SUARA USU
Uncategorized

Kepemimpinan dan Peran Pemimpin dalam Perusahaan (Penelitian Terhadap PT. Mestika Sakti)

Oleh: Boni Akbar Alfath Pohan/Frans Rochendy M. Simanjuntak/Mernita Sari Saragih/Renatha Renchiski Br. Sitepu/Muhammad Aulia Rifki Nasution/Robi Aritonang

Suara USU, MEDAN. Kepemimpinan menjadi sebuah kemampuan atau kekuatan di dalam diri seseorang untuk memimpin dan juga mempengaruhi orang lain dalam hal bekerja, dimana tujuannya adalah untuk mencapai target (goal) yang telah ditentukan. Seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan mampu untuk memandu dan mempengaruhi seseorang atau sekelompok orang. Beberapa sifat dasar kepemimpinan diantaranya seperti kompeten, berwawasan dan berorientasi ke depan, menginspirasi, mengaktualisasi diri serta jujur dan rendah hati.

Pemimpin adalah seseorang yang diberi kepercayaan sebagai ketua (Kepala) dalam sistem di sebuah organisasi atau perusahaan. Pemimpin merupakan agen perubahan dimana seseorang bertindak mempengaruhi orang lain lebih dari tindakan orang lain dalam mempengaruhi dirinya sendiri. Pada dasarnya seorang pemimpin dapat mempengaruhi orang lain dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan. Seorang pemimpin harus memiliki nilai-nilai dasar dalam dirinya seperti berintegritas, mampu melakukan pengembangan, bertanggung jawab serta mampu bekerjasama dalam kelompok.

Lantas, bagaimana peran pemimpin menurut Kepala Cabang PT. Mestika Sakti Medan?

  1. Mestika Sakti merupakan perusahaan yang bergerak di bidang farmasi sebagai distributor obat-obatan dan produk kesehatan lainnya. Adapun beberapa kegiatan perusahaan ini secara sederhana meliputi:
  2. Pemasok, menerima pesanan bahan mentah obat, informasi bahan dan kualitasnya.
  3. Teknisi farmasi (Penyimpanan dan penjualan), bertanggung jawab memantau produksi dan kualitas termasuk ketersediaan stok barang.
  4. Sales, menyebarkan dan mengedarkan produk atau barang yang dimiliki ke apotek di seluruh Kota Medan.
  5. Farmasi yang menerima produk dari industri, memberikan informasi dan menjadi pihak ketiga yang menjualkan barang kepada konsumen yang membutuhkan.
  6. Konsumen, menjadi pelaku atau pengguna obat yang memerlukan bantuan secara farmasetik (Digital assistant) dan kontak dengan farmasi yang bersangkutan untuk pemesanan dan komplain produk.

Irwan Zulyadi selaku Kepala Cabang PT. Mestika Sakti Medan mengatakan seorang pemimpin harus dapat menangani dan mengatahui segala hal tentang perusahaan secara menyeluruh melebihi para anggotanya, karena jika terjadi suatu masalah pimpinan dituntut untuk dapat menyelesaikannya. Seorang pemimpim sangat penting memiliki skill dan integritas untuk menghadapi masalah yang terjadi, karena di dalam suatu perusahaan atau organisasi tentunya ditemukan berbagai problem yang harus segera diatasi.

Selain itu, Irwan menambahkan seorang pemimpin wajib memberikan ketegasan terhadap karyawannya. Dia akan memberikan sanksi sesuai dengan keasalahan yang dilakukan. Seorang pemimpin harus dapat menjadi contoh yang baik kepada para anggotanya.

Menurut Irwan, seorang pemimpin juga harus dapat memberikan motivasi kerja kepada para anggotanya agar tidak mengalami stres saat kerja, karena SDM merupakan aset perusahaan bukan sebuah alat yang harus di paksa bekerja secara terus menerus. Satu hal yang paling penting dalam bekerja menurut Irwan adalah kejujuran, karena kejujuran merupakan sifat yang tidak bisa dipaksa sebab kejujuran itu pada dasarnya berasal dari hati dan diri sendiri.

Redaktur: Agus Nurbillah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Dukungan Keluarga, Kunci Keberhasilan Rehabilitasi Pecandu Narkoba

redaksi

Menganalisis Strategi dalam Bentuk Kelayakan Bisnis Suatu Produk

redaksi

Tangguh, Mandiri, dan Berdedikasi: Mengetahui Pandangan Perempuan Pelaku Usaha di Sekitaran Istana Maimun Mengenai Kesetaraan Gender

redaksi