SUARA USU
Beasiswa

Maba, Yuk Daftar Beasiswa Teladan 2024!

Beasiswa Teladan Tonoto Foundation

Oleh : Khalda Mahirah Panggabean

Suara USU, Medan. Mahasiswa yang terpilih dalam seleksi Beasiswa Teladan akan menjadi Tanoto Scholars dan menjalani perjalanan program beasiswa selama 3.5 tahun dari semester 2 hingga 8. Selama perjalanan menjadi awardee beasiswa ini, kamu mendapatkan banyak manfaat, seperti:

  1. Dukungan Pengembangan Kepemimpinan

Tanoto Scholars akan bersama-sama mengembangkan pengetahuan dan kemampuan kepemimpinan yang dirancang secara terstruktur dan berkelanjutan dalam tiga tahapan. Masing-masing tahapan mencakup pengetahuan baru, pengembangan diri sebagai pemimpin, pembelajaran berbasis proyek, serta persiapan pengembangan karier, yang disertai dengan kesempatan berkontribusi kembali untuk masyarakat.

  1. Dukungan Lingkaran Pengembangan TELADAN

Selain pengembangan kepemimpinan yang terstruktur, Tanoto Scholars juga akan mendapatkan dukungan untuk mengikuti kegiatan pengayaan yang disebut sebagai Lingkaran Pengembangan TELADAN, terdiri dari: Tanoto Scholars Association (TSA), Pay It Forward Initiative, Tanoto Scholars Gathering (TSG), Tanoto Student Research Award (TSRA), Internship, Sponsorship, Global Experiences Program.

  1. Dukungan Biaya Kuliah dan Tunjangan Hidup

Selama aktif sebagai Tanoto Scholars, biaya kuliah secara penuh akan dibayarkan langsung kepada perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation. Selain itu, tunjangan biaya hidup bulanan juga disediakan dan akan dibayarkan langsung kepada Tanoto Scholars.

  1. Jaringan Alumni di Indonesia dan Dunia

Setelah lulus, Tanoto Scholars akan bergabung bersama dengan jaringan alumni penerima beasiswa Tanoto Foundation yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan di belahan dunia lainnya. Dalam jaringan alumni, selain terkoneksi untuk saling menginspirasi satu sama lain, juga ada kegiatan pengembangan profesional dan peningkatan kapasitas seiring kebutuhan perkembangan dunia.

Pendaftaran program beasiswa TELADAN 2024 dibuka mulai tanggal 17 Agustus 2023 sampai dengan 01 Oktober 2023. Program ini hanya dapat diikuti oleh mahasiswa/i baru program S1 Reguler dari 10 perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation, salah satunya ialah Universitas Sumatera Utara.

Beasiswa Teladan Tanoto Foundation

Sumber : https://www.tanotofoundation.org/id/teladan-2024/

Adapun syarat-syarat pendaftaran program ini ialah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI), Terdaftar sebagai mahasiswa reguler (S1) semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra program TELADAN,
  • Berkomitmen mengikuti Program Pengembangan Kepemimpinan selama masa Program TELADAN (Semester 2 – Semester 8),
  • Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa,
  • Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa internasional lainnya akan menjadi nilai tambah,
  • Memiliki prestasi akademik (minimum nilai rata-rata rapor Kelas XII SMA/SMK/MA adalah 8 dari skala 10) dan non-akademik seperti pengalaman organisasi kesiswaan, komunitas sosial, atau terkait lainnya,
  • Sedang tidak menerima beasiswa lain.

Bagi sobat Suara USU, segera mendaftar ya melalui tautan berikut. Jangan sampai kelewatan, ya!

https://form.jotform.com/232131221367444

Redaktur: Grace Silva

Related posts

Berita Baik! Beasiswa VDMI Buka Registrasi

redaksi

Korupsi Beasiswa Oleh Mahasiswa?

redaksi

Khusus untuk Mahasiswa Muslim, Intip Persyaratan Beasiswa Etos ID

redaksi