SUARA USU
Kuliner

Lemang: Hidangan Nikmat dari Ketan yang Wajib Dicoba!

Oleh : Dinda Ratu Nayla

Suara USU, Medan. Kuliner di Sumatera memang tidak ada habisnya ya, Sobat Suara USU. Kali ini datang hidangan yang cukup populer di tengah masyarakat yaitu lemang. Lemang sendiri merupakan makanan terbuat dari beras ketan dimasak dengan bambu sebagai wadahnya, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang dan dibakar.

Dari segi tampilan hampir menyerupai lontong atau ketupat. Namun, dari segi rasa ternyata Lemang memiliki perbedaan yang unik lho Sobat Suara USU! Rasa manis dan gurih menjadikan lemang memiliki ciri khas tersendiri.

Lemang biasanya dinikmati secara hangat dengan cara mengonsumsi yang berbeda-beda. Ada yang suka menikmatinya dengan cara manis ditambah selai dan srikaya atau dengan cara asin dengan menambahkan rendang, telur, dan lauk-pauk lainnya, atau ada juga yang memakannya dengan buah-buahan seperti durian.

Tradisi beberapa budaya dalam menyantap lemang juga berbeda-beda. Misalnya, Suku Melayu biasa memakan lemang ketika Ramadan dan hari raya. Pada Suku Dayak lemang dijadikan makanan perayaan saat pesta-pesta adat mereka. Masyarakat Lampung di sebelah pesisir menjadi lemang juga sebagai penganan lebaran dan kue adat.

Bahan dalam pembuatan lemang sangat sederhana. Cukup dengan beras ketan, garam, santan dan buluh bambu dapat menghasilkan lemang dengan cita rasa yang lezat. Untuk langkah pembuatannya, pertama cuci bersih ketan dan rendam selama 3 jam. Langkah kedua, siapkan bambu dan lapisi bagian dalamnya dengan daun pisang. Kemudian langkah ketiga, masukkan ketan dengan santan dan garam. Lakukan berseling hingga tinggi beras berjarak 2 ruas jari dari ujung paling atas bambu. Langkah keempat, tata bambu berdiri tegak, kemudian bakar dengan menyalakan api di bawahnya. Balik bambu jika satu sisinya sudah layu. Proses memasaknya memerlukan waktu sekitar 3 jam. Ketika sudah matang, biarkan dingin. Selanjutnya belah bambu dan keluarkan Lemang. Maka, lemangpun dapat dinikmati.

Gimana Sobat Suara USU, tertarik untuk mencoba lemang?

Redaktur: Keyvin


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Binjai Millenial Market, Pasar Malam Modern dengan Keseruannya

redaksi

Mochi Stroberi: Camilan Tradisional Khas Jepang

redaksi

Kenalan dengan Mie Rebus Khas Medan yang Enaknya bikin Nagih

redaksi