SUARA USU
Life Style

Gaya Kepemimpinan Kopi Janji Jiwa Ringroad

Oleh: Loisa Theresia Hutagalung/Muhammad Rizki Ginting/Nuh Edigia Purba/Peron Lumumba Siahaan/Timothy W.S Dasuha/Indira G Hutapea

Suara USU, MEDAN. Sekarang ini, kedai kopi menjadi tempat paling nyaman untuk sekadar bersantai, menikmati kopi bahkan tempat bagi para kaum muda mengerjakan tugas-tugasnya. Coffe shop dibuat dengan kenyamanan dan didesain menarik yang membuat pengunjung tidak hanya sekadar menikmati kopi, tetapi bisa menikmati suasana yang disuguhkan di dalamnya. Coffe shop menjadi usaha yang menjajikan meskipun sudah menjamur di berbagai daerah, namun masih memiliki standar dan pangsa pasar yang berbeda.

Salah satu coffe shop yang terkenal di Indonesia adalah Kopi Janji Jiwa. Antusias masyarakat akan kehadiran coffe shop satu ini membuat Kopi Janji Jiwa dapat cepat beradaptasi dan diterima oleh masyarakat.  Kedai Kopi Janji Jiwa yang memulai bisnis pertamanya pada Mei 2018 lalu sukses memiliki 900 cabang dalam waktu 3 tahun setelah pertama kali launching. Kopi Janji Jiwa mengadopsi konsep fresh to cup dalam menyajikan pilihan kopi lokal Indonesia dengan cita rasa klasik yang mengutamakan kualitas dan kepuasan pelanggan.

Kepemimpinan menjadi hal penting dalam suatu perusahaan untuk mencapai terget yang telah ditentukan. Kepemimpinan adalah sebuah kemampuan atau kekuatan di dalam diri seseorang untuk memimpin dan mempengaruhi orang lain dalam hal bekerja, dimana tujuannya adalah untuk  mencapai target (goal) yang telah ditentukan. Sedangkan  pengertian  pemimpin  adalah  seseorang  yang  diberi  kepercayaan  sebagai ketua (Kepala) dalam sistem di sebuah organisasi/ perusahaan. Dengan begitu, maka seorang  pemimpin  harus  memiliki  kemampuan  untuk  memandu  dan  mempengaruhi  seseorang  atau sekelompok orang.

Secara umum, seorang pemimpin (leader) memiliki aura karismatik tersendiri di dalam dirinya. Memiliki visi misi yang jelas, mampu mengendalikan apa yang dipimpin, dan tentunya pandai  dalam berkomunikasi. Namun, pemimpin yang paling efektif adalah pemimpin yang mampu  menyesuaikan gaya memimpin dan beradaptasi dengan berbagai situasi.

Novalina Sakinah selaku manager Janji Jiwa Ringroad menyampaikan gaya kepemimpinan yang Ia terapkan adalah gaya kepemimpinan terbuka, dimana dirinya sebagai manager mengatur, mengontrol, mengarahkan serta membantu bawahan untuk bersama-sama menyelesaikan konflik yang terjadi.

”Pada saat terjadi konflik dengan costumer seperti salah order, offstock dan sebagainya, saya selaku manager membahas terlebih dahalu dan selalu mengarahkan bawahan agar dapat meminimalisir terjadinya konflik tersebut,” ucap Novalina.

Menurut Novalina, sebuah organisasi atau perusahaan dapat berjalan dengan baik ketika pemimpin dan bawahan mampu berkomukasi dengan baik. Komukasi merupakan pengaruh yang penting terhadap kinerjawa karyawan. Ketika komuniikasi dalam sebuah organisasi maupun perusahaan terjalin dengan baik, maka pemimpinnya berhasil dalam menerapkan gaya kepemimpinannya.

Daftar Pustaka

Cs Selow. (2022). Artikel Kepemimpinan. Universitas-Muhammadiyah-Yogyakarta/business-management/artikel-kepemimpinan, 1-10.

Redaktur: Agus Nurbillah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Low Maintenance Friendship, Hubungan Pertemanan yang Bebas Drama

redaksi

Penggunaan Skincare Tidak Memandang Gender

redaksi

Investasi, Tabungan, dan Asuransi Apa Bedanya?

redaksi