, kami membagikan makanan 4 sehat 5 sempurna, terdiri atas nasi, ayam penyet, tempe goreng, sayur daun ubi gulai, buah pisang dan susu sebagai pelengkap. Makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan pondasi utama untuk gizi seimbang.

Kegiatan kontribusi sosial ini ditutup dengan pemberian cendramata kepada seluruh peserta yang berisi makanan ringan, alat tulis, buku gambar, dan pin kelompok 5 PMN USU.

Redaktur: Agus Nurbillah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

TSA Medan Gelar Webinar OSCAR TELADAN 2023

redaksi

Jelang JLPT, Bagaimana Persiapan Mahasiswa Sastra Jepang USU?

redaksi

BEM USU dan Mahasiswa Lakukan Aksi Demo Kenaikan UKT

redaksi